Arti Nama Allah Al-Haqq dan Dalilnya di Al-Quran

Al-Ḥaqq

Poros Media – Al-Ḥaqq adalah nama dan sifat Allah yang berarti Yang Benar. Ini mengacu pada Allah sebagai Yang Benar dan kenyataan yang harus selalu kita tundukkan. Bimbingan-Nya adalah petunjuk terbaik yang penuh kebenaran untuk jalan kita menuju kesuksesan.

“Ḥaqq” adalah kata Arab yang mengacu pada keyakinan akan keberadaan sesuatu, dan itu sesuai dengan kenyataan. Merujuk kepada Allah, nama “al-Ḥaqq” menunjuk pada esensi Allah sebagai model kebenaran, yang keberadaannya kita yakini dan bahwa ini sesuai dengan kenyataan.

Nama Allah ini telah digunakan berkali-kali dalam Al-Qur’an. Di bawah ini adalah beberapa contoh:

“Tinggi di atas segalanya adalah Allah, Raja Sejati! Tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan Arsy yang Mulia.” (Qur’an 23:116)

“Kemudian mereka semua akan dikembalikan kepada Allah, Guru Sejati mereka. Tidak diragukan lagi, milik-Nyalah keputusan, dan Dialah yang paling cepat perhitungannya.” (Qur’an 6:62)

“Yang demikian itu karena sesungguhnya Allah Maha Benar , dan karena sesungguhnya Dia menghidupkan orang mati, dan karena sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (Qur’an 22:6)

Baca juga:  Tak Disangka! 10 Hal Ini Bisa Merusak Ginjal

Ayat-ayat di atas menggunakan nama “al-Ḥaqq” karena Allah menggambarkan Dia sebagai “Raja Sejati”, “Tuan Sejati” dan “Kebenaran”, memberikan pemahaman kepada umat manusia tentang pentingnya nama Allah ini dan betapa dalamnya terhubung dengan-Nya.

Nama Allah ini juga telah digunakan dalam hadits:

“Ketika Nabi Muhammad bangun di malam hari untuk shalat, dia akan berdoa dengan kata-kata berikut:
أَنْتَ الحَقُّ، وَوَعْدُكَ الحَقُّ، وَقَوْلُكَ الحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ، وَالجَنَّةُ حَقٌّ ۔۔۔”

Antal-ḥaq wa wa’dukal-ḥaq, wa liqā’uka aq, wa qualuka ḥaq, wal-jannatu aq wan-nāru aq…

Lanjut halaman berikutnya >>>