Tips: Obat Anak yang Wajib Ada di Rumah

porosmedia.com, Tips – Para orangtua yang mempunyai anak kecil, kerap mengalami rasa cemas saat anak sakit atau bahkan mengalami cedera saat bermain.

Untuk itu kita perlu menyediakan obat-obatan sebagai pertolongan pertama saat anak mengalami cedera maupun mendadak sakit.

“Sedia payung sebelum hujan” mungkin istilah ini terdengar pas. Orang tua wajib secara rutin melakukan cek dan ricek pada isi kotak obat secara berkala. Pastikan obat-obatan tersebut masih jauh masa kadaluwarsanya.

Ketika kita rutin melakukan pengecekan pastinya kita akan merasakan manfaatnya, bahkan dapat mengurangi perasaan cemas ketika anak mendadak cedera atau sakit.

Yuk kita simak , apa aja sih yang wajib ada di kotak obat kita. 

 

1. Paracetamol/ibuprofen

Ini nih senjata andalan ibuibu jika anak mendadak demam atau sakit gigi. Paracetamol / ibu profen berfungsi untuk penurun demam dan pereda nyeri. Selalu pastikan bahwa Paracetamol/ibuprofen ini memang di khususkan buat anak-anak ya. Jangan lupa untuk selalu membaca aturan pakainya.

 

2. Obat luka

Baca juga:  Harga iPhone 12 Series Januari 2022 Mengalami Penurunan?

Pada masa tumbuh kembangnya Anak-anak sangat penasaran untuk mencoba hal baru, berlari, melompat, bermain hingga  seringkali terjatuh bahkan sampai lebam atau terluka. Selalu sediakan obat luka di dalam kotak P3K seperti cairan maupun spray antiseptik, plester, dan salep khusus untuk lebam.

Sehingga ketika anak anak tiba tiba terluka, anda tak perlu panik.

 

3. Krim untuk gatal/ruam

Anak-anak terutama balita rentan terhadap gatal, apalagi balita yang masih menggunakan diapers.  Biasanya anak akan sangat rewel ketika mengalami ruam dan gatal pada kulit. Selalu sediakan krim/salep untuk mengatasi masalah kulit pada anak, atau sabun khusus untuk masalah kulit, seperti lactacyd baby.

 

4. Minyak kayu putih

Terkena angin, flu, udara dingin , minyak kayu putih bisa menjadi solusi untuk membuat badan anak hangat, mengatasi kedinginan atau masuk angin. Minyak -minyak esensial begini sekarang banyak jenis nya. Tinggal di pilih aja mana yang cocok dan tidak menimbulkan alergi bagi buah hati anda.

 

5. Madu murni

Baca juga:  Padepokan Garuda Sabuk Hitam Indonesia (GASAHI)

Sebenarnya ini bukan tergolong obat medis ya, tapi Madu dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan cukup ampuh untuk mengobati panas dalam ataupun sariawan.

 

6. Obat/Salep tetes mata

Beberapa bayi dan balita kerap mengalami iritasi pada mata, misalnya terkena debu, atau sehabis berenang. Sebaiknya sediakan selalu salep mata khusus buat anak. Jika mata anak tergolong sensitif, konsultasikan dengan dokter obat mata apa yang cocok untuk anak anda.

 

7. Termometer digital

Badan anak tiba-tiba demam, tak cukup dengan sentuhan tangan pada dahi. Sediakan termometer digital , cukup akurat untuk mengukur suhu tubuh saat demam.

Tambahkan juga obat-obatan lain sesuai kondisi kesehatan anak anda. Jangan lupa berkonsultasi pada dokter jika sakit berlanjut.

Isi kotak obat ini, cukup membantu bagi para orang tua, ketika mendadak anak mengalami sakit atau terluka.

 

Yuk, cek-cek lagi isi kotak obat kita, apakah obat-obatannya masih aman, atau sudah habis masa kadaluarsanya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *