Kodam I/BB Serukan Semua Pihak Jadi Pelopor Suksesnya Pemilu 2024

Jajat Sudrajat

Porosmedia.com, Medan – Komando Daerah Militer I Bukit Barisan menyerukan kepada semua pihak di Tanah Air, khususnya di Provinsi Sumatera Utara untuk menjadi pelopor dalam menyukseskan Pemilu Tahun 2024.

Seruan ini disampaikan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan diwakili Kasdam, Brigjen TNI Refrizal dalam acara Talkshow Nasional Mata Lokal Memilih Series, dengan tema “Bersandar pada Negara Wujudkan Kolaborasi Presisi untuk Terciptanya Pemilu Damai 2024 dan Bermartabat Tanpa Hoaks”, yang digelar di Ballroom Hotel Mercuri Medan, Senin (6/11/2023).

Brigjen TNI Refrizal menjelaskan, Pemilu 2024 mempunyai nilai sangat strategis bagi perjalanan Bangsa Indonesia, karena diharapkan dapat dijadikan pintu gerbang masuk, setelah melalui masa transisi demokrasi menuju tatanan negara yang lebih baik.

“Diharapkan seluruh komponen bangsa hendaknya bertekad untuk mensukseskan Pemilu 2024 ini,” ucapnya menyerukan ajakan.

Disadari bahwa suksesnya Pemilu 2024 adalah kepentingan vital Bangsa Indonesia. TNI pun sangat berharap agar pelaksanaan Pemilu 2024 berlangsung aman, lancar dan sukses, sebagaimana yang diharapkan oleh seluruh Bangsa Indonesia.

Baca juga:  Kualitas Udara Kota Bandung pun Tak Luput Dari Perhatian

“Kami sebagai TNI tetap berkomitmen Netralitas TNI pada Pemilu 2024. Komitmen ini merupakan bagian dalam rangka ikut mensukseskan Pemilu 2024. Netralitas TNI yaitu TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis, seperti yang tertuang dalam Undang Undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI,” urainya.

Sikap Netralitas TNI ini, lanjut Brigjen Refrizal, merupakan sikap yang lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara yang lebih luas, dibandingkan dengan sikap dukung-mendukung pada suatu kepentingan kelompok atau golongan tertentu. Netralitas juga merupakan sikap dan tindakan yang menjadi bagian penting dalam membangun soliditas TNI.

Diakui Brigjen Refrizal, keberhasilan Pemilu 2024 akan semakin memperkokoh NKRI, melalui terselenggaranya suatu pemerintahan daerah yang aspiratif dan demokratis, serta berfungsinya secara efektif setiap lembaga di daerah, baik di pihak pemerintah maupun non pemerintah, di dalam menanggapi setiap permasalahan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional sebagai tanggung jawab bersama.

“Perlu kesadaran seluruh Warga Negara Indonesia dalam keikutsertaannya mewujudkan diri menjadi benteng integritas dari pengaruh negatif maupun ancaman, yang hendak merongrong bangsa dan negara dari manapun datangnya. Kepada kita semua, sebagai bagian dari komponen bangsa harus mampu menjadi pelopor bagi warga masyarakat sekitar, terutama di lingkungan masing-masing untuk mensukseskan Pemilu 2024, demi tegak kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” papar Brigjen Refrizal seraya kembali menyampaikan ajakan agar semua pihak dapat menjadi pelopor dalam upaya mensukseskan Pemilu 2024 guna memperkokoh NKRI.

Baca juga:  Umat Lahurus Merayakan Misa Paskah di Pusat Paroki Santo Petrus Lahurus

Dalam acara yang diprakarsai Tribun Network ini, Menteri Kominfo RI, Budi Arie Setiadi tampil sebagai Keynote Speech secara zoom meeting.

Kemudian tampil juga para pemateri lainnya, seperti Kapoldasu, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH, SIK, MSi, Anggota Dewan Pers, Paulus Tri Agung Kristanto, Ketua KPU Provinsi Sumut, Agus Arifin, S.Sos, dan Ketua Bawaslu Provinsi Sumut, M Aswin Diapari Lubis, SH.

Sumber: Pendam I/BB