Google Doodle Hari Ini: Profil Siti Latifah Herawati Diah

Siti Latifah Herawati Diah merupakan jurnalis perempuan yang juga istri dari Tokoh Pers sekaligus mantan Menteri Penerangan Burhanuddin Mohammad Diah

Google Doodle Hari Ini Profil Siti Latifah Herawati Diah
Tangkapan Layar: Google Doodle (03/04/2022).

Porosmedia.com Hari ini Minggu (03 April 2022), Google Doodle menampilkan sosok perempuan tanah air. Terlihat pada laman awal Google 3 gambar perempuan yakni sosok Siti Latifah Herawati Diah.

Siti Latifah Herawati Diah merupakan seorang jurnalis perempuan kelahiran Tanjung Pandan, Belitung. Beliau juga merupakan istri dari tokoh pers yang sekaligus juga mantan dari Menteri Penerangan Indonesia ke-18, Burhanuddin Mohammad Diah.

Latar Belakang Siti Latifah Diah Herawati

Ia lahir di Tanjung Pandan pada 3 April 1917, sehingga hari ini bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke 105. Tak heran Google Doodle menampilkan sosok Herawati hari ini.

Herawati lahir dari pasangan Raden Latip, seorang dokter yang bekerja di Billiton Maatschappij, dengan Siti Alimah.

Pendidikan Tinggi Herawati

Beruntung Herawati berkesempatan mengenyam pendidikan tingginya di Europeesche Lagere School (ELS) di Salemba, Jakarta. Selanjutnya beliau melanjutkan pendidikan ke Jepang di American High School di Tokyo.

Atas motivasi besar dari sang ibunda, dia melanglang hingga ke negeri Paman Sam untuk belajar sosiologi di Barnard College yang berafiliasi dengan Universitas Columbia, New York dan lulus pada 1941.

Baca juga:  Gigantopithecus blackii, Sang Pendatang Baru di Semedo

Memulai Karir Jurnalis

Setahun setelah lulus dari Barnard College, Herawati memulai kariernya sebagai seorang jurnalis di Indonesia pada zaman penjajahan saat itu. Dia bekerja dengan status wartawan lepas di Kantor Berita United Press International (UPI). Lalu, beliau bergabung sebagai penyiar di Radio Hosokyoku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *