Bahaya Tidur Siang Terlalu Lama Bagi Kesehatan

5 Efek Negatif Tidur Siang Terlalu Lama Bagi Kesehatan Kita

Poros Media – Terkadang, tidak ada yang lebih menyegarkan daripada tidur siang yang menyenangkan. Baik itu tidur siang setelah hari yang panjang bekerja di kantor atau di hari akhir pekan yang menyenangkan, tidur siang dapat membantu Anda merasa istirahat dan berenergi.

Tidur siang juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Satu studi menemukan bahwa tidur siang berpotensi meningkatkan daya ingat saat mempelajari informasi baru atau tugas baru. Tidur siang juga dapat membantu Anda merasa lebih waspada dan mengatur ulang Anda sedikit secara emosional, mengurangi stres cukup untuk membantu Anda menjadi kurang impulsif dan mengatasi frustrasi sedikit lebih baik.

Tidur siang singkat 15-20 menit  dapat membawa banyak manfaat, seperti mengurangi rasa kelelahan, meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan kinerja kognitif. Namun, waktu durasi tidur siang Anda dapat menentukan apakah Anda melihat efek positif atau efek negatif. Meskipun tidur siang biasanya tidak berbahaya, hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan jika berlangsung lama dan menjadi kebiasaan yang sering dilakukan.

1.Kondisi kesehatan yang serius

Tidur siang yang melebihi setengah jam di siang hari dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan sindrom metabolik. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada April 2016 menemukan bahwa tidur siang yang berlangsung lebih dari 60 menit sehari meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 50 persen. Selain itu, ditemukan tidur siang yang lebih lama juga meningkatkan risiko sindrom metabolik hingga 50 persen. Dalam penelitian lain, tidur siang yang berlangsung lebih dari satu jam secara signifikan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular—sebesar 82 persen.

Baca juga:  10 Manfaat Minum Air Hangat, Salah Satunya Mampu Mencegah Jerawat!

2.Harapan hidup lebih rendah

Ya, sering tidur siang bisa menurunkan harapan hidup Anda. Tidur siang yang berlangsung lebih dari satu jam telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian dari semua penyebab. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa risiko semua penyebab kematian meningkat sebesar 27 persen untuk tidur siang yang lama, sementara tidur siang yang singkat meningkatkan risiko sebesar tujuh persen. Namun, hasil menunjukkan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan pada topik ini.

3.Masalah tidur malam hari

Jika Anda menderita masalah tidur seperti insomnia atau kualitas tidur yang buruk di malam hari, tidur siang yang lama sebenarnya dapat memperburuk masalah ini. Sebuah studi dari University of Pittsburgh menemukan bahwa setelah mengalami tidur yang singkat dan tidak efisien di malam hari, orang akan tidur siang yang panjang pada hari berikutnya dan mengalami tidur yang buruk lagi di malam yang sama. Namun, lingkaran setan mencoba mengejar tidur yang hilang di malam hari dapat dipatahkan dengan menghilangkan tidur siang sama sekali atau mengatasi masalah yang mungkin menyebabkan kurang tidur di malam hari.

Baca juga:  Marshanda Ungkapkan Terkena Tumor Payudara, Begini Perbedaan Tumor Dan Kanker

4.Fungsi kognitif yang buruk

Sementara tidur siang singkat yang berlangsung 15 menit atau kurang dapat meningkatkan fungsi kognitif, tidur siang yang lebih lama dapat memiliki efek sebaliknya. Jika Anda tidur lebih dari seperempat jam, Anda mungkin menderita inersia tidur—perasaan disorientasi atau pening—untuk jangka waktu tertentu setelah bangun tidur. Ini dapat menyebabkan untuk sementara tidak dapat melakukan tugas-tugas yang berfungsi tinggi atau tugas-tugas yang melibatkan ingatan.

5.Kebiasaan tidur siang yang baik

Hal yang baik tentang semua kebiasaan adalah mereka dapat dibalik, dan hal yang sama berlaku untuk tidur siang siklus yang umumnya dapat dihentikan dalam beberapa hari setelah menerapkan perubahan pola yang konsisten. Menyetel alarm telepon selama 20-30 menit “power nap” adalah salah satu cara untuk tidak menyerah pada tidur siang dan dapat membantu mengatur ulang jam internal Anda.

Bisakah tidur siang menggantikan tidur yang hilang?

Tidak, tidur siang yang lama tidak dimaksudkan untuk mengganti waktu tidur yang hilang. Faktanya, tidur siang yang lama dapat berdampak negatif pada “hutang tidur” Anda, perbedaan antara tidur yang dibutuhkan tubuh Anda dan tidur yang sebenarnya Anda dapatkan di malam hari.

Baca juga:  Himbauan PAPDI Tentang Pemberian Vaksinasi Booster COVID-19

“Anda mulai menciptakan hutang tidur Anda sejak Anda bangun di pagi hari,” Sementara tidur siang dapat membantu Anda kembali fokus sebentar, itu bukan solusi jangka panjang. Anda mungkin merasa lebih baik hari itu, tetapi itu dapat menciptakan siklus yang menambah hutang tidur Anda.

Pertama, itu dapat menyebabkan masalah tidur jangka pendek. “Jika Anda membiarkan diri Anda tidur terlalu pagi, Anda akan kesulitan tidur di malam hari,” Dan saat itulah tidur siang dapat menciptakan masalah jangka panjang dengan hutang tidur.

Setelah Anda menggagalkan tidur Anda selama satu atau dua malam, semakin sulit untuk keluar dari siklus. “Ketika tidur malam terganggu, waktu bangun dan waktu tidur Anda dapat mulai bervariasi yang dapat menyebabkan masalah tidur kronis,” tambahnya.

Masalah tidur kronis dapat, pada gilirannya, menyebabkan komplikasi kesehatan yang lebih besar, termasuk:

  • Diabetes.
  • Depresi.
  • Masalah jantung.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Menurunkan kekebalan.
  • Kegemukan.

Garis bawah? Tidur siang bisa menjadi manfaat besar selama Anda mengambil pendekatan yang tepat: Lakukan lebih awal di hari yang sama dan gunakan alarm untuk memastikan Anda tidur siang pada waktu yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *