Sosok  Drs. H. Sonny Salimi MAP,  Tengah menjadi Perbincangan hangat Jadi Bakal Calon Wali Kota Bandung

Jajat Sudrajat

Porosmedia.com — Sosok  Drs. H. Sonny Salimi MAP,  saat ini tengah menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, ia masuk dalam kontestasi Pilkada 2024. Sonny Salimi Bacalon yang diusung Partai Gerindra yang diketuai Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih 2024 – 2029.

Kedatangan Sonny Salimi ke kantor DPC Kota Bandung Partai Gerindra pada Rabu 8 Mei 2024 dilakukan pria kelahiran  Bandung 7 Februari 1972 ini sebagai dorongan pengabdian kepada Kota Bandung sebagai tempat kelahirannya di wilayah Kiaracondong, tepatnya gang Desa.

Pria yang sudah menikah tersebut pernah mengenyam pendidikan di SDN Babakan Surabaya I  Kota Bandung (1978 – 1984),  SMPN 4 Kota Bandung (1984-1987) SMAN 2 Kota Bandung (1987-1990) dan dilanjutkan di Akademi Kesehatan Lingkungan Departemen Kesehatan RI (1990- 1993, Sekolah Kedinasan).

Kemudian ia  melanjutkan pendidikan strata 1 atau sarjana dengan jurusan Teknik Kimia, di Politeknik Negeri Bandung (2003-2004).Selanjutnya Magister Teknik Pembangunan Wilayah & Kota Universitas Diponegoro (2004-2006) dan Doktor Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana Universitas Padjadjaran (2017-2023) yang akan diaplikasikan jikalau ditetapkan menjadi bakal calon Wali Kota Bandung.

Sonny Salimi memiliki segudang pengalaman kerja di antaranya memulai kariernya di  PDAM Kota Bandung pada tahun 1994 sebagai anggota di Seksi Instalasi Pengolahan Air Kotor BPAK  dan bekerja di posisi tersebut hingga 1999. Pada tahun 1999, ia berpindah ke Seksi Instalasi Pengolahan Air Minum Dago Pakar BPAP dan  bekerja sebagai anggota hingga tahun 2000. Sonny kemudian menjadi analis di Laboratorium Air Bersih BPAP dari tahun 2000 hingga 2003.  Setelah itu, ia diangkat sebagai Kepala Bidang Pemasaran di Unit Bisnis LPKL PDAM  Tirtawening Kota Bandung, di mana ia mengemban  tanggung jawab tersebut selama delapan tahun hingga 2011

Baca juga:  Rumah Bersama Rakyat Jabar dukung Dr. H. Sonny Salimi S. S.T., MT jadi Wali Kota Bandung: "Gass Full Kang Sonny"

Dari 2011 hingga 2016, Sonny menjabat sebagai Kepala Unit Bisnis LPKL di PDAM  Tirtawening  Kota Bandung Bandung. Pada tahun 2016, ia diangkat menjadi Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Tirtawening  Kota Bandung,  posisi yang masih dipegangnya hingga saat ini   memasuki tahun ke 9. Selain itu, dari tahun 2020 hingga 2022,   Sonny juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Air Minum di perusahaan yang sama.

Trigger yang membuat Sonny Salimi Maju menjadi Bakalwalkot Bandung ke kantor DPC Partai Gerindra adalah dalam sebuah pembangunan itu tidak boleh ada yang dirubah-rubah , Tapi harus dilanjutkan kalau sesuatu yang dibangun belum selesai atau dirubah-rubah maka dari nol lagi. Sustainabilitas dalam sebuah pembangunan itu menjadi kunci Untuk kita, bisa langsung terus menuju ke depannya lagi dan berkelanjutan.

Manajemen pengelolaan operasional dan pemeliharaan yang belum tergarap perlu diperbaiki, terutama yang berkaitan dengan infrastruktur fisik, mungkin dalam bentuk regulasi, kecuali jika terdapat kesalahan di dalamnya. Perkembangan zaman yang terus berlangsung adalah hal yang tidak bisa dihindari dan merupakan hal yang penting dalam proses pembangunan kota Bandung.

Tagline “Bandung Maju, Bandung Makin Juara” mencerminkan semangat dan aspirasi kota Bandung untuk terus berkembang dan mencapai prestasi yang lebih tinggi. Bandung, yang dikenal dengan julukan Paris van Java, memiliki potensi besar dalam berbagai bidang seperti pendidikan, teknologi, pariwisata, dan industri kreatif.

Semangat untuk maju ini menunjukkan tekad kota untuk tidak hanya mempertahankan apa yang telah dicapai, tetapi juga untuk terus berinovasi dan berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

Baca juga:  Kiamat Ekologi : Saat Sampah Membunuh Kota

Tagline ini juga mengajak seluruh warga Bandung untuk bersatu padu dalam membangun kota yang lebih baik. Dengan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, Bandung dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas hidup, dan pelestarian budaya. Partisipasi aktif dari semua elemen masyarakat sangat penting untuk mewujudkan visi ini.

Selain itu, “Bandung Maju, Bandung Makin Juara” juga menyiratkan kebanggaan dan optimisme maju dalam konteks tidak hanya berarti kemajuan fisik dalam infrastruktur atau teknologi, tetapi juga kemajuan dalam kualitas sumber daya manusia, pelayanan publik, dan kesadaran lingkungan.

Dengan semangat juara, Bandung siap menghadapi tantangan masa depan dan menjadi contoh inspiratif bagi kota-kota lain di Indonesia.
Untuk menjadikan Bandung Maju diperlukan Nilai Kolaborasi,Kolaboraksi, Elaborasi berbagai Elemen Masyarakat serta sinergi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat sipil.

Kolaborasi ini harus didasarkan pada semangat kebersamaan dan saling percaya, di mana setiap pihak berkontribusi sesuai dengan kapasitas dan keahliannya masing-masing. Kolaboraksi, atau aksi kolaboratif, mengharuskan semua elemen untuk tidak hanya berbicara tetapi juga bertindak nyata dalam mewujudkan tujuan bersama.

Elaborasi dari berbagai ide dan inovasi juga penting untuk menciptakan solusi yang kreatif dan efektif. Dengan memanfaatkan potensi lokal dan menggali inspirasi dari berbagai sumber kita dapat menghadirkan program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan adalah beberapa bidang utama yang perlu mendapat perhatian khusus.

Dalam proses ini, komunikasi yang transparan dan keterlibatan aktif dari seluruh lapisan masyarakat menjadi kunci keberhasilan. Dengan demikian, Bandung dapat berkembang menjadi kota yang lebih maju, inklusif, dan berkelanjutan, di mana semua warganya dapat hidup dengan sejahtera dan harmonis.

Baca juga:  Apakah Benar Minum Air Sebelum Tidur Dapat Membantu Tidur Lebih Cepat? Ini Penjelasannya

Bakal Calon Wali Kota Bandung dari Partai Gerindra sekaligus Dirut PDAM Tirtawening Sonny Salimi mendapat dukungan penuh dari Angkatan Muda Siliwangi. Ketua AMS Distrik Kota Bandung, Zaenal Insan mengatakan bahwa, Sonny merupakan bagian dari keluarga besar AMS merupakan kader terbaik potensial untuk menjadi Wali Kota Bandung.

Ketua AMS Distrik Kota Bandung, Zaenal Insan memberikan pesan khusus kepada Sonny agar memerhatikan dan memperbaiki sistem pendidikan di Kota Bandung. Selain itu, pembangunan infrastruktur juga menjadi pesan khusus yang dilontarkan kepada Sonny.

“Bila terpilih, sektor pendidikan, sektor sosial, itu paling utama dengan pembangunan. AMS total mendukung Pak Sonny,” ucapnya

Sementara itu Sonny mengaku tersanjung dengan dukungan yang diberikan oleh AMS Kota Bandung. Baginya, kepercayaan yang diberikan oleh AMS menjadi tanggungjawab sekaligus amanah.

“Ini sebuah amanah yang luar biasa untuk bisa meneruskan pembangunan kota Bandung. Tentunya ini harus menjadi perhatian buat saya saya tidak boleh memberikan atau tidak boleh mengecewakan yang memberikan mandat,” tandasnya.