CBB: Membidik Lahan Kritis Di Bantaran Sungai Cimanuk Dengan Menanam Pohon Keras

Jajat Sudrajat

Garut, porosmedia.com – Kamis (27/01/2022) Yayasan Citra Bina Bangsa Indonesia dan juga komunitas masyarakat peduli alam, peduli sungai Kompas Garut dan Bolang Community bekerjasama dengan pemerintahan Desa Mekarsari kecamatan Selaawi, Kab. Garut menggelar gerakan jambore hijau.

menurut penggagas acara Uun Frinawaty. A.KS. S.Sos menuturkan kegiatan ini pertama dalam upaya konservasi tanah dan air di tahun ketiga dengan melaksanakan kegiatan penanaman sebanyak 2000 pohon terdiri dari pohon buah-buahan dan tanaman keras.

selanjutnya, Kata Uun sekaligus Ketua Yayasan Citra Bina Bangsa Indonesia atau CBB Foundation mengungkapkan kegiatan ini membentuk komunitas peduli terhadap lingkungan dan sungai. dengan harapan bisa melaksanakan konservasi di bantaran sungai Cimanuk yang kondisi lahannya dan kemiringan sangat curam dan termasuk sebagai lahan kritis.

tentunya dengan kegiatan ini, tambah Uun, yang bersyukur kegiatannya dihadiri oleh pihak Forkompincam Kecamatan Selaawi, Kepala Desa Mekarsari, pengurus RT dan RW, kelompok tani, pondok Pesantren Al Kamalah Selaawi.

selain itu, ada juga kawan-kawan penggiat lainnya dari orang Indonesia bersatu DPC kabupaten Garut, TPKSDA BBWS Cimanuk Cisanggarung, Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Kabupaten Garut, Srikandi Sungai Indonesia, PKK Selaawi dan pegiat Kecamatan lainnya. .

Baca juga:  Di Sela Silaturahmi, PT. Zamedia Umumkan Kerjasamanya Dengan Video.Com

perlu diketahui lanjut Uun bahwa kegiatan ini akan berlanjut menanam di bulan November mendatang pada lahan 4 hektar tanah carik.

tentunya pesan juga kami ingin sampaikan bahwa kegiatan ini harus memberikan manfaat. Uun juga mengajak untuk tetap gaungkan bagaimana berlomba-lomba dalam kebaikan dan bagaimana kita membangun kesalehan sosial dan kesalehan lingkungan.

daripada itu, Uun tegaskan semata-mata kegiatan ini bermanfaat untuk kelestarian alam dan bisa dinikmati oleh anak cucu kita semua.

Uun juga berpesan semua ini sebagai bentuk kepedulian sekaligus konsistensi dan komitmen lembaganya terhadap upaya pelestarian lingkungan konservasi sumber daya air dan tata kelola DAS yang lebih baik.

“hari ini kita menanam esok lusa anak-cucu kita yang akan memanen. kita jaga alam, alam akan menjaga kita lestarikan alam mulai sekarang”, tutup Uun mengingatkan. (Jt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *