Resensi Buku Anak Dari Penerbit Clavis

Avatar photo
Resensi Buku Anak

Porosmedia.com – Budaya literasi saat ini masih jauh dari kehidupan sehari-hari. Persoalan literasi masih menjadi hal yang harus dibenahi di Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati peringkat ke-62 dari 70 negara, atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

Literasi dalam keluarga adalah salah satu cara yang paling mungkin kita lakukan. Meluangkan waktu untuk membacakan cerita, menyediakan buku buku bacaan bagi anak, dapat menjadi pemantik bagi anak untuk gemar membaca.

Maka dari itu, mulailah budayakan literasi dari rumah. Sediakan buku bacaan yang sesuai dengan kebutuhan dan usia anak Anda.

Berikut ini merupakan resensi buku dari penerbit Clavis bagi pembaca rentang usia 4 tahun keatas.

1. Teman Membaca James

Penulis : Diana Wilson-Sirkovsky
Ilustrasi : Sara Casilda

Buku ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama James. James kesulitan membaca dan harus merelakan waktu istirahatnya disekolah untuk terus belajar membaca. Untuk menghibur dirinya, Ia rajin mengunjungi tempat penampungan hewan dan berteman dengan seekor kucing dalam sebuah kotak kayu yang Ia beri nama Ghost. Akan tetapi Ghost belum siap untuk berteman, Ia selalu bersembunyi dalam sebuah kotak kayu.

Baca juga:  Sebuah Penyakit, Spanduk Kebohongan Belum Habis Diturunkan

Saat kemampuan membaca James mulai meningkat James menyadari bahwa kebaikan dan ketekunan dapat menghasilkan suatu penghargaan yang tak terduga.

Sebuah kisah menyentuh tentang membaca untuk hewan peliharaan.

2. Misi ke Dasar Laut

Penulis : Jan Leyssens
Ilustrasi : Joachim Sneyers

Buku ini adalah bagian pertama dari seri keajaiban ilmiah. Bermimpi, berani berpikir, dan melakukannya. Untuk para peneliti cilik mulai usia 6 tahun keatas.

Pada awal tahun 1930-an atau awal abad ke-20. Kedua peneliti yaitu William Beebe dan Otis Barton masuk ke dalam Bathysphere, yaitu sebuah bola baja besi yang mereka ciptakan dan digunakan untuk menjelajah ke dasar laut. Bagaimana mereka membuatnya? Dan apa yang mereka temukan di dasar laut?

3. Aku Bisa!

Penulis : Adam Cicio
Ilustrasi : Myriam Berenschot

Andy selalu merasa cemas. Ia hanya bisa memandang ketika semua temannya memanjat, melompat, dan berlarian. Namun Ia tak berani untuk ikut bermain bersama mereka. Rasa cemasnya yang berlebihan selalu menjadi penghalang. Semua temannya telah berusaha untuk membantu agar Andy tidak terlalu cemas, tetapi tidak berhasil. Andy juga selalu berusaha mencari cara untuk mengendalikan rasa cemasnya itu.

Baca juga:  Kenali Gejala Syok Anafilaktik Reaksi Alergi Yang Bisa Menyebabkan Kematian

Apakah Andy akan berhasil?

Ini adalah buku yang memikat tentang seorang anak yang ingin mengatasi perasaan cemasnya. Buku-buku terbitan Clavis ditunjang dengan ilustrasi yang bagus sehingga menarik minat anak-anak untuk membacanya.

Kegiatan membaca bagi anak mempunyai banyak manfaat, antara lain melatih cara berfikir kritis, menciptakan imajinasi dan tentu saja mengalihkan perhatian mereka dari gawai.

Selamat membaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *