Berita  

Akselerasi Vaksinasi di Bulan Ramadhan, Polres Belu Buat Terobosan Gelar Vaksinasi Malam Hari di Masjid-masjid

Akselerasi Vaksinasi di Bulan Ramadhan, Polres Belu Buat Terobosan Gelar Vaksinasi Malam Hari di Masjid-masjid
Akselerasi Vaksinasi di Bulan Ramadhan, Polres Belu Buat Terobosan Gelar Vaksinasi Malam Hari di Masjid-masjid (3)
Akselerasi Vaksinasi di Bulan Ramadhan, Polres Belu Buat Terobosan Gelar Vaksinasi Malam Hari di Masjid-masjid (2)
Akselerasi Vaksinasi di Bulan Ramadhan, Polres Belu Buat Terobosan Gelar Vaksinasi Malam Hari di Masjid-masjid (1)
Akselerasi Vaksinasi di Bulan Ramadhan, Polres Belu Buat Terobosan Gelar Vaksinasi Malam Hari di Masjid-masjid (5)

 

Porosmedia.comSebagai upaya akselerasi vaksinasi Covid-19, Kepolisian Resor Belu membuat terobosan dengan menggelar vaksinasi malam hari di Masjid-masjid selama bulan Ramadhan 1443 H.

Pelaksanaan vaksinasi malam hari dengan menggandeng dinas kesehatan kabupaten Belu, dimulai pada kamis (7/4/2022) dengan mengambil lokasi di pelataran Masjid Al-Mujahiddin Atambua.

Menyasar jamaah masjid serta masyarakat umum, kegiatan vaksinasi untuk dosis I, II dan booster, dilakukan dalam masa tenggang menjelang shalat Isya dan habis Shalat Tarawih.

Dari pantauan Humas, sebelum menjalani vaksinasi, jamaah mesijd maupun penduduk sekitar yang hadir di pelataran masjid, harus melalui tahapan pendataan atau pengisian blangko terlebih dahulu yang sudah di sediakan oleh tenaga vaksinator puskesmas Atambua Barat dan puksemas Atambua Selatan.

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat yang hadir menjalani vaksinasi tahap I, II dan juga booster dengan vaksin jenis sinovac, Covovax, AstraZeneca, Pfizer dan Moderna.

Kepada awak media, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K mengungkapkan, pelayanan vaksin malam hari ini, digelar untuk memfasilitasi warga yang tidak bisa meninggalkan kegiatan atau pekerjaannya pada jam kerja, yaitu pagi hingga sore.

Baca juga:  Prajurit Poltekad Kodiklatad menjadi Wisudawan Terbaik S3 di Universitas Brawijaya

“Jadi, kita mengambil kegiatan ini pada saat malam hari mengingat seluruh masyarakat pastinya memiliki waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk mengikuti vaksin. Terlebih dibulan Ramadhan ini, saudara saudari kita umat Muslim yang ingin menjalani vaksinasi namun siang harinya sedang berpuasa ,bisa terfasilitasi dengan adanya vaksinasi malam hari ini. Dalam pelaksanaan vaksin, kita jadwalkan sebelum umat melakukan ibadah shalat Isya dan sesudah Shalat Tarawih,” jelas Kapolres Belu.

“Dan malam ini, kita berhasil menjaring 41 orang baik itu Jamaah Masjid maupun masyarakat umum dengan menjalani vaksin dosis pertama, kedua dan juga booster (lanjutan). Ini akan terus kita gelar selama bulan Ramadhan tentunya dengan masjid yang berbeda. Dan kalau tidak ada halangan, besok malam kami bersama rekan-rekan dari Puskesmas akan menggelar kegiatan vaksinasi di Masjid Sakinah Atambua. Ini kita galakkan sehingga pada saat rangkaian kegiatan di bulan Ramadan, kegiatan Halal Bi Halal, kegiatan mudik semua dalam kondisi betul-betul memiliki kekebalan atau imunitas,” pungkas Kapolres Belu.

Baca juga:  Pomdam III/Slw Gelar Vaksinasi Bersama Para Purnawirawan

Masih kaitan percepatan herd immunity, Kapolres Belu mengatakan pihaknya akan terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi gratis yang bertujuan membantu pemerintah dalam program percepatan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia, khususnya di wilayah kabupaten Belu.

“Akselerasi Vaksinasi tentu tidak saja di malam hari dimana kami juga memberikan pelayanan vaksin untuk masyarakat setiap hari kerja, dari senin sampai sabtu, yang berlokasi di Klinik pratama Polres. Kita optimalkan pelaksanaanya sehingga di bulan april ini pencapaian vaksinasi khususnya di kabupaten Belu dapat mencapai 100%. Karena kalau target ini tercapai maka laju Covid-19 bisa kita kendalikan. Karena ini (vaksinasi) sangat besar pengaruhnya bagi aktivitas masyarakat selanjutnya,” ungkap Kapolres Belu.

“Dan untuk masyarakat yang sudah hadir malam ini. Kami imbau supaya beritahu sanak keluarga, kerabat dan teman-teman mereka yang belum vaksin baik tahap I, II dan III, supaya datang mengikuti vaksin secara gratis di Gerai vaksin Polres maupun puskesmas-puskesmas terdekat,” tambah Kapolres Belu.

Pada kesempatan tersebut, Imam Masjid Al-Mujahiddin, Ustad H.L Mahfud Tupong yang turut ambil bagian dalam vaksinasi tersebut, mengapresiasi Polres Belu yang menyediakan fasilitas vaksinasi malam hari di bulan ramaddan.

Baca juga:  Minimalisir Dampak Perbedaan, Persis Dukung Penyelenggaraan Sidang Isbat

“Terima kasih buat bapak Kapolres Belu beserta jajarannya dan juga dinas kesehatan yang sudah menggelar vaksinasi malam hari khususnya untuk kami umat Muslim di kabupaten Belu,” kata Ustad Mahfud Tupong.

“Yang merasa ragu ikut vaksin di siang hari karena sedang berpuasa, Alhamdulillah bisa mengikuti vaksin malam hari. Dan pengambilan waktunya juga bagus sehingga kami tetap khusyuk menjalani sholat Isya dan Tarawih,” tambah Ustad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *