Ragam  

Gunakan Motor Roda Tiga, Dansektor 19 Pimpin Angkut Sampah 

Jajat Sudrajat

Karawang, porosmedia.com – Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, indah, lestari dan nyaman diperlukan kerja keras dan sinergitas yang baik dengan seluruh unsur elemen masyarakat sehingga kenyamanan tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar sesuai yang diharapkan.

Hal tersebut disampaikan Dansektor 19 Kolonel Kav Raden Ahmad Hudiono usai melaksanakan kegiatan sisir dan angkut-angkut sampah menggunakan kendaraan roda tiga di Desa Teluk Mungka Kelurahan Tanjung Mekar Karawang, Minggu (13/3/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan Sektor 19 bersama masyarakat dengan menyisir bantaran sungai dan perkampungan dengan tujuan untuk menyadarkan masyarakat agar turut berpartisipasi dan mau menjaga lingkungannya dan tidak membuang sampah sembarangan yang akhirnya akan merugikan warga itu sendiri.

Selain pengangkutan sampah kata Kolonel Kav Hudiono, Sektor 19 juga melakukan pembersihan dan pengangkatan eceng gondok, pengecekan proses pengolahan limbah dibeberapa pabrik serta pembenahan tanggul dengan melakukan pengurukan atau pembuatan bronjong dipinggir sungai agar tanggul tidak jebol, bila tanggul jebol dapat membuat masyarakat kesulitan.

“Sektor juga melakukan edukasi pembuatan taman bermain dan pembibitan berbagai jenis pohon. Apabila taman edukasi selesai dapat dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat, seperti olah raga maupun senam bagi ibu-ibu serta pembuatan Pos Pemantau Sungai Citarum di Perum Karaba Desa Wadas Kelurahan Tanjung Mekar Kecamatan Teluk Jambe Barat, ungkapnya.

Baca juga:  Hari Kartini sebagai Momen untuk Menghargai Perjuangan Perempuan

Bersamaan itu pula, Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto menambahkan bahwa, Sektor 19 juga melakukan pembibitan beraneka jenis tanaman dan menaman jagung, sayur-sayuran juga tanaman lainnya dengan menggunakan Bios yang dapat menyuburkan tanah dan meningkatkan hasil panen serta dapat dimanfaatkan untuk Sektor maupun dibagikan kepada warga sekitarnya.

Ia juga mengatakan, kegiatan yang dilakukan Sektor 19 tersebut salah satunya upaya dalam rangka untuk mewujudkan ketahanan pangan dan membangun ketahanan semesta (Hanta) di wilayah tugasnya sesuai dengan harapan. (Pendam III/Siliwangi/jt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *