Ragam  

Inilah Tanggapan Pers Dimata Masyarakat Jabar

Jajat Sudrajat
net

Porosmedia.com – Hari Pers Nasional yang selalu diperingati tanggal 9 Februari selalu memberikan kesan mendalam bagi insan pers. kebebasan Pers dan Perlindungan Pers di tulis dalam Undang- undang Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999.

Substansi Pers dari awal sampai sekarang beragam penilaiannya. Adanya campur tangan ‘penguasa’ dari pemerintah, kepentingan pengusaha dan para penikmat kekuasaan. Bahkan pers terkadang pincang dalam menyuarakan kebenaran bahkan lebih dahsyatnya pers dibungkam tidak boleh menyuarakan apapun.

Kini salah satu perhimpunan Aliansi Jurnalis Indonesia menunjukkan kasus kekerasan terhadap jurnalis mencapai 87 kasus pada tahun 2023. Terkait keselamatan, kebebasan, karya dan produk pers inilah tanggapan dari beberapa masyarakat terhadap Pers.

 

Hanny Anandya Saraswaty

Media yang di dalamnya ada profesi jurnalis harus bisa menyampaikan segala peristiwa untuk diberitakan secara benar dan dipertanggung jawabakan kepada masyarakat.

Tentunya Masyarakat berhak menerima informasi dengan valid tentang segala aspek sosial, politik, pendidikan, ekonomi dan pemerintahan. Hentikan informasi hoax dan yang menyudutkan. Media dan Jurnalis harus memberikan wawasan dan informasi mendidik.

 

H Ir Deden Hidayat. Ketua Umum Rumah Bersama rakyat Jabar

Peran media juga sangat penting dalam mewujudkan semangat persatuan di tengah kondisi politik yang terjadi.

“Berkaca pada pengalaman sebelumnya di mana peran media sangat vital dalam menciptakan suasana pemilu yang kondusif dan mengajak masyarakat menjaga hubungan sosial yang harmonis”.

Di fenomena pemilu. seluruh awak media Indonesia untuk sama-sama menyukseskan
melalui pemberitaan yang positif dan kredibel.

Baca juga:  Google Doodle Hari Ini: Profil Siti Latifah Herawati Diah

 

Adv. Herdiawan Yuda Praja, S.T., S.H.

Fungsi Pers adalah sebagai penyampai informasi, media pendidikan, penyaji hiburan, dan fungsi control.

Atas hal tersebut keberadaan Pers dalam pembangunan perlu ditingkatkan.
Sehingga terwujudnya Pers yang sehat, Pers yang bebas dan bertanggungjawab, yaitu pers yang dapat menjalankan fungsinya sebagai penyebar informasi yang obyektif dan edukatif, berani melakukan kontrol sosial yang konstruktif, menyalurkan aspirasi rakyat dan memperluas komunikasi dan partisipasi masyarakat.

Pers merupakan pilar demokrasi keempat setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif, pers sebagai kontrol atas ketiga pilar itu dan melandasi kinerjanya dengan check and balance. untuk dapat melakukan peranannya perlu dijunjung kebebasan pers dalam menyampaikan informasi publik secara jujur dan berimbang. Kedua kebebasan Pers bukan mutlak untuk pers semata, melainkan untuk menjamin hak-hak masyarakat untuk memperoleh informasi.

Pers Memiliki peranan penting dalam penegakan hukum, dengan memberikan realitas dan obyektivitas hukum yang terjadi di masyarakat, agar semua praktisi hukum senantiasa mendapatkan kontrol sosial dari segenap Masyarakat.

Mengingat begitu strategisnya peranan Pers, maka Insan Pers harus Sejahtera untuk itu negara perlu segera hadir untuk memenuhi kebutuhan dasar pekerja Pers.

Selamat hari Pers Nasional 2024, semoga Pers Indonesia makin professional dan Berjaya.

 

Budi Sopian SP.d Caleg dari Partai Garuda

Pers merupakan garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI. dimulai kemerdekaan Indonesia hingga saat ini selalu menjadi pengawal aspirasi masyarakat dan sosialisasi pemerintah. Melalui Pers semua informasi dan berita bisa tersampaikan dengan cepat ke halayak umum sehingga masyarakat bisa mengetahui seluruh informasi dan berita dengan akurat, tajam dan terpercaya.
Para insan pers yang tak mengenal lelah demi kemajuan bangsa adalah pejuang tangguh yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi menjaga NKRI

Baca juga:  Ateng Temukan Mortir Aktif, Polisi Lakukan Penyelidikan

Para insan pers lokal, regional serta nasional harus bisa bersaing di kancah Pers Internasional.

 

Jajang Nurjaman

Mendirikan Media di negeri ini dengan nama Porosmedia.com adalah sebagian kecil ikut serta dalam memberikan informasi yang layak bagi masyarakat. Industri media di tengah fenomena teknologi yang semakin maju harus bisa menayangkan posisi kebenaran dengan penuh rasa tanggung jawab dikeramaian aplikasi media sosial dikonsumsi masyarakat.

Keteguhan kami bahwa karya Jurnalistik sampai sekarang perlu dihargai dan dipercaya masyarakat. Kalaupun masyarakat sekarang lebih mudah menjadi seorang jurnalis dadakan lewat beragam aplikasi yang mudah untuk merekam, memfoto, bedanya akurasi informasinya belum tentu sepenuhnya mendekati kebenaran.

Jadi karya Jurnalistik tetap mendapatkan penilaian darn ditunggu masyarakat. Bahkan karya dilindungi undang-undang. Itulah yang membedakan marwah perjuangan seorang jurnalis yang selalu berimbang menyajikan informasinya.

 

Dwi Mukti Wibowo, SH. , MH

Perjalanan Pers di negeri ini dengan permasalahannya begitu kompleks. pers atau profesi Jurnalis harus bisa memberikan edukasi yang baik terhadap masyarakat. berikan pandangan-pandangan pengetahuan lewat karya tulisan dari Pers atau karya-karya media yang ada manfaatnya.

Baca juga:  Pastikan Pemilu Aman dan Kondusif, Danrem 132/Tdl Bersama Forkopimda Provinsi Sulteng Tinjau TPS Pemilu 2024

kepintaran masyarakt saat ini begitu beragam. hampir semua usia produktif menanggapi hal-hal yang didapatkannya lewat tekhnologi atau alat bantu komunikasi. dari situ, Pers harus bisa memberikan batasan edukasi yang mencerahkan bahkan menggiring kepada kebenaran.

selain itu. peran Pers harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang saat ini sedang menginginkan pengertahuan terhadap pemulihan ekonominya. efeknya nanti dengan karya Pers atau produknya dapat membentuk sikap kemandirian masyarakat yang bisa mempengaruhi  kehidupannya.

 

 Charlly Lolo

peran Pers terhadap perempuan dan anak-anak begitu besar pengaruhmya. lewat Pers, perempuan bisa tahu tentang hak-haknya yang didapatkan. begitu juga perlindungan, kebutuhan derajatnya di lingkungan. Perempuan identik dengan kesehatan dan anak. karena itu, berdampingan dengan Pers sangat berpengaruh besar.

hak layak bagi anakpun informasi didapatkan dari Pers atau karya Jurnalis. orang tua terbuka matanya tentang informasi bagi kemajuan anaknya, itu semua Pers yang menyajikan dan menyiarkan seluas-luasnya