5 Kebiasaan yang Tidak Disadari Dapat Memicu Keriput Pada Wajah

Avatar photo
5 Kebiasaan yang Tidak Disadari Dapat Memicu Keriput Pada Wajah

Porosmedia.com – Memiliki wajah yang terlihat awet muda tentu menjadi idaman bagi semua orang. Namun, tidak bisa dipungkiri seiring bertambahnya usia, kulit pada wajah yang tadinya kencang   maka akan terlihat mulai mengendur.

Ketika mulai muncul kerutan dan keriput sana-sini. Bila sudah begini rasanya penampilan menjadi tidak maksimal. Terlepas dari semua ini kamu tahu engga sih ternyata kondisi wajah yang keriput sebenarnya bisa disebabkan juga oleh gerakan-gerakan wajah kamu, lho.

Ya, meskipun gerakan ini merupakan hal alami yang biasa kamu lakukan untuk menunjukan suatu ekspresi. Namun ternyata hal ini bisa membuat garis-garis pada wajahmu membekas dan menimbulkan keriput.

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan semakin kehilangan elastisnya. Alhasil, pada saat kamu menggerakan wajah. Maka kulit akan kesulitan untuk kembali ke bentuk asalnya dan terbentuklah kerutan serta garis halus.

Hmm kira-kira gerakan wajah yang seperti apa yang bisa menyebabkan terjadinya kulit keriput pada wajah ?

5 Kebiasaan yang tidak Disadari Dapat Memicu Keriput Ada wajah

1. Mengerutkan Dahi

Kebiasaan mengerutkan dahi dampaknya akan memunculkan tampilan garis halus di antara alis dan dahi bagian bawah yang disebut juga dengan area frown lines. Namun kebiasaan mengerutkan dahi ini sering kamu lakukan secara tidak sadar.

Baca juga:  Menuju Kiblat Peradaban Dunia di Masa Depan

Apalagi saat kamu sedang marah. Maka seluruh otot pada tubuhmu, khususnya pada wajah akan menjadi kencang. Karena mengerutkan dahi pada saat kondisi wajah kencang, otot yang terbentuk juga akan menjadi lebih besar dan kuat. Maka lama-kelamaan kerutan pada wajah menjadi semakin dalam dan bersifat permanen.

2. Menyipitkan Mata

Biasanya, kamu yang memiliki masalah pada penglihatan seperti mata minus, sering melakukan kebiasaan menyipitkan mata. Secara tidak sadar kebiasaan ini dapat menimbulkan kerutan pada ujung luar pada mata yang disebut dengan crow’s feet.

Jenis keriput seperti ini biasanya akan mulai muncul pada usia sekitar 20 tahunan, namun sebagian orang tidak menyadarinya.

Kebiasaan menyipikan mata juga bisa dilakukan saat mata kamu terpapar sinar matahari atau sinar yang menyilaukan. Nah, supaya tidak semakin menambah jumlah kerutan pada area sekitar mata kamu. Disarankan menggunakan kacamata saat kamu berada di luar ruangan.

Selain itu hindari juga kebiasaan menggunakan gadget saat kamu berada di ruangan gelap, ya.

Baca juga:  Hati-Hati, Kebiasaan Tidur Dengan Kipas Angin Menyala Ini Efeknya Pada Tubuh

3. Kebiasaan Merokok

Sudah bukan rahasia lagi jika kandungan yan terdapat dalam rokok memiliki dampak negatif bagi kesehatan kita. Termasuk untuk kondisi kesehatan kulit, kebiasaan merokok bisa mempercepat proses penuaan kulit pada wajah yang dapat memicu timbulnya keriput.

Terlepas dari kandungan rokok yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit, ternyata gerakan bibir pada saat kamu merokok pun dapat berpengaruh terhadap munculnya keriput pada wajah.

Bentuk bibir saat kamu menghisap rokok sama dengan bentuk bibir saat kamu minum menggunakan sedotan atau kamu sedang bersiul. Gerakan menghisap ini dapat memicu munculnya kerutan dan garis halus pada sekitar bibir dan juga area pipi.

4. Tertawa

Tertawa merupakan reaksi alami saat kamu merasa senang. Dan tertawa juga memiliki dampak yang positif bagi kesehatan kamu. Tetapi di balik sisi positif tertawa dampaknya pada wajah bisa memicu timbulnya kerutan serta garis halus pada wajah. Khususnya pada area bibir dan area mata.

5. Menaikan Alis

Saat kamu terkejut atau terlalu senang, seara tidak sadar kita menaikan alis. Namun jika kamu terlalu sering menaikan alis, jangan kaget lama-kelamaan kamu akan menemukan adanya garis halus yang melintang pada area sekitar dahi.

Baca juga:  Masih Ada Keluhan Masyarakat terhadap Program Kesehatan UHC

Pada saat kamu menaikan alis. Maka otot pada dahi akan mengalami kontraksi dan bisa menarik kulit pada dahi ke atas. Dampaknya, akan muncul garis halus pada dahi yang biasa disebut dengan forehead wrinkles.

Itulah beberapa gerakan yang dapat memicu keriput pada wajah yang tidak kita sadari. Tapi kamu jangan khawatir kamu masih bisa melakukan beberapa perawatan pada wajah seperti menggunakan krim pelembap atau melakukan eksfoliasi untuk meminimalisir kerutan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *