Berkat iPhone 13, Apple Geser Samsung dan Jadi Raja Ponsel Dunia

apple geser samsung

Porosmedia.com Apple berhasil geser kedudukan Samsung dan menjadi raja ponsel dunia yang paling laris. Berkat iPhone 13, vendor ini menempati posisi teratas pada kuartal IV 2021. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Samsung menempati posisi teratas pada kuartal III 2021.

Menurut informasi yang kami dapatkan, Apple meraih market share sebesar 22% pada Quartal keempat 2021. Jika kita bandingkan pada periode yang lalu ini mengalami penurunan 1%.

Sementara vendor Samsung mengalami penurunan 3% dibandingkan dengan periode tahun lalu. Market share sebesar 20%, sehingga Samsung kalah hanya sekitar 2% dengan Apple.

Kenaikan performa Apple tidak hanya karena iPhone 13 series yang laris manis. Namun ada faktor lain seperti penjualan iPhone yang lebih baik di China daratan.

Berdasarkan riset seorang Canalys, Sanyam Chaurasia, bahwa bisnis Apple ini lebih baik berkat kesuksesan iPhone 13 Series di pasar global. Periset ini mengatakan :

“Berkat iPhone 13 sukses terutama di pasar China, akhirnya Apple geser Samsung di peringkat teratas. Seperti yang kita tahu bersama setelah tiga kuartal berturut-turut kini menjadi raja ponsel dunia”.

Baca juga:  Spesifikasi dan Harga Asus ROG Phone 6 Terbaru 2022

Selain itu, VP Mobility Canalys juga angkat bisa dan mengatakan bahwa gangguan rantai pasokan komponen paling mempengaruhi vendor smartphone yang fokus di segmen kelas bawah.

Para produsen komponen smartphone sendiri sedang mengupayakan dalam menambah jumlah produksi. Tetapi ini membutuhkan waktu yang cukup lama, bisa bertahun-tahun bagi pabrikan chip untuk meningkatkan kapasitas secara signifikan.

Posisi Apple dan Samsung diikuti jejaknya oleh vendor lainnya seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo yang melengkapi daftar lima teratas secara global pada kuartal empat 2021.

Pada setiap merek mempunyai pangsa pasar 12% persen untuk Xiaomi, 9% untuk Oppo dan 8% untuk Vivo di kuartal IV 2021.

Sementara di kuartal IV 2020 Xiaomi memiliki pangsa pasar 12% , Oppo 10%, dan Vivo 9%.

Dari presentase diatas kita bakal melihat perbedaan yang cukup signifikan. Meskipun hanya terpaut 1-2 persen saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *