Tips Bagaimana Cara Memilih Sikat Gigi dan Kapan Harus Dibuang

Tips Bagaimana Cara Memilih Sikat Gigi dan Kapan Harus Dibuang

Poros Media Sikat gigi adalah alat paling dasar untuk menjaga kesehatan gigi, tetapi banyak orang tidak memikirkan sikat gigi dan tidak tahu kapan harus menggantinya dengan yang baru. Mungkin juga sulit untuk memilih jenis sikat yang akan digunakan apakah bulu manual atau elektrik, bulu keras atau lembut. Untuk menjawab pertanyaan umum ini, berikut adalah beberapa saran dari seorang profesional.

Seberapa Sering Sikat Gigi Harus Diganti?

Seringkali orang menempel pada satu sikat gigi favorit dan menggunakannya sampai benar-benar aus. Tetapi Anda harus menggantinya lebih sering daripada yang Anda kira.

“The American Dental Association merekomendasikan bahwa sikat gigi perlu diganti setiap tiga bulan,” kata Jane Cotter, asisten profesor di Caruth School of Dental Hygiene di Texas A&M University College of Dentistry.

“Sikat gigi yang digunakan lebih dari Dua-tiga bulan dapat menjadi usang dan dapat merusak gingiva (gusi).”

Cotter mengatakan batas waktu tiga bulan berlaku untuk kepala sikat gigi manual dan elektrik, tetapi terkadang sikat harus diganti lebih awal.

Baca juga:  Merebaknya Wabah PMK Hewan Menjelang Idul Adha

“Jika bulu sikat gigi berjumbai atau menyebar, maka sikatnya perlu diganti,” katanya.

“Beberapa sikat gigi memiliki bulu yang berubah warna seiring waktu untuk membantu pasien mengetahui kapan mereka perlu diganti.”

Menurut Cotter, sikat gigi dan kepala sikat gigi juga harus diganti jika ada yang sakit. Virus termasuk pilek, flu, dan virus corona, berkembang biak di lingkungan yang lembab dan dapat menyebar melalui kontak fisik. Saat sakit, jauhkan sikat gigi Anda secara sosial, jangan berbagi tempat sikat gigi dengan orang lain.

“Penting untuk menyimpan sikat gigi Anda dalam posisi vertikal dan tegak di udara terbuka sehingga akan mengering di antara penggunaan,” kata Cotter.

“Ini membantu mengontrol pertumbuhan bakteri dan jamur pada bulu sikat.” tambahnya.

Bagaimana Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik Digunakan?

“Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa sikat gigi elektrik membersihkan lebih baik daripada sikat gigi manual,” ungkap Cotter.

“Sebagian besar sikat gigi elektrik memiliki pengatur waktu dua menit yang berbunyi bip atau berdenyut setiap 30 detik untuk memperingatkan pengguna agar pindah ke kuadran atau area mulut yang berbeda. Beberapa sikat gigi baru juga memiliki aplikasi yang akan menunjukkan kepada pengguna di mana mereka hilang saat menyikat.” jelasnya.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome dengan Mudah dan Simple

Jenis bulu sikat gigi terbagi menjadi tiga; soft (halus), medium (sedang), dan hard (keras). Ahli kesehatan gigi menyarankan kita untuk menyikat gigi dengan soft bristles brush. Sikat gigi dengan bulu halus atau soft bristles akan menyingkirkan plak tanpa merusak lapisan luar atau enamel gigi. Ya, enamel gigi rentan banget terkikis dan dapat memengaruhi keadaan gigi sensitif. Selain itu, menyikat gigi dengan sikat gigi hard bristles juga berisiko meluka

Beberapa orang lebih memilih sikat gigi berbulu keras daripada membersihkan gigi, tetapi ahli gigi biasanya tidak merekomendasikannya. Sikat gigi yang keras atau keras sebenarnya dapat merusak email gigi, kata Cotter, jadi lebih baik gunakan sikat gigi berbulu lembut.

Memahami sikat gigi yang tepat untuk digunakan dan perawatan sikat gigi yang tepat akan menjaga gigi sehat putih seperti mutiara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *