4 Maanfaat Bunga Lawang Sayang Sekali Jika Dilewatkan!

4 Maanfaat Bunga Lawang Sayang Sekali Jika Dilewatkan!
Ilustrasi bunga lawang(shutterstock)

Porosmedia.com – Bunga lawang mempunyai bentuk yang sangat unik, aromanya pun sangat khas. Beruntungnya Negara Indonesia ini dikarunia rempah berlimpah yang mempunyai wangi khas ataupun bentuk yang unik.

Karena bentuknya inilah bunga lawang kerap dijadikan hiasan dekorasi. Sepertinya belum begitu banyak orang yang mengetahui bentuk dari bunga ini . padahal manfaatnya sangat banyak.

Bunga lawang sering dijadikan obat tradisional bagi sebagian orang karena dapat mengatasi berbagai penyakit. Menurut beberapa sumber bunga lawang telah digunakan di Mesir sejak tahun 1500 sebelum masehi.

Bunga lawang merupakan salah satu tanaman rempah Indonesia yang berasal dari Tiongkok dan Vietnam. Bunga lawang memiliki biji dan bunga berwarna coklat tua serta mempunyai delapan sisi runcing, bentuknya seperti bintang.

Bunga lawang adalah salah satu bumbu masakan cina. Di Indonesia sendiri bunga ini dipakai pada masakan yang mempunyai ciri khasbumbu tajam seperti gulai aceh dan rendang minang.

Bunga lawang kaya akan flavonoid dan polifenol yang mana keduanya baik dalam pengobatan tradisional. Bunga lawang  digunakan sebagai obat tradisional untuk infeksi paru-paru, kolik pada bayi, gas usus dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Baca juga:  Bahaya Tidur Siang Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Minyak bunga lawang  digunakan sebagai bahan pembuatan sabun, kosmetik, parfum dan pasta gigi serta digunakan  untuk menyamarkan bau yang tidak sedap pada produk-produk obat. Ada dua jenis bunga lawang yaitu bunga lawang cina dan bunga lawang jepang. Jenis bunga lawang jepang berbahaya  jika dikonsumsi.

Beberapa Manfaat Bunga Lawang

  1. Sebagai Perangsang Produksi ASI

Sering kita jumpai beberapa masalah pada ibu menyusui salah satunya masalah ASI yang tidak lancer. Nah bunga lawang ini bisa dijadikan sebagai alternatif selain daun katuk.

Pasalnya bunga lawang ini mampu merangsang,  meningkatkan, hingga memperbaiki kualitas ASI pada ibu menyusui lho!

Pada bunga lawang terdapat senyawa anthole  yang memiliki structural yang sama dengandopamin yang diketahui bisa menghambat pelepasanproduksi susu, dengan begitu produksi ASI pun meningkat

  1. Meredakan Gejala Monopouse

Pada awal monopouse tubuh wanita akan mengalami perubahan dengan produksi hormone estrogen yang sedikit dan berakhirnya ovulasi dan menstruasi.

Tingkat estrogen yang rendah memicu banyak gejala seperti perubahan suasana hati, kelelahan, keresahan, nyeri pada sendi dan otot.

Baca juga:  Sejarah dan Urutan Pangkat Polisi

Gejala-gejala inilah yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius seperti osteoporosis dan penyakit jantung. Nah, bunga lawang ini dapat mengurangi gejala monopouse karena mengandung aneto yang dapat mengurangi kerapuhan tulang dan melindungi dari osteoporosis.

  1. Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Beberapa penelitian mengungkap bahwa  bunga lawang bersifat menenangkan karena mengandung antioksidan dan magnesium  yang dapat melepaskan neutrotransimiter yang dsapat mendorong seseorang  untuk relaksasi ketika tertidur sehingga sangat membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan sangat di anjurkan bagi penderita insomnia.

  1. Untuk Perawatan Kulit

Radias sinar Uv dari paparan sinar matahari dapat merusak sel kulit dan merupakan salah satu factor lingkungan stress oksidatif dalam tubuh. Hal ini dapat meningkatkan resiko kondisi kulit yang berkaitan dengan kanker.

Pada suatu riset teridentifikasi bahwa  bunga lawang adalah anti mikroba yang ampuh, anti-peradangan, antisidan, antiseptik, dan anti bakteri yang mampu mengurangi kerusakan kulit yang di akibatkan oleh radikal bebas termasuk sel-sel kulit dan tanda-tanda awal penuaan.

Kolagen adalah protein structural penting dalam kulit yang bertanggung jawab atas elastisitas dan integrasi sel. Bunga lawang kaya akan vitamin C dan vitamin A yang dapat memperbaiki kembali sel-sel kulit yang rusak,menyamarkan bekas luka.

Baca juga:  6 Manfaat Lobak Bagi Kesehatan, Baik Untuk Penderita Penyakit Kuning!

Anthole yang terkandung dalam bunga lawang melindungi kulit terhadap kerusakan ROS dan mengurangi stress oksidatif. ROS merupakan senyawa radikal yang dapat menyerang berbagai substrat dalam tubuh.

Itulah penjelasan mengenai beberapa manfaat bunga lawang bagi kesehatan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Umpan balik sebaris
Lihat semua komentar
0
Punya tanggapan tentang artikel ini? Silahkan berkomentar!x
()
x