Bergabung Sebagai Kontributor

Porosmedia.com membuka kesempatan kepada masyarakat umum untuk menjadi kontributor/penulis di Media Online Porosmedia.com. Bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri setelah menyetujui syarat dan ketentun di bawah ini.

Status Kontributor

  1. Kontributor harus membaca Syarat dan Ketentuan Umum ini dengan seksama.
  2. Kontributor telah setuju dengan Syarat dan Ketentuan Umum ini.
  3. Saat melakukan pendaftaran, kontributor wajib mengisi/melengkapi semua kolom yang tersedia dengan informasi sebenarnya.
  4. Kontributor tunduk kepada aturan penulisan yang berlaku di portal Porosmedia.com

Aturan Penulisan Artikel

  1. Konten yang akan ditulis dan ditayangkan di Poros Media harus sesuai dan tidak bertentangan dengan kesusilaan, ketertiban umum, dan undang-undang yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
  2. Tulisan yang dibuat harus karya orisinal, bukan hasil plagiasi/copy-paste tulisan orang lain.
  3. Persentase keunikan tulisan setidaknya diatas 70%. Artinya, persentase plagiat harus di bawah 30%.
  4. Tulisan harus berbahasa Indonesia.
  5. Tulisan tidak boleh dari hasil terjemahan yang mengambil referensi dari media luar negeri. Jika mengambil referensi dari media luar, maka tulisan harus gampang dimengerti (human friendly) dan tidak berbelit-belit seperti halnya hasil terjemahan Google Translate. Wajib diterjemahkan ke bahasa Indonesia dengan penulisan yang baik dan benar.
  6. Tulisan yang dibuat belum pernah dimuat di media online lain.
  7. Tulisan yang dibuat kontributor berupa artikel opini, esay, dan informasi lainnya sesuai dengan Rubrik yang tersedia di Porosmedia.com.
  8. Artikel yang ditulis minimal 300 kata.
  9. Tidak mengandung kata yang disingkat seperti: yang = yg, lain-lain = lain2, dan lain-lain = dll, dan lain sebagainya = dsb, dan lain sebagainya.
  10. Hindari typo dan gunakan tanda baca yang benar.
  11. Atribut pendukung tulisan berupa foto, video dan audio merupakan milik sendiri atau di dapat dari internet dengan tetap memerhatikan hak cipta orang lain, memerhatikan kualitas atribut serta mencantumkan sumber atribut tersebut.
  12. Tim Redaksi berhak menyunting tulisan termasuk foto, video dan audio yang dibuat/dikirim oleh kontributor tanpa mengurangi substansi sebelum ditayangkan di portal Porosmedia.com.
  13. Kontributor sepenuhnya bertanggungjawab terhadap isi tulisan yang dibuat.
  14. Tulisan tidak boleh mengandung unsur-unsur yang melanggar hukum, SARA, HOAX, Pornografi, Perjudian, merendahkan kelompok tertentu atau menebar kebencian dan prasangka buruk.
  15. Porosmedia.com tidak bertanggung jawab terhadap semua materi tulisan yang dikirim kontributor, apabila dikemudian hari ditemukan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual. Tanggung jawab diberikan sepenuhnya kepada para kontributor.

Penghapusan Akun dan Penolakan Tulisan

  1. Tim Redaksi berhak menolak atau tidak mempublikasi tulisan yang dibuat oleh kontributor jika tidak memenuhi aturan penulisan.
  2. Apabila dalam waktu 7 (tujuh) hari setelah pengiriman tulisan belum ada kabar mengenai tulisan Anda, kemungkinan besar tulisan Anda ditolak atau ditangguhkan.
  3. Tim Redaksi berhak menghapus akun kontributor jika terbukti menyalahi syarat dan ketentuan serta aturan yang berlaku.
  4. Tim Redaksi berhak menghapus akun kontributor jika dalam waktu 3 bulan, tidak pernah mengirim satu pun artikel.
  5. Tim Redaksi juga berhak menghapus akun kontributor apabila tidak aktif selama 6 bulan setelah artikel terakhir dikirim.
  6. Kontributor sepenuhnya bertanggungjawab atas penggunaan akunnya.

Honorarium

  1. Honorarium merupakan terobosan baru untuk meningkatkan minat menulis dan berkarya secara digital.
  2. Setiap kontributor yang tulisannya dimuat di portal Porosmedia.com, berhak menerima imbalan/honorarium yang otomatis dikalkulasikan oleh sistem berdasarkan kualitas dan jumlah kata tulisan.
  3. Honorarium akan dicairkan antara tanggal 10 s/d 15 setiap bulannya, di hari kerja Senin s/d Jumat mengikuti hari kerja Bank.
  4. Minimal pencairan honorarium adalah Rp200.000,-
  5. Pencairan honorarium akan dipotong biaya admin antar bank, jika rekening pencairan selain Bank BCA.
  6. Apabila tulisan milik kontributor yang dimuat di portal Porosmedia.com mencapai 1000 (seribu) kali dilihat/dikunjungi pembaca dalam waktu 1 (satu) minggu, maka kontributor tersebut berhak mendapatkan bonus sebesar Rp50.000,-
  7. Kontributor dapat memonitor honorarium nya pada menu Post Pay Counter.
  8. Apabila akun kontributor dihapus sebagaimana yang tertuang pada “Penghapusan Akun dan Penolakan Tulisan” poin ke-5, maka honorariumnya dianggap hangus jika baru terkumpul di bawah Rp100.000,-
    Jika honorariumnya di atas Rp100.000,- maka akan tetap kami cairkan.

Perubahan Syarat dan Ketentuan Umum

Segala informasi terkait Syarat dan Ketentuan Umum kontributor, dapat berubah tanpa pemberitahuan. Kontributor dapat melakukan pengecekan secara berkala pada halaman ini.

Syarat dan Ketentuan Umum ini dibuat pada 03 Januari 2022 dan berlaku mulai pada hari tersebut.

Dengan mengklik tombol di bawah, Saya telah membaca, mengerti, memahami sepenuhnya dan menyetujui syarat dan ketentuan diatas.

Terakhir diperbarui pada Senin, 13 September 2022