Berita  

Sertijab 11 Kapolres, Kapolda NTT: Beri Warna Baru dan Terobosan Kreatif dalam Harkamtibmas

Sertijab 11 Kapolres, Kapolda NTT: Beri Warna Baru dan Terobosan Kreatif dalam Harkamtibmas

Porosmedia.comMutasi dan serah terima jabatan (Sertijab) merupakan suatu proses yang biasa dalam dinamika organisasi guna pembinaan sumber daya manusia, regenerasi berdasarkan penilaian, evaluasi dan assessment secara sistemik yang komprehensif, dengan tetap mempertimbangkan aspek profesionalitas, komitmen serta integritas.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H. saat memimpin upacara sertijab sebelas (11) Kapolres jajaran Polda NTT di Mapolda NTT, Rabu (09/02/2022).

11 Kapolres yang dilakukan serah terima jabatan hari ini diantaranya Kapolres Ende, Kapolres Kupang, Kapolres Sumba Timur, Kapolres Flotim, Kapolres Nagekeo, Kapolres Alor, Kapolres TTS, Kapolres Sumba Barat, Kapolres Manggarai Timur, Kapolres TTU dan Kapolres Sikka Polda NTT.

“Ini merupakan bentuk kepercayaan pimpinan di lingkungan institusi Polri, Kapolres sebagai pimpinan Polres yang memiliki tugas memimpin, membina, mengawasi dan mengendalikan satuan-satuan fungsi atau unit di lingkungan Polres dan unsur pelaksana kewilayahan dalam jajarannya yang didukung oleh sumber daya organisasi yang ada.” ujar Kapolda NTT dalam sambutannya.

Kapolda NTT meminta agar para Kapolres harus dapat memberikan warna baru dalam pelaksanaan tugas, berupa akselerasi dengan menggunakan terobosan kreatif dalam mengelola Harkamtibmas.

“Kapolres harus mengetahui dan memahami semua permasalahan internal yang terjadi di kesatuan, serta memahami berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat seperti tantangan tugas Polri penanganan pandemi covid-19, konvensional, transnasional dan kekayaan Negara.” tambahnya.

Baca juga:  Himpaudi Kuat Ngahiji, Pikeun Jadi Manusia Unggul Lahir Batin

Dalam kesempatan tersebut pula, jenderal bintang dua jajaran Polda Nusa Tenggara Timur ini juga mengapresiasi serta memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pejabat lama atas pelaksanaan tugas, dedikasi dan loyalitas bagi Polda NTT.

“Kepada pejabat lama, saya memberikan apresiasi penghargaan yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan tugas, dedikasi dan loyalitas saudara bagi Polda NTT. Dan kepada isteri pejabat lama, saya ucapkan terima kasih atas dukungannya dalam mendampingi suami selama melaksanakan tugas serta pengabdiannya dalam ikut mengelola organisasi Bhayangkari.” ungkap Kapolda NTT.

Sementara itu kepada Kepala pejabat baru, orang nomor satu di jajaran Polda NTT ini juga meminta agar segera kuasai tugas pokok dan fungsinya dan terus tingkatkan kinerja polri.

“Kuasai kondisi daerah, kearifan lokal, budaya, sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Terus tingkatkan kerja sama dan koordinasi dengan semua pihak. Kepada istri pejabat baru, semoga dapat mendampingi dan mendukung suami dalam melaksanakan tugas dengan baik, serta diharapkan dapat membantu mengelola organisasi Bhayangkari secara berkesinambungan.” pungkasnya.

Perlu diketahui 11 Kapolres di lingungan Polda NTT yang dimutasi ini telah tertuang dalam Lampiran Keputusan Kapolri nomor Kep/96/I/2022, tanggal 24 Januari 2022.

Baca juga:  Bertempat di SD Shabilla Kota Batam, Kapolda KEPRI Hadiri Vaksinasi Serentak Indonesia Secara Virtual

Kapolres Alor, AKBP Agustinus Christmas Tri Suryanto, SIK pindah menjadi Wadir Intelkam Polda NTT. Ia digantikan oleh AKBP Ari Satmoko, S.H.,S,I.K, M.M yang saat ini menjabat Koorspripim Polda NTT.

AKBP Albertus Andreana, S.I.K, Kapolres Ende dimutasi sebagai Wadir Reskrimum Polda NTT yang sudah lama lowong. Pengganti sebagai Kapolres Ende adalah AKBP Andre Librian, S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres TTS.

Sementara itu, AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, S.I.K. yang saat ini menjabat sebagai Kapolres Flores Timur pindah menjadi Kapolres TTS. AKBP I Gede Ngurah Joni Mahardika, S.H. S.I.K., M.H. yang saat ini menjabat Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda NTT dan Ps Dirtahti Polda NTT ditunjuk menjadi Kapolres Flores Timur.

Selanjutnya Kapolres Kupang AKBP Aldinan RJH Manurung, S.H., S.I.K. menjadi Wadir Resnarkoba Polda NTT. Ia diganti oleh AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Sumba Barat.
AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H. yang saat ini menjabat sebagai Kabag Analisis Ditintelkam Polda NTT ditunjuk menjadi Kapolres Sumba Barat.

Kapolres Sikka, AKBP Sajimin, S.I.K., M.H., pindah menjadi Kabag Dalpers Biro SDM Polda NTT. Jabatan Kapolres Sikka dipercayakan kepada AKBP Nelson Filipe Quintas, S.I.K., yang saat ini menjabat Kapolres TTU. Penggantinya adalah AKBP Moh Mukhson yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbid Paminal Bid Propam Polda NTT.

Baca juga:  Jelang Kunjungan Kerja Presiden RI, Kapolres Belu Tekankan Hal ini Kepada Personil Pengamanan

Kapolres Sumba Timur AKBP Handrio Wicaksono, S.I.K. dimutasi sebagai Kabag Faskon Biro Logistik Polda NTT. Jabatan yang ditinggalkan akan diisi oleh AKBP Fajar Widyadharma Lukman, S.I.K. yang saat ini menjabat sebagai Kabag Binopsnal Ditresnarkoba Polda NTT.

AKBP Nugroho Arie Siswanto, AMd, S.H., Kapolres Manggarai Timur dimutasi sebagai Kabagada Biro Logistik Polda NTT. Penggantinya adalah AKBP I Ketut Widiarta, S.H., S.I.K., yang saat ini menjabat sebagai Kabag Binopsnal Dit Samapta Polda NTT.

AKBP Agustinus Hendrik Fai, S.H., M.H, Kapolres Nagekeo pindah menjadi Pamen Polda NTT. Ia diganti oleh AKBP Yudha Pranata, S.I.K., S.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Binopsnal Ditreskrimum Polda NTT.

(Anton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *