Maneuver Day, Memotivasi, Menumbuhkan Dan Mengapresiasi Pelaku bisnis Digital Kreatif Di Kota Cimahi

Avatar photo
PJ Walikota Cimahi Dicky Saromi usai membuka Maneuver Day, Memotivasi, Menumbuhkan Dan Mengapresiasi Pelaku bisnis Digital Kreatif Di Kota Cimahi.

Porosmedia.com, Kota Cimahi – PJ Walikota Cimahi Dicky Saromi membuka kegiatan Maneuver Day yang diselengarakan oleh Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi di Gedung Cimahi Techno Park Jalan Baros Kota Cimahi, Senin (27/11/2023).

Tujuan dari Maneuver Day untuk memotivasi, menumbuhkan serta mengapresiasi pelaku bisnis digital kreatif yang ada di Kota Cimahi.

Berbagai rangkaian acara yang diselenggarakan terdiri dari pameran karya/produk, seminar, dan sesi diskusi produktif yang dikemas dengan ceria dan komunikatif.

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Disdagkoperind Kota Cimahi Hella Haerani.

“Maneuver Day adalah sebuah acara yang dirancang khusus untuk para pelaku digital kreatif ekosistem Kawasan Cimahi Techno Park, dimana mereka dapat berkumpul, bersilaturahmi, dan berkolaborasi dalam lingkungan yang penuh inspirasi,” ucap Hella.

Maneuver Day mengangkat tema “Innovative, Collaborative, & Adaptive”.

“Di tengah perubahan yang cepat dalam teknologi dan lingkungan bisnis, tema ini mengajak peserta menjelajahi cara baru berkreasi, beradaptasi dengan tantangan, dan bekerjasama dengan pelaku digital kreatif lain,” lanjut Dia.

Baca juga:  Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono Mengecek Tempat Logistik KPU Kota Cimahi

Adapun program yang disediakan antara lain: Cimahi Makerspace Digital Kreatif yaitu kegiatan yang mendampingi para pelaku digital kreatif yang memiliki minat dan bakat terkait desain templat, Pelatihan 3D Metaverse untuk mendampingi para pelaku digital kreatif yang memiliki minat dan bakat terkait desain 3D Animasi, serta kegiatan pendampingan Inkubasi Bisnis dan Teknologi untuk para pelaku start up yang memiliki produk/jasa digital dan teknologi.

“Dengan berbagai kegiatan tersebut, Pemerintah Kota Cimahi memberikan alternatif profesi bagi para pelaku digital kreatif untuk dapat bertahan, berkembang dan menghasilkan dari minat dan bakat yang dimiliki,” terangnya..

Kegiatan ini telah mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat sebagai Top 45 Inovasi Layanan Terbaik di Indonesia serta berbagai apresiasi dari Marketplace seperti Envato dan Canva.

“Dibuktikan bahwa event global Canva Creator yang diselenggarakan sedunia, Cimahi Techno park menjadi perwakilan Indonesia untuk menghelat event tersebut,” tukas Hella.

Pada kegiatan tersebut, Pemkot Cimahi turut memberikan apresiasi pada para stakeholder yang membantu Pemerintah Kota pada program di Cimahi Technopark. Antara lain: Graphicook, Tepi Garis Media, Neermana Studio, SMKN 2 Cimahi, WIT.ID [1], dan Tonggak Harapan.

Baca juga:  SKB Tiga Menteri Tetapkan Cuti Bersama Idulfitri 1443 H

Turut dilaksanakan Sosialisasi dan Seleksi tahap pertama untuk peserta Cimahi Makerspace Digital Kreatif Tahun 2024. Peserta berasal dari SMK akan diseleksi selama 3 tahapan untuk mendapatkan pendampingan selama 1-2 tahun yang disinergikan dengan program Kurikulum Merdeka.

“Selain melaksanakan pemagangan, siswa SMK didorong untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan. Sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran di Kota Cimahi,” paparnya.

Pemerintah Kota Cimahi berharap seluruh pilar kolaborasi bisa saling bahu membahu dalam mengembangkan dan memanfaatkan berbagai potensi digital bisnis yang ada melalui berbagai kegiatan di Cimahi Techno Park.

“Sehingga kedepan, berbagai potensi dapat di monetisasi sesuai dengan perkembangan generasi Z di Kota Cimahi,” tutup Hella. (Bagdja)