8 Manfaat jus daun pepaya, ampuh turunkan gula darah!

Manfaat jus daun pepaya, ampuh turunkan gula darah!
Manfaat jus daun pepaya

Poros Media – Pepaya buah serbaguna yang kaya akan kebaikan alam secara luas dianggap sebagai ramuan kehidupan. Alam tidak hanya memberkati kita dengan buah tropis ini tetapi juga menganugerahi seluruh tanaman dengan berbagai khasiat obat. Pepaya mungkin adalah salah satu buah yang paling disukai di dunia. Buah berdaging berwarna jingga kekuningan yang banyak mengandung biji ini ternyata memiliki segudang manfaat. Tidak hanya buahnya saja, tapi jus daun pepaya juga bermanfaat.

Menurut buku Healing Foods,  senyawa alkaloid kuat seperti karpain bekerja secara efektif melawan ketombe dan kebotakan. Daun pepaya juga mengandung vitamin A, C, E, K, dan B dalam jumlah tinggi dan mineral seperti kalsium, magnesium, natrium magnesium, dan zat besi.

Omong-omong, tidak hanya buahnya  yang lembut dan memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, daunnya juga dikenal karena khasiat obatnya yang sangat manjur. Secara alami, daun pepaya digunakan untuk menyembuhkan banyak penyakit. Jusnya bekerja dengan sangat baik.

Ini adalah daftar beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari jus daun pepaya untuk Anda:

  1. Mengobati demam berdarah

Obat umum yang disarankan oleh semua pasien demam berdarah adalah jus daun pepaya. Demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes yang terinfeksi dan menularkan penyakit ke dalam darah kita.

Baca juga:  Persib Akan Menjamu Madura United, Ini Dia Faktor yang Wajib Diperhatikan Maung Bandung

Demam berdarah  sangat menurunkan jumlah trombosit darah, dan ekstrak dari daun pepaya diketahui membantu meningkatkan jumlah tersebut.

Ahli gizi yang berbasis di Bangalore, Dr. Sheela Krishnaswamy mengatakan, “Penelitian telah membuktikan bahwa jus daun pepaya berkontribusi secara signifikan dalam produksi trombosit dan meningkatkan jumlah trombosit.”

  1. Sifat Anti Malaria

Daun papaya memiliki sifat antimalaria yang kuat. Acetogenin adalah senyawa yang di temukan dalam daun pepaya, yang dapat membantu mencegah penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan malaria.

  1. Jus Daun Pepaya Baik untuk Hati

Sama seperti pepaya, jus daun pepaya juga bertindak sebagai agen pembersih ampuh untuk hati, sehingga menyembuhkan banyak penyakit hati kronis, penyakit kuning dan sirosis hati

  1. Mendukung Pencernaan

Buku Healing Food menyebutkan bagaimana “Pepaya mengandung enzim papain dan chymonpapain. Keduanya telah terbukti membantu pencernaan, mencegah sembelit  dan membersihkan usus besar”.

Enzim papain juga dapat mencegah dan membantu penyembuhan sakit maag.  Daun pepaya juga kaya akan protease dan amilase. Enzim ini membantu memecah protein, karbohidrat dan mineral membantu pencernaan.

Baca juga:  Makanan yang Wajib Dihindari Bagi Penderita Diabetes

Sifat anti-inflamasinya yang tinggi  juga mengurangi  peradangan  lambung  dan usus besar. Jusnya juga dapat menyembuhkan tukak lambung dengan membunuh bakteri H.Pylori karena sifat antimikrobanya.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Jus daun pepaya juga dapat memberikan keajaiban bagi penderita diabetes, karena jus ini dapat mengatur produksi insulin, yang pada akhirnya akan memeriksa kadar gula darah. Sifat antioksidannya yang kuat juga membantu menurunkan komplikasi akibat diabetes seperti kerusakan ginjal dan perlemakan hati.

  1. Menyembuhkan Nyeri Haid 

Apakah Anda korban kram menstruasi yang menyiksa dan sakit perut bagian bawah selama periode menstruasi  Anda?

Jus daun pepaya bekerja sangat baik untuk memperlancar aliran menstruasi dan mengurangi nyeri haid. Minum jus ini juga dapat menurunkan gejala PMS. Sifat penyembuhannya yang kuat menyeimbangkan hormon dan mengatur siklus menstruasi.

Anda bisa mencoba ramuan ini untuk mengobati nyeri haid Anda, caranya : Ambil satu lembar daun pepaya, sejumput garam dan asam jawa, campur semuanya dalam segelas air dan didihkan. Jus ini akan sangat meringankan rasa sakit Anda.

  1. Membantu Mengobati Masalah Kulit

Jus daun pepaya memiliki kandungan vitamin C dan A yang kaya, yang meningkatkan kesehatan kulit dan memberi Anda kulit yang lebih sehat dan bercahaya. Jus daun pepaya menekan aktivitas radikal bebas.

Baca juga:  Cara Memijat Bayi yang Benar di Rumah

Kehadiran senyawa karpain memeriksa pertumbuhan mikroorganisme berlebih, dan membersihkan kulit Anda dari racun, memberikan perlindungan terhadap masalah kulit seperti jerawat, bintik-bintik dan jerawat.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Ekstrak daun pepaya dikatakan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah kebotakan dan penipisan rambut. Ini adalah bahan penting yang digunakan dalam sampo anti ketombe  karena senyawa karpain.

Komponen alkaloid ini efektif untuk menghilangkan kotoran dan minyak pada kulit kepala Anda. Komponen ini juga dapat berfungsi sebagai kondisioner alami dan mengembalikan kilau rambut yang hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *