Berita  

Hasil Sidang Isbat : Puasa Mulai Minggu, 3 April 2022

Syarifah Tun Naza
Hasil Sidang Isbat : Puasa Mulai Minggu, 3 April 2022
Menteri Agama Yaqut Cholil pimpim Sidang Isbat Awal Ramadhan 1443 Hijriyah, Jumat (1/4/2022). (kemenag.go.id)

Porosmedia.com – Pemerintah telah menetapkan kapan 1 Ramadan 1443H. Melalui hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah Ormas Islam, Jumat pertang (01/04/2022), awal Ramadan jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Rapat sidang isbat ini dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Yaqut menyampaikan bahwa hasil sidang isbat 2022 ini merupakan keputusan bersama.

“Secara mufakat 1 Ramadan jatuh pada Ahad, 3 April 2022. Ini hasil sidang isbat yang disepakati bersama,” ujar Yaqut.

Kemenag juga menjelaskan, sidang ini mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi di lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Berdasarkan pantauan hilal di sejumlah daerah yakni sekitar 101 titik, Yaqut menjelaskan tidak ada satu pun yang melihat hilal. Dengan begitu, 1 Ramadan ditetapkan jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022.

Sidang isbat yang dilakukan petang tadi juga melibatkan peserta dari berbagai lembaga, seperti Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Baca juga:  Kapolda NTT Menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Polres Belu

Selain itu, sidang ini juga melibatkan perwakilan dari lembaga/Badan pemerintahan lainnnya yakni Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan sebagainya.

Dalam sidang tersebut turut diundang juga pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI. Sidang isbat untuk menentukan awal puasa Ramadan 2022 ini dilakukan dalam tiga tahap.

Tahap sidang yang pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 Hijriah berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Kemudian selanjutnya, tahap sidang isbat yang kedua yaitu rukyatul hilal (konfirmasi posisi hilal) yang dilakukan oleh Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia. Tahap ini dilakukan secara tertutup dan dilaksanakan usai shalat maghrib.

Tahap terakhir adalah pemaparan hasil sidang isbat yang diselenggarakan secara terbuka dan dilakukan secara live streaming.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *