Manfaat Citric Acid Sebagai Pembersih

Avatar photo
Manfaat Citric Acid

Poros Media Meski kita semua cukup akrab dengan cuka dan baking soda, ada bahan pembersih alami lainnya yang dapat digunakan, yakni citric acid (asam sitrat) atau sitrun. Apa saja manfaat Citric Acid ini?

Citric acid merupakan asam organik lemah yang ditemukan pada daun dan buah tumbuhan genus Citrus (jeruk-jerukan) yang bisa menjadi zat pembersih ramah lingkungan.

Citric acid dapat digunakan sebagai alternatif pembersih dari cuka. Senyawa ini dapat membersihkan noda dan kotoran serta menjadi disinfektan yang membunuh bakteri, jamur, dan lumut.

Citrus Acid sangat mudah di dapat dan harganya pun tergolong murah. Yuk kita simak apa saja sih yang bisa dibersihkan dengan Sitrun ini.

Manfaat Citric Acid

1. Peralatan Kamar Mandi

Kita pasti sering merasa kesal karena toilet kotor berkerak. Toilet, keramik kamar mandi, bak mandi, ember dan gayung. Citric acid mampu menyingkirkan endapan mineral dari air sadah yang menjadi kerak kapur, khususnya pada perlengkapan kamar mandi dan wastafel. Menggunakan citric acid adalah cara alami untuk menghilangkannya.

Baca juga:  5 Tips Sehat Selama Musim Hujan

Kamu hanya perlu menambahkan beberapa sendok makan citric acid ke dalam segelas air panas, lalu gosok dengan spons dan bilas hingga bersih.

Membuat pembersih kloset alami itu mudah. Cukup tambahkan satu sendok makan citric acid ke dalam 100 mililiter air.

Kemudian, siramkan larutan citric acid ke kloset yang berkerak dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

Membersihkan bak mandi bisa menjadi salah satu pekerjaan sulit. Daripada menghabiskan banyak uang pada cairan pembersih, kamu dapat membuat cairan pembersih dengan sedikit citric acid dan air.

Campurkan satu hingga 2,5 sendok teh dan satu cangkir air ke dalam botol semprot, lalu semprotkan campuran tersebut ke bagian dalam bak mandi.

Taburkan lebih banyak asam sitrat ke dalam bak mandi dan biarkan selama sekitar 60 menit atau lebih. Gosok bagian dalam bak dengan sikat. Bilas semua permukaan agar bak mandi akan kembali berkilau. Cara ini juga bisa digunakan untuk membersihkan ember dan gayung. Dengan citrid acid, kamar mandi Anda dapat kinclong kembali.

Baca juga:  Kenali 7 Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula Darah

2. Peralatan Memasak

Kompor, ketel, panci, sering menimbulkan kerak dan noda yang susah di bersihkan. Caranya mudah, cukup masukkan satu sendok makan citric acid ke ketel yang berisi air. Selanjutnya, masak di atas kompor dan kamu dapat melihat kerak kapur akan disingkirkan oleh air yang diberi citric acid.

Sebelum mendidih, matikan ketel. Jika kerak kapur masih terlihat ada, ulangi lagi prosesnya sampai betul-betul bersih. Jika kerak yang menempel telah berhasil terlepas, selanjutnya cuci peralatan dapur dengan sabun pembersih seperti biasanya. Cara lain, Anda dapat merendam peralatan dapur dengan Citrid acid dan air panas.

3. Menghilangkan Noda Kuning pada Pakaian

Noda kuning di baju putih susah dihilangkan meski sudah dicuci berulang kali? Manfaat asam sitrat yang mampu mengikat berbagai sisa kotoran seperti lemak, saos, minyak, kecap, hingga oli.

Caranya mudah cukup rendam pakaian selama 10-15 menit di dalam larutan air yang dicampur dengan satu tutup botol detergen atau 20 ml citric acid.

Baca juga:  Resmi! Roster Timnas Mobile Legends di SEA Games 2021 Vietnam

Demikian aneka manfaat Citric Acid, silahkan dicoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *