FAGI Mendesak Mendagri Beri Putusan Plt Walikota Bandung

Akibatnya, Sekitar 175 Calon Kepala Sekolah Terlantar Tidak Dilantik

Jajat Sudrajat

Bandung, porosmedia.com – Sekitar 175 calon Kepala Sekolah di Kota Bandung tidak bisa dilantik. hal ini disebabkan status pimpinan Kota Bandung masih plt (pelaksana tugas) sebagai Walikota Bandung.

menurut Iwan Hermawan Ketua Umum Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) menjelaskan bahwa ada 130 calon kepala sekolah yang sudah lulus dari LP2 KS ( Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah) di Solo.
sampai sekarang statusnya masih calon kepala sekolah.

Sementara itu, sebelumnya, kata Iwan di kota Bandung ada 100 formasi kepala SD yang kosong. dan Kepsek di PLT kan. sedangkan di tingkat SMP ada sekitar 42 calon kepala sekolah yang menanti pengangkatan. sementara formasi ada 18 sampai 19 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang semuanya tidak bisa di lantik karena status walikotanya PLT.

saat saya bertemu dengan Plt Walikota Yanq Mulyana, akui Iwan, Yana sangat siap melantik para calon kepala sekolah tersebut. namun Yana, mengeluh dan belum bisa berbuat apa-apa karena terkendala keputusan Mentri Dalam Negeri.

Baca juga:  KPU Resmi Tetapkan Anggota DPRD Kota Bandung Terpilih Periode 2024-2025, Pemkot Sampaikan siap Berkolaborasi dan selamat

Lanjut Iwan, jika persoalannya Kemendagri dampaknya berbahaya bagi kepala sekolah yang mendekati usia 56 tahun yang masuk dalam masa pensiun. pasalnya lagi, kerugian buat negara yang sudah membiayai para calon kepala sekolah di LP2KS. “mengikuti LP2KS kan menggunakan biaya negara atau APBD. belum lagi persiapan PPDB yang harus disetujui oleh kepala sekolah yang sudah dilantik (definitif). ditambah ada kasus 1 kepala sekolah bisa megang 4 sekolah. dan semuanya dipangku sebagai kepala sekolah. sangat tidak efektif, terang Iwan kepada porosmedia.com lewat pesan suara telepon pintar, Kamis (8/04/2022)

Maka dari itu, keterlambatan pelantikan Yana Mulyana sebagai Walikota Definitif Kota Bandung sangat mengganggu dan menghambat pelayanan pendidikan yang ada di Kota Bandung. Hal ini didasarkan pada banyak alasan yang telah dikupas dan diinformasikan oleh banyak pihak mengingat kondisi pendidikan merupakan ruang yang dinamis dan sangat membutuhkan sentuhan-sentuhan kebijakan yang bersifat praktis di lapangan.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas Iwan Hermawan sangat mendesak Kemendagri melalui Gubernur Jawa Barat untuk segera melakukan pelantikan terhadap Yana Mulyana sebagai Walikota Bandung Definitif. (jt)

Baca juga:  Garda Partai NasDem Siap Amankan Pemilukada Kota Cimahi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *