Ragam  

Mengenal Tardigrada, Si Hewan Bandel yang Tangguh di Muka Bumi

Mengenal Tardigrada, Si Hewan Bandel yang Tangguh di Muka Bumi

Porosmedia.com Apakah itu Tardigrada atau beruang air? Yang kita tau beruang air itu bentuknya sama seperti beruang pada umumnya, hanya saja hidupnya di air? Oh tapi tidak!

Faktanya keduanya memang sama-sama binatang tapi beruang air yang satu ini jelas berbeda. Bahkan beruang air yang satu ini benar-benar tidak bisa di lihat dengan mata telanjang.

Beruang air ini berukuran sangat kecil sekali. Pada tubuh Tardigrada dewasa ukurannya sekitar 1,5 mm dan yang paling kecil hanya berukuran 0,1 mm saja. Ia merupakan hewan berkaki 8 yang sangat kecil yang hanya dapat dilihat oleh mikroskop.

hewan ini termasuk kedalam hewan invertebrata atau spesies hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Mereka adalah pejalan yang lambat.

Tardigrada sangat menyukai lingkungan yang basah itu sebabnya mereka banyak ditemukan di dalam air. Hewan ini nyaris sulit dimatikan di muka bumi ini, mereka dikenal sebagai hewan terkuat di planet bumi ini.

Ada 900 lebih spesiesnya yang hidup di air tawar, sementara 10 spesies lainnya hidup di laut. Fosil tertua Tardigrada diketahui berusia sekitar 500 juta tahun.

Baca juga:  Prajurit Kodam Kasuari Sambut Mayjen Gabriel Lema Sebagai Pangdam Baru

Kita dapat menemukan mereka di tempat seperti lautan, sungai, danau, bahkan di rawa-rawa sekaligus. Hewan ini memiliki bentuk yang aneh, bentuknya cekung dan memiliki empat pasang kaki pendek-pendek dan bercakar.

Fungsi dari tiga pasang kaki pertama adalah untuk bergerak, sementara sepasang kaki terakhirnya digunakan bertahan pada permukaan yang diatasnya mereka berjalan.

Sama halnya seperti makhluk hidup lainnya di bumi ini, Tardigrada juga makan dan bernafas melalui kulit untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan sel mereka untuk membelah diri dan tumbuh.

Pada dasarnya hewan ini memakan segalanya tapi mereka lebih menyukai makanan vegetarian serperti lumut dan alga. Sebagian kecil Beruang Air ini memakan hewan kecil juga seperti kutu, nematode bahkan memakan sesama mereka juga.

Tardigrada adalah hewan ekstrim yang hidup di bumi. Mereka dapat hidup pada hampir setiap kondisi ekstrim seperti di kutub maupun pada suhu yang sangat panas, mereka juga tahan terhadap radiasi sebesar 570.000 Rad.

Fakta mengejutkan lainnya ialah mereka mampu  bertahan hidup selama 10 sampai 100 tahun pada kondisi yang kering. Rekor mereka mampu hidup dalam kondisi kering adalah selama 120 tahun.

Baca juga:  Liburan ke Bandung? Saatnya Wisata Kuliner di 10 Lokasi Ini

Tardigrada mampu menahan tekanan sebesar 6000 kg/cm2. Hebatnya lagi, mereka mampu bertahan pada keadaan luar angkasa yang hampa udara. Para ilmuwan menemukan banyak Tardigrada yang bertahan hidup di luar angkasa.

Itulah sebabnya Tardigrada tergolong sebagai hewan polyextemophiles atau merupakan hewan yang suka tinggal di tempat yang ekstrim.

Wah, kuat sekali ya Tardigrada ini! karena keunikannya ini, Tardigrada begitu mempesona di antara segala jenis organisme yang menarik untuk di pelajari lebih lanjut.

Demikian penjelasan mengenai hewan Tardigrada, semoga bisa menambah wawasan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *