BBC Skills Purwakarta Dapat Pelatihan Keterampilan Mencukur Dari Disnakertrans Jawa Barat

Avatar photo
BBC Skills Purwakarta Dapat Pelatihan Keterampilan Mencukur Dari Disnakertrans Jawa Barat

Porosmedia.com, Purwakarta – Sebanyak 30 anggota Buah Batu Corps (BBC) Skills Kabupaten Purwakarta mendapat pelatihan teknik mencukur rambut dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat yang digelar di BLK setempat.

Diketahui kegiatan tersebut akan digelar selama 4 hari kalender dimulai dari tanggal 22 sampai dengan 25 Februari 2022.

Kegiatan tersebut, secara resmi dibuka oleh Kepala Disnakertrans Jawa Barat Rachmat Taufik Garsadi, dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa Kabupaten Purwakarta merupakan daerah industri yang akan membuka lapangan pekerjaan.

“Namun jumlah kesempatan kerja tersebut belum sebanding dengan kebutuhan, sehingga Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Purwakarta masih tinggi,” ucapnya.

Rachmat menuturkan, sebagai daerah industri, di Purwakarta ini sebetulnya akan membutuhkan berbagai produk dan jasa, baik untuk memenuhi kebutuhan industrinya maupun para pekerjanya sendiri. Sehingga pelatihan ini merupakan peluang usaha bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha secara mandiri, khususnya usaha barbershop.

“Mengingat dimasa pandemi seperti ini, masyarakat memiliki rasa takut untuk pergi  ke tukang cukur. oleh karena itu melalui pelatihan ini, kita bentuk tukang cukur Naik kelas (Kang Ikhlas) yang profesional, higienis dimana nantinya bisa membuat tenang dan nyaman para pelanggannya,” demikian Rachmat.

Baca juga: Dandim Titip Doa Kepada Ulama dan Santri Ponpes untuk Keberkahan Purwakarta

Sementara itu, Ketua BBC Skills Kabupaten Purwakarta Bagja Jaya Dilaga, mengatakan pelatihan keterampilan mencukur yang diikuti oleh 30 anggota BBC Skills itu akan menambah wawasan serta keterampilan para anggotanya yang didominasi oleh kaum pemuda produktif.

“Ini sangat penting bagi organisasi kami, dimana persentasi anggota didominasi anak muda-mudi usia produktif. Dengan keadaan pandemi seperti ini teman-teman harus dibekali skills agar dapat membuka peluang usaha sendiri, salah satunya dibidang cukur atau barbershop,” ucap Bagja.

Bagja mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan sebagian rangkaian dari program untuk memberdayakan anggota dalam organisasi BBC skills di tahun 2022.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Disnakertrans Jabar, BLKM Jabar, Disnakertrans Kabupaten Purwakarta, Balai Latihan Kerja BLK Kabupaten purwakarta dan sekolah cukur yang telah membantu anggota dalam pelatihan ini,” kata Bagja.

“Kami BBC Skills akan terus bekerjasama dengan pemerintah atau swasta, agar anggota kami mempunyai skill dan bekal bagi mereka untuk kedepannya,” tambah dia.(Aberry).

Baca juga:  Peduli Pendidikan Santri, Kasad Bantu Kendaraan Operasional 2 Ponpes di Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *