Ragam  

Manfaat Hipnoterapi Sebagai Kesehatan Mental

Avatar photo
Manfaat Hipnoterapi Sebagai Kesehatan Mental
Foto via: Meredithsante.com

Porosmedia.com, Manfaat Hipnoterapi – Apakah kamu pernah mendengar tentang hipnoterapi? Ya, Hipnoterapi belakangan ini sering kali dipakai sebagai terapi untuk mengubah suatu kebiasaan atau menyembuhkan trauma. Jika berbicara tentang hipnoterapi, kamu pasti kamu mengaitkannya dengan hipnotis. Di Indonesia sendiri, kata ‘hipnotis’ seringnya dikaitkan dengan tindakan kriminal. Padahal faktanya tidak seperti itu. Lalu, apakah efektif melakukan terapi dengan hipnoterapi?

Hipnoterapi adalah terapi komplementer yang menggunakan teknik hipnosis untuk mempengaruhi kondisi seseorang terutama kesehatan. Hipnosis dilakukan dengan memberikan edukasi dan kepercayaan yang benar melalui alam bawah sadar klien untuk merubah pola hidup yang buruk misalnya yang mempengaruhi kondisi kesehatan.

Hipnoterapi diharapkan mampu membuat klien merubah cara pikirnya dan kemudian mampu melakukan pola hidup sehat dan mendapatkan manfaat dengan terjaganya kesehatan tubuh. Hipnoterapi sendiri menggunakan teknik relaksasi dengan menggunakan kekuatan sugesti yang diberikan terapis atau merupakan efek plasebo.

pada korban bencana alam, pemerkosaan atau setelah mengalami kecelakaan. Bahkan, seseorang dengan stres pasca trauma bisa mengalami beberapa kali mimpi buruk atau kilas balik yang mengingatkan dirinya pada peristiwa mengerikan tersebut. Hipnoterapi dapat menjadi salah satu solusi untuk meredakan rasa takut pasca trauma.

Sebuah laporan dalam Indonesian Journal of Nursing and Midwifery tahun 2019 menjelaskan jika hipnoterapi membuat pikiran menjadi rileks, sehingga seseorang dapat lebih terbuka menerima sugesti positif.

Manfaat Hipnoterapi Sebagai Kesehatan Mental

Lalu, apa sajakah manfaat-manfaat hipnoterapi? Berikut penjelasannya:

Mengatasi Gangguan Cemas

Gangguan cemas secara berlebihan bisa terjadi ketika seseorang memiliki ketakutan yang konstan terhadap berbagai hal. Rasa cemas atau takut muncul karena otak salah menanggapi satu hal sebagai hal yang menyeramkan. Akibatnya, tubuh mengalami reaksi stres yang sebenarnya tidak diperlukan.

Hipnoterapi dalam hal ini dapat membantu menurunkan tingkat stres pada orang dengan cemas berlebih. Tulisan berjudul “The Effectiveness of Hypnotherapy in Reducing Stress Levels” dalam jurnal Addictive Disorders & Their Treatment tahun 2018 mengatakan bahwa kadar hormon stres dalam otak menurun setelah melewati sesi hipnoterapi.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Jerawat Serta Pencegahannya

Selanjutnya, dilansir dari Journal of Maternal and Child Health tahun 2020 menerangkan bahwa hipnoterapi bisa mereset ulang otak secara alam bawah sadar supaya melihat suatu hal dari sisi yang lebih positif. Terbukti, rasa cemas para ibu hamil yang akan menjalani operasi sesar dalam penelitian itu makin membaik setelah mengikuti  hipnoterapi.

Mengatasi Depresi

Depresi timbul dari stres yang menumpuk dan individu tidak mampu mengembalikan pikirannya pada kondisi seimbang. Hipnoterapi juga bisa digunakan pada orang yang depresi dimana tingkat stres dalam dirinya begitu besar dan menunjukkan gejala menyimpang.

Hipnoterapi mampu membuat klien lebih tenang, rileks dan membantu memberikan sugesti yang baik agar mampu diingat oleh klien. Dengan begitu klien bisa menjadi lebih baik dan mengalami perbaikan kondisi.

Manfaat Hipnoterapi untuk Sistem Imun

Kekebalan tubuh sangat berhubungan dengan tingkat stres pada tubuh. Hipnoterapi mampu membuat tubuh rileks dan jauh dari stres sehingga memicu tubuh untuk memproduksi sistem imun atau kekebalan tubuh lebih kuat lagi. Hipnoterapi mampu meningkatkan jumlah sel T dan B menurut penelitian dari Ruyylasmith, et al 1995.

Menanggulangi Stres Pasca Trauma

Rasa cemas juga dapat timbul setelah mengalami peristiwa yang traumatis (misalnya pada korban bencana alam, pemerkosaan atau setelah kecelakaan). Bahkan, seseorang dengan stres pasca trauma bisa mengalami beberapa kali mimpi buruk atau kilas balik yang mengingatkan dirinya pada peristiwa mengerikan tersebut.

Hipnoterapi dapat menjadi salah satu solusi untuk meredakan rasa takut pasca trauma. Sebuah laporan dalam Indonesian Journal of Nursing and Midwifery tahun 2019 menjelaskan jika hipnoterapi membuat pikiran menjadi rileks, sehingga seseorang dapat lebih terbuka menerima sugesti positif.

Baca juga:  Sering Memakai Sepatu Hak Tinggi? Kenali 7 Bahaya dan Cara Mengatasinya

Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan usus besar yang ditandai dengan nyeri perut, kembung, diare atau konstipasi berulang.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa hipnoterapi mampu mengurangi IBS dan meringankan gejalanya seperti sakit perut. Meskipun belum banyak digunakan, namun National Institute for Health and Care Excellence (NICE) di Inggris mengemukakan hal tersebut dan mengakui hipnoterapi sebagai salah satu terapi alternatif untuk penderita IBS.

Perilaku Obsesif Kompulsif

Perilaku obsesif kompulsif merupakan gangguan atau kelainan psikologis pada seseorang yang memiliki pikiran obsesif terhadap sesuatu dan berperilaku kompulsif atau berulang ulang. Misalnya seperti orang yang takut akan kuman dan seringkali mencuci tangannya berulang ulang.

Meskipun sudah mencuci tangan berulang, perasaan takut terhadap kuman masih belum hilang. Hipnoterapi mampu merubah persepsi klien sehingga mengurangi gangguan obsesif kompulsif bahkan menghentikannya atau menyembuhkannya.

Manfaat Hipnoterapi untuk Meredakan Nyeri Kronis

Nyeri merupakan sinyal tubuh yang menandakan telah terjadi kerusakan jaringan. Nyeri yang berlangsung lama dapat disebabkan beberapa hal, seperti tumor, saraf terjepit, nyeri pascaoperasi dan kekakuan otot (fibromialgia). Sebagian nyeri masih dirasakan mengganggu meskipun sudah mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri. Oleh sebab itu, hipnoterapi dapat digunakan sebagai terapi tambahan pada kasus-kasus tersebut.

Mengutip telaah literatur yang dipublikasikan Sage Journal tahun 2020, hipnoterapi dapat mengatur bagian otak yang memproses rasa nyeri, sehingga sensasi nyeri yang terasa menjadi lebih ringan.

Hipnoterapi terbukti menjadi terapi pilihan utama untuk nyeri yang tidak kunjung membaik dengan pemberian obat. Karena tidak memiliki efek samping yang berat, hipnoterapi ini diharapkan dapat mengurangi jumlah pemakaian obat-obatan pereda nyeri yang keras (seperti morfin).

Baca juga:  Resmi! Kota Bandung Kini Punya Lima Kampung Toleransi

Gangguan Emosi dan Psikiatri

Pada orang dengan gangguan psikiatri pasti mengalami gangguan emosi juga. Emosi cenderung tidak bisa di kontrol dan sering mengamuk. Hipnoterapi mampu mengurangi gejala tersebut dan membuat klien lebih tenang.

Mengatasi Gangguan Tidur

Teknik rileksasi yang menjadi dasar dari hipnoterapi ini juga mampu digunakan pada orang-orang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia. Setelah melakukan terapi, tubuh dan pikiran akan lebih rileks dan istirahat bisa maksimal. Tidur bisa lebih cepat dan tidur pun berkualitas.

Mengatasi Kelainan Kulit

Menurut Shenefelt, 2000, Ewin 2006 dan lainnnya hipnosis membantu mengurangi atau menyembuhkan beragam masalah kulit baik itu dikarenakan alergi atau gangguan dermatitis lainnya. Gangguan pada kulit juga seringkali membuat klien tidak percaya diri. Hipnoterapi mampu mengembalikan tingkat percaya diri klien tersebut.

Manfaat Hipnoterapi untuk Menghilangkan Fobia

Fobia adalah ketakutan berlebih pada suatu objek yang dipicu pemahaman atau imajinasi buruk mengenai objek tersebut. Penyembuhan fobia ini tergolong cukup sulit, bahkan perlu waktu yang lama. Salah satu cara untuk mengatasi fobia adalah melakukan hipnoterapi. Manfaat hipnoterapi membantu mengubah persepsi buruk terhadap situasi atau objek yang dianggap buruk menjadi lebih baik.

Bagaimana, tertarik mencoba hipnoterapi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *