Sampah Kembali Muncul di Sungai Cikeruh

Avatar photo

Porosmedia.com – Gundukan sampah muncul di Sungai Cikeruh, tepatnya di bawah jembatan Jalan Sapan, Desa Tegal Luar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Gundukan sampah terlihat di antara aliran sungai dan jembatan. Kondisi ini terjadi sejak kemarin malam hingga hari ini, Jumat (11/3/2022).

Jembatan aliran sungai Cikeruh di Jalan Sapan, Desa Tegal Luar, Kecamatan Bojongsoang mengalami ketersendatan. Hal tersebut diakibatkan adanya tumpukan sampah sejak malam hari.

Terlihat sampah dengan berbagai jenis menumpuk di bawah jembatan, diantaranya sampah berupa kasur, bekas botol minuman, plastik, hingga potongan-potongan kayu.

Warga Cikeruh, Eman mengatakan, sampah tersebut merupakan ‘kiriman’ yang dibuang dari Kota Bandung. Sebab, dia mengklaim warga di daerahnya termasuk disiplin dalam soal sampah. Apalagi, pengangkutan sampah juga dilakukan rutin oleh petugas.


“Sampah itu biasanya datangnya dari ‘kiriman’. Kalau warga di sini mah pada taat buang sampah, karena ada tempatnya. Warga buang sampahnya ke TPS yang ada di sini,” ujar Eman.

Menurutnya, jika ada hujan, terutama jika intensitas tinggi, aliran air sungai tersebut biasanya membawa sampah. Apalagi, jika debit airnya tinggi dan deras.

Baca juga:  Diduga Gantung Diri, Seorang Pemuda Warga Cicalengka Ditemukan Tak Bernyawa

“Setiap ada air datang gede (dibarengi sampah), pokonya pas datang air dari sana, pasti we sampahnya banyak dan itu juga sampah ‘kiriman’. Kayak kemarin kan ada hujan gede,” katanya.

Dia pun berharap ada kesadaran dari warga agar tak lagi membuang sampah sembarangan, khususnya ke aliran air yang berujung ke Sungai Cikeruh. Dia juga berharap sampah yang tersendat tersebut bisa segera diangkut.

“Harapannya adalah kesadaran pada warga masing-masing aja. Kalau di sini udah buang ke TPS, tapi di sananya enggak sadar diri, tetap aja (buang sampah sembarangan),” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *