8 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Avatar photo
8 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan
Foto via : ayobandung.com

Porosmedia.com, Manfaat Daun Binahong – Tanaman herbal daun binahong dengan nama latin Anredera cordifolia, merupakan tumbuhan liar yang bisa dijadikan obat tradisional. Di negara China, Korea dan Taiwan tanaman ini sudah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional yang baik manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

Tanaman asal negara China ini dapat digunakan sebagai penyembuh luka hingga hipertensi. Selain itu, tanaman herbal ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

Daun binahong mengandung kalsium, vitamin C, vitamin A dan zat besi. Selain itu, daun ini juga memiliki protein yang cukup tinggi, yaitu potasium, lutein, fosfor dan beta karoten yang berperan penting untuk kesehatan.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Kandungan senyawa aktif yang ada di dalam daun binahong membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengutip dari laman alodokter.com, gooddoctor.com dan klikdokter.com, beberapa manfaat daun binahong untuk kesehatan antara lain :

1. Sebagai Obat Luka Bakar

Kandungan saponin yang terdapat di tanaman ini berperan sebagai antiseptik yang bisa mencegah infeksi bakteri penyebab lambatnya penyembuhan luka. Sehingga daun binahong bisa dimanfaatkan sebagai penyembuh luka, termasuk luka bakar. Senyawa yang terdapat di dalamnya, mampu mempercepat pembentukan kolagen pada kulit.

Baca juga:  7 Tanaman Mudah Tumbuh yang Dapat Meningkatkan Kualitas Udara Dalam Ruangan Secara Ajaib!

Kandungan flavonoid pada daun binahong juga terbukti sangat efektif mengurangi peradangan. Ada juga kandungan tanin yang membantu mengecilkan pori-pori kulit luka. Sehingga bisa menghentikan produksi nanah, pendarahan ringan dan juga mempercepat kulit menutup luka.

2. Manfaat Daun Binahong untuk Obat Maag

Selanjutnya, tanaman herbal ini bermanfaat sebagai obat maag alami. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun binahong pada tikus diketahui memberikan efek perlindungan pada lesi mukosa lambung.

Binahong juga diketahui bisa membersihkan radikal bebas yang cukup signifikan sehingga melindungi mukosa. Meskipun demikian, dr. Dyah Novita Anggraini dalam klikdokter.com menuturkan bahwa manfaat binahong untuk mengobati maag masih terbatas pada penelitian di tikus.

3. Mencegah Risiko Diabetes

Penyakit diabetes muncul jika kadar gula di dalam darah meningkat melebihi batas normal. Penyakit ini sangat berisiko sebab bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain. Untuk mencegah diabetes bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa manfaat daun binahong ini juga memiliki kemampaun untuk menurunkan kadar gula di dalam darah. Senyawa flavonoid, steroid dan kumarin memiliki khasiat untuk menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus. Selain itu, senyawa tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi dan fungsi insulin.

Baca juga:  Menguak Kasus E - KTP, Bagaimana Sikap Jokowi ?

 4. Manfaat Daun Binahong untuk Obat Gatal

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, diketahui bahwa daun binahong memiliki kandungan flavonoid dan saponin. Kandungan ini juga memiliki sifat anti jamur.

Sementara jamur bisa menjadi salah satu penyebab dari adanya iritasi kulit. Maka, daun ini bisa digunakan sebagai obat gatal-gatal pada kulit.

5. Obat Hipertensi

Kandungan pada ekstrak daun binahong diyakini memiliki efek menurunkan denyut jantung dan memperbanyak produksi urin. Keduanya sama seperti efek dari obat hipertensi penghambat beta dan diuretik. Maka, ekstrak daun binahong bisa digunakan sebagai obat hipertensi.

6. Menjaga Fungsi Ginjal

Manfaat ini diketahui setelah dilakukan beberapa penelitian dengan pemberian ekstrak daun binahong kepada penderita gagal ginjal. Manfaat daun binahong ini ternyata dapat meningkatkan fungsi ginjal terutama pada penderita gagal ginjal kronis.

7. Daun Binahong untuk Obat Anemia

Anemia atau kekurangan darah terjadi jika produksi sel darah merah didalam tubuh sangat sedikit. Untuk meningkatkan sel darah merah dipacu dengan memperbanyak konsumsi zat besi.

Baca juga:  Sejarah, Pengertian, dan Tugas Bank Sentral

Daun binahong merupakan sumber zat besi alami yang bisa memicu produksi sel darah merah. Dengan demikian, binahong memiliki kemampuan untuk mengobati anemia.

 8. Cegah Penyakit Jantung

Masih ada lagi manfaat daun asal China ini untuk kesehatan, yaitu sebagai pencegah penyakit jantung. Ekstrak daun binahong diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak yang ada di dalam darah.

Gabungan antara efek anti hipertensi dan penurunan kolesterol ini sangat baik untuk mencegah gagal jantung, serangan jantung atau penyakit jantung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *