9 Tips Persiapan Puasa Bagi Penderita Asam Lambung

9 Tips Persiapan Puasa Bagi Penderita Asam Lambung
Foto:Kompas.com

Porosmedia.com – Untuk anda yang memiliki penyakit asam lambung, namun ingin tetap menjalankan ibadah puasa ramadan dengan lancar tanpa ada halangan rasa sakit yang muncul, berikut tips mempersiapkan puasa bagi penderita asam lambung.

1. Makan Dengan Porsi Kecil

Saat puasa ramadan telah tiba, anda yang memiliki penyakit asam lambung disarankan untuk mengatur porsi makanan yang masuk kedalam tubuh. Belajarlah untuk makan dalam porsi kecildengan frekuensi sering. Sehingga, naiknya asam lambung pun dapat dicegah atau diminimalisir.

2. Atur Pola Makan Dengan Baik

Cara mencega asam lambung naik lainnya yakni dengan mengatur pola makan. Hindari makanan dan minuman yang dapat merangsang produksi asam lambung secara berlebihan. Ketika sahur dan berbuka, pastikan tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan gas, contohnya yang terbuat dari bumbu kacang.

3. Aplikasikan Diet Rendah Karbohidrat

Persiapan puasa bagi penderita asam lambung selanjutnya dengan diet keto. Seseorang yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi karbohidrat tinggi lalu beralih ke diet rendah karbohidrat akan mengalami penurunan asam lambung. Metode tersebut sangat baik untuk mencegah asam lambung naik, terutama ketika sedang puasa di bulan ramadan.

Baca juga:  10 Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan, Kamu Wajib Tahu!

4. Berhenti Merokok

Kebiasaan menghisa rokok ternyata dapat menyebabkan asam lambung naik.sebaliknya kurangi merokok atau hanya di waktu-waktu tertentu saja semisal setelah makan di jam berbuka atau sahur .Namun, akan lebih baik jika selama bulan puasa menghentikan kebiasaan merokok demi mencegah naiknya asam lambung.

5. Mengontrol Stress

Tips persiapan puasa ramadan bagi penderita asam lambung adalah dengan mengontrol stres. Sebisa mungkin anda dapat mengurangi stres. Sebab,  \saat anda sedang stress,asam lambung juga ikut menyerang. Anda bisa mengatur pola stress dengan cara anda sendiri.

6. Kurangi Makanan yang Bersifat Asam dan Pedas

Belajar untuk mengontrol makanan yang bersifat asam, hal ini dapat merangsang terjadinya peningkatan produksi asam lambung. Hal demikian berlaku bagi makanan pedas, seperti cabai dan lada.

7. Pastikan Untuk Tidak Melewati Waktu Sahur

Menjalani puasa saat asam lambung naik bisa menjadi sumber kekacauan hari Anda. Untuk menghindarinya, Anda harus makan ketika sahur. Melewatkan makan sahur bisa memperparah asam lambung Anda di siang hari, sebab perut kosong selama seharian. Tak hanya menjadi ‘bekal’ dari puasa, makanan yang masuk ke dalam perut Anda saat sahur juga dapat mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

Baca juga:  Mengenal Apa Itu Pseudobulbar Affect

8. Kenakan Pakaian yang Longgar

Anda juga bisa menggunakan baju-baju yang longgar untuk mencegah asam lambung naik. Hal ini akan mengurangi tekanan pada bagian perut Anda sehingga Anda tidak usah cemas lagi akan mengalami heartburn atau merasa perih pada bagian lambung. Selain itu, sebaiknya juga tidak menggunakan ikat pinggang, agar lambung tak tertekan.

9. Jangan Langsung Tidur ataupun Rebahan Setelah Makan

Biasanya, rasa kantuk kembali datang ketika waktu sahur usai. Namun sebaiknya Anda menghindari kebiasaan setelah sahur langsung balik ke tempat tidur. Idealnya memang Anda harus menunggu sekitar 3 jam setelah makan bila Anda kembali tidur. Hal ini akan mencegah asam lambung tiba-tiba naik dan mengacaukan ibadah puasa Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *