10 Manfaat Mengejutkan Daun Jambu Biji untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan Secara Keseluruhan

10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan Secara Keseluruhan

Porosmedia.com – Banyak dari kita yang tidak tahu tentang manfaat buah jambu biji tetapi kita tidak menyadari fakta bahwa daun buah ini memiliki beberapa khasiat obat & menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Daun jambu biji segar mengandung antioksidan, sifat antibakteri & anti-inflamasi dan tanin yang bermanfaat, dan karenanya dianggap sebagai pereda nyeri alami. Bahan kimia dalam daun jambu biji seperti karotenoid, polifenol, flavonoid & tanin bisa sangat efektif dalam mengobati berbagai penyakit.

Berikut Manfaat Daun Jambu Biji, Lihatlah Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa dari Daun Jambu Biji :

1. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Menurut penelitian, jika Anda minum teh daun jambu biji selama tiga bulan maka dapat menyebabkan penurunan LDL / kolesterol jahat & trigliserida tanpa efek buruk pada kolesterol baik. Juga daun jambu biji adalah tonik yang bagus untuk hati.

 2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun jambu biji membantu menurunkan berat badan dengan mencegah pati kompleks diubah menjadi gula. Untuk ini, karbohidrat harus dipecah di hati untuk digunakan oleh tubuh & daun jambu biji akan mencegah transisi karbohidrat menjadi senyawa yang dapat digunakan.

Baca juga:  Manfaat Hipnoterapi Sebagai Kesehatan Mental

3. Mengobati Diare & Disentri

Daun jambu biji adalah obat herbal untuk disentri & diare. Untuk mengobati diare, Anda harus merebus 30 gram daun jambu biji dengan segenggam tepung beras dalam satu gelas air dan meminum larutan ini dua kali sehari. Untuk disentri, cukup potong akar & daun tanaman jambu biji & rebus selama 15 menit pada suhu 90 derajat Celcius. Saring airnya & minum secukupnya.

4. Baik untuk Penderita Diabetes

Sesuai penelitian yang dilakukan oleh Yakult Central Institute, Jepang, teh yang terbuat dari daun jambu biji dapat secara efektif menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes dengan cara menurunkan aktivitas enzim alpha-glucosidease. Selain itu, mencegah penyerapan sukrosa & maltosa oleh tubuh, sehingga menurunkan kadar gula darah. Jika Anda minum teh daun jambu biji selama 10-12 minggu maka akan menurunkan kadar gula darah tanpa meningkatkan produksi insulin.

5. Manfaat Daun Jambu Biji untuk Membantu Pencernaan

Teh daun jambu biji membantu dalam pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan. Agen antibakteri yang kuat membunuh bakteri di lapisan usus & menghentikan proliferasi enzim beracun oleh bakteri. Daun jambu biji terutama berguna dalam kasus keracunan makanan dan menenangkan, muntah & mual. Untuk meredakan sakit perut, cukup rebus 6-7 lembar daun jambu biji dalam 1,5 liter air & minum dua atau tiga kali sehari.

Baca juga:  10 Cara Memutihkan Selangkangan Dengan Bahan Alami dan Sederhana

6. Bermanfaat dalam Demam Berdarah

Daun jambu biji sangat membantu dalam menyembuhkan penyakit demam berdarah. Ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah dan sama sekali tidak beracun. Rebus 8-9 lembar daun jambu biji dalam 5 gelas air hingga menjadi setengahnya. Kemudian saring dan dinginkan. Berikan secangkir ramuan ini kepada pasien demam berdarah tiga kali sehari.

7. Mengobati Jerawat & Flek Hitam

Daun jambu biji sangat bermanfaat bagi penderita jerawat dan masalah flek hitam. Ini secara efektif menghilangkan jerawat dan bintik-bintik hitam dari kulit. Daun jambu biji mengandung antiseptik yang membunuh bakteri penyebab jerawat. Yang perlu Anda lakukan adalah menumbuk atau menggiling beberapa daun jambu biji dan menerapkannya pada jerawat dan bintik hitam Anda. Lakukan ini selama beberapa hari.

8. Daun Jambu Biji Sebagai Anti Penuaan

Daun jambu biji memiliki antioksidan yang menghancurkan radikal bebas, yang biasanya merusak kulit. Dengan cara ini melindungi kulit Anda dari penuaan dan juga meningkatkan warna & tekstur kulit. Rebusan daun jambu biji dewasa dapat dioleskan pada kulit untuk mengencangkannya.

Baca juga:  Karena Hambat Distribusi Vaksin Baru, Kemenkes Bakal Musnahkan Jutaan Vaksin Covid-19 Kedaluarsa

9. Daun Jambu Biji untuk Rambut

Daun jambu biji sangat kaya akan nutrisi serta antioksidan, sehingga membantu dalam meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Jika Anda mengoleskan daun jambu biji pada rambut Anda, itu akan membuatnya lembut dan berkilau dan juga meningkatkan volumenya.

10. Meningkatkan Produksi Sperma

Percaya atau tidak, daun jambu biji dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas sperma. Kandungan antioksidan dan asam folat tersebut terbukti mengatasi infertilitas serta kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *