Syarat Dalam Memenuhi Pelaksanaan Shalat

Syarat Dalam Memenuhi Pelaksanaan Shalat
Foto via: Grid ID

Porosmedia.com – Shalat dapat diartikan sebagai bentuk keimanan yang Allah SWT terangkan sebagai perintah yang harus dilakukan oleh umatnya. Hal ini diterangkan dalam surat Al-Baqarah ayat 3 yang artinya:

yaitu mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan shalat, dan menginfakan sebagai rezeki yang kami berikan kepada mereka.“ (Q.S Al-Baqarah:3).

Syarat Memenuhi Pelaksanaan Shalat

Adapun diantaranya dalam memenuhi syarat pelaksanaan shalat, yaitu:

Memenuhi Pelaksanaan Shalat Dalam Keadaan Suci

Keadaan suci dalam hal ini yaitu baik dalam diri yang maksudnya sehat akal dan pikiran. Selain itu, pakaian yang terhindar dari najis atau hadas. Hal ini sesuai dengan Q.S. An-Nisa:2 yang artinya:

Hai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati shalat ketika keadaan mabuk, hingga kamu sadar, dan jangan pula (kamu mendekati masjid) dalam keadaan junub kecuali jika hanya melintasi masjid, apabila kamu sedang sakit atau dalam perjalanan setelah buang air atau telah menyentuh perempuan sedangkan kamu tidak mendapatkan air maka bertayamumlah….”( Q.S An-Nisa:20).

Masuknya Waktu Shalat

Dalam hal ini waktu shalat menjadi penanda bagi kaum muslim untuk dapat melaksakan ibadah. Hal ini sesuai dengan Q.S Al-Baqarah:238 yang artinya:

Baca juga:  Menjamurnya Nikah Beda Agama, Buah dari Liberalisme

“Peliharalah sama shalat (fardu) dan shalat wusta dan laksanakanlah shalat karena Allah dengan khusyuk.” (Q.S Al-Baqarah:238)

Menghadap Kiblat

Kiblat merupakan arah atau tujuan bagi setiap muslim untuk melakukan ibadah. Hal ini sesuai dengan Q.S Al-Baqarah:144 yang artinya:

“Sungguh kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjid al-haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya.”(Q.S Al-baqarah:144)

Menutup Aurat

Wajib nya menutup aurat bagi setiap muslim terutama dalam melaksanakan shalat, hal ini dilakukan sebagai bentuk keindahan. Hal ini sesuai dengan Q.S Al-Ahzab:59 yang artinya :

“Wanita muslimah,baik yang susah baik agamanya maupun belum,diwajibkan untuuk memakai jilbab secara syar’i, yaitu jilbab yang menjalur menutupi seluru tubuh mereka, dengan agar terhindar dari tindak tanduk kejahatan terutama pelecehan.”(Q.S Al-Ahzab:59)

Melaksanakan Dengan Tertib

Salah satu tertibnya dalam shalat menjadi bagian penting karena tertibnya melaksanakan shalat merupakan bagian dari kesempurnaan shalat. Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwatkan oleh Imam Ahmad yang berbunyi :

Baca juga:  Cara Mengajarkan Anak Tentang Sejarah Peradaban Islam

“Seutama utamanya amal adalah adalah shalat pada waktunya, dan berbakti pada orang tua, dan juga berjihad.” 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *