Berita  

Hari H Pilpres Timor Leste, Polres Belu bersama TNI dan Brimob Serentak Gelar Patroli Bersama di Wilayah Tapal Batas

Hari H Pilpres Timor Leste, Polres Belu bersama TNI dan Brimob Serentak Gelar Patroli Bersama di Wilayah Tapal Batas

Porosmedia.com – Warga negara Republik Demokratik Timor Leste, (RDTL), hari ini sabtu 19 Maret 2022 menggelar pesta demokrasi memilih Presiden mereka.

Berkaitan dengan perhelatan tersebut, Kepolisian Resor Belu bersama jajaran TNI dan Brimob Kompi 3 Batalyon A Pelopor Belu bersiaga penuh guna menjamin situasi yang penuh kondusif, selama dan sesudah pelaksanaan Pilpres di negara tetangga Indonesia ini.

Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya patroli bersama di wilayah perkotaan maupun di seluruh wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, sabtu (19/3/2022).

Di wilayah kota Atambua sendiri, anggota Polres Belu bersama Satgas Pamtas Yonif 743/PSY melaksanakan patroli gabungan dengan menyisir kompleks pasar lama, pasar baru, perkantoran dan pemukiman warga.

Sementara di wilayah hukum Polsek Tasifeto Timur, aparat gabungan TNI-Polri yang bertugas di Pos perbatasan Motaain, Lookeu, dan Pos Fatubesi, dengan bersenjata lengkap dan mengantongi bendera merah putih, secara intensif melakukan patroli dengan menyusuri sepanjang perbatasan menjadi pemisah antara kedua negara (RI-Timor Leste).

Begitu juga di Pos Laktutus, Kec.Tasifeto Barat, Pos Builalu, Kec.Lamaknen dan Pos Turiskain, Kec.Raihat, aparat gabungan TNI Polri secara itensif melaksanakan patroli jalan kaki menyusuri sepanjang perbatasan guna memastikan tidak adanya gangguan kamtibmas di wilayah yang menjadi pemisah antara kedua negara.

Baca juga:  Satgas Citarum Harum Sektor 14 Respon Cepat Aduan Warga Soal Dugaan Limbah Cair Masuk ke Sungai

Kepada awak media, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K mengatakan, patroli dialogis tersebut di gelar sebagai langkah cipta kondisi dalam memberikan jaminan rasa aman serta memastikan situasi di wilayah perbatasan dalam keadaan kondusif saat dan sesudah perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Presiden Timor Leste.

Dalam melakukan patroli skala besar tersebut, Kapolres Belu menekankan seluruh jajarannya untuk tetap menjaga kewaspadaan diri dan mengedepankan pendekatan humanis kepada masyarakat.

“Hari ini masyarakat dari negara tetangga kita melaksanakan pemilihan presidennya. Tentu disini kita tetap mewaspadai berbagai potensi yang bisa muncul imbas dari pelaksanaan pemilu tersebut sehingga hari ini Kami dari kepolisian bersama rekan-rekan dari Satgas Pamtas dan Brimob melaksanakan patroli bersama, baik di kota maupun di seluruh polsubsektor yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Sasaran utama patroli ini adalah titik atau wilayah menjadi pemisah antara kedua negara”ungkap Kapolres Belu.

“Dan dari laporan yang Saya terima, sejauh ini situasi tetap kondusif. Tidak ada pergerakan masyarakat dari Kita maupun di sebelah yang hendak melintas secara ilegal. Masyarakat kita tetap melaksanakan aktivitasnya sebagaimana biasa. Begitupun situasi di Timor Leste, informasi yang Kami terima sejauh ini kondisi keamanan disana sangat kondusif, masyarakat sangat antusias menyambut pemilu tersebut”pungkas Kapolres Belu.

Baca juga:  Pererat Tali Silturahmi, Dandim 0619/Purwakarta Sambangi Tokoh Agama Pimpinan ICG

Terlepas dari hal tersebut, Kapolres Belu mengatakan, dirinya menekankan jajarannya untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dengan terus melakukan deteksi dini, serta mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga situasi kamtibmas aman dan terkendali.

“Dalam pelaksanaan patroli tadi, rekan-rekan Kita juga mengimbau masyarakat khususnya saudara-saudara kita yang Eks Timor-Timur supaya beraktivitas sebagaimana dengan tetap menjaga kamtibmas.Saya juga menekankan ke rekan-rekan Kapolsek dan Kapolsubsektor khususnya yang di perbatasan, supaya terus memonitor situasi perkembangan kamtibmas dengan rutin melaksanakan patroli dialogis”ungkap Kapolres Belu.

“Kalau sampai ada pergerakan yang dapat menjadi ancaman kamtibmas, agar segera mengambil tindakan sesuai prosedur dan laporkan segera ke Pimpinan.Tentunya disini kita juga akan terus memonitor perkembangan disana melalai Atase KBRI Polri kita disana guna memastikan situasi dan pelaksanaan pemilu disana berjalan dengan aman dan lancar”pungkas Kapolres Belu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *