Menakar Tagar untuk Robert dengan Perolehan Poin Persib

Porosmedia.com – Meski Persib Bandung saat ini berada di papan atas klasemen sementara Liga 1 2021/22, posisi pelatih Robert Alberts dipertanyakan dan menjadi perdebatan di media sosial. Tagar #ReneOut yang meminta ia mundur serta dukungan agar ia dipertahankan, #ReneStay terus bermunculan.

Tagar #ReneOut sendiri kebanyakan menganggap bahwa pelatih asal Belanda itu terlihat tak memiliki taktik atau strategi. Dua pemain baru hasil pembeliannya untuk Persib pun belum bisa memberikan bukti. Sementara tagar #ReneStay menilai Persib yang berada di peringkat ketiga klasemen sementara masih memiliki kans untuk menjadi juara dengan merebut poin dari 14 laga yang tersisa.

Terlepas dari perdebatan itu, mari kita telaah bersama perolehan poin Roberts Alberts selama menangani Persib.

Didatangkan sebagai pengganti Miljan Radovic sepekan jelang Liga 1 2019, hingga pekan ke-20 ini, Robert total telah menjalani 57 pertandingan Liga 1. Total ia sudah mengemas 100 poin di ajang Liga 1. Itu belum kesuksesannya membawa Persib meraih gelar runner up di Piala Menpora 2021.

Baca juga:  Kenali Gejala Syok Anafilaktik Reaksi Alergi Yang Bisa Menyebabkan Kematian

Namun raihan itu turut juga menghitung paruh pertama Liga 1 2019, di mana skuad Persib saat itu hasil bentukan dan belanja Miljan Radovic. Mungkin akan lebih adil jika dihitung sejak paruh kedua Liga 1 2019, tepatnya usai Robert melakukan belanja pemain dengan mendatangkan Kevin van Kippersluis, Nick Kuipers dan Omid Nazari

Jika dihitung dari putaran kedua Liga 1 2019 hingga saat ini, Robert sudah mencatatkan 40 pertandingan dengan rasio kemenangan per laga 60%. Ini diambil dari 24 kemenangan, 9 imbang dan 7 kali kekalahan yang diterima Robert.

Dari sisi produktifitas, Pangeran Biru di bawah racikannya mampu mencetak 65 gol (1,6 gol per laga). Artinya, Persib kerap memasukkan lebih dari satu gol di tiap laganya. Persib dari sisi pertahanan juga sudah kemasukan 29 gol dari 40 laga. Dengan rataan gol kemasukan 0,7 per laga, pertahanan Persib juga terhitung tangguh. Bahkan 20 cleansheet didapatkan Persib dari 40 laga bersama Robert di Liga 1.

Jika angka-angka itu dijadikan takaran untuk mengukur peluang Persib, maka rasio kemenangan lah yang akan coba kita gunakan. Dari 14 laga tersisa, Persib setidaknya akan mendapatkan 8 kali kemenangan lagi atau minimal 25 poin lagi yang harus direbut Persib untuk berada di jalur perebutan gelar. Juara? Kita lihat perolehan poin dari para pesaingnya.

Baca juga:  Pasal-pasal RKUHP Penuh dengan Style Pemerintah China Komunis

Jadi, layakkah Robert dipertahankan? Atau masihkah terbuka peluang untuk merebut juara atau ke level Asia bagi Persib musim ini?

_*Statistik di gambar (infographic) dihitung sejak putaran kedua Liga 1 tahun 2019, atau sejak Robert aktif dalam bursa transfer pemain._

Tulisan dan infographic oleh :

Arief Indra Dwisetyadi
Bobotoh yang bekerja sebagai Redaktur di media nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *