FAGI Mendesak Lakukan Swab Test Di Lingkungan Sekolah

Jajat Sudrajat

Bandung, porosmedia.com – Pandemi masih terus berlangsung hingga saat ini. Varian baru mencapai perkembangan  di Indonesia.

Karena hal tersebut, Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Iwan Hermawan, mendesak agar Pemerintah Daerah dan Dinas Kesehatan untuk segera melaksanakan Swab Test secara acak di tiap sekolah kepada para pendidik, tenaga kependidikan dan siswa di sekolah.

Kata Iwan, upaya ini harus dilakukan terkait pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) baik yang masih terbatas maupun yang telah seratus persen dilaksanakan.

Iwan melihat varian omicron ini sangat beda dengan varian lainnya, karena yang positif Omicron tidak memperlihatkan gejala apapun dan terlihat sehat seperti biasa. Jadi varian omicron bisa terdeteksi positif tidaknya pada seseorang apabila dilaksanakan Swab Test, terang Iwan.

Karena itu, Iwan mengharapkan agar sekolah-sekolah yang ada di Jawa Barat khususnya Kota Bandung bersama Disdik Kota Bandung, Dinkes Kota Bandung melaksanakan Swab Test acak tersebut.

Pasalnya jumlah sekolah yang melaksanakan Swab Test  sampelnya masih dirasa kurang melakukan inisiasi  Swab Test .

Baca juga:  Yayasan Cahaya Guru Meminta Konfirmasi Status RUU Sisdiknas

Apabila dari hasil test tersebut ditemukan ada yang positif, maka sekolah yang bersangkutan harus ditutup dahulu selama 14 hari. dan pembelajaran dilaksanakan kembali melalui online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan penerapan protokol kesehatan jangan sampai lalai,  pungkas Iwan. (Dadan Sambas/jt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *