Jadwal dan Siaran Langsung Final Piala AFF Suzuki Cup 2020

Final Piala AFF Suzuki Cup 2020
Final Piala AFF Suzuki Cup 2020 (Sumber Gambar : affsuzukicup.com )

PorosMedia.com, Jakarta – Final leg pertama Piala AFF Suzuki Cup 2020 antara Indonesia vs Thailand akan digelar hari ini, Rabu 29 Desember 2021. Skuad Garuda berpeluang untuk mengakhiri ambisi meraih trofi ajang tersebut untuk pertama kalinya.

Sejak awal digelarnya Piala AFF pada 1996, yang pada saat itu bernama Piala Tiger, Timnas Indonesia tercatat sempat lima kali melaju ke partai final. Sayangnya pasukan Merah Putih selalu kandas.

Timnas Thailand menjadi tim yang paling banyak mengalahkan Timnas Indonesia di partai final. Kedua tim tercatat pernah bertemu tiga kali pada partai puncak.

Kekalahann paling menyakitkan bagi Timnas Indonesia terjadi pada edisi 2002 dan 2016. Pada final 2002 Indonesia harus bertekuk lutut melalui drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 2-2.

Penendang kedua dan ketiga Timnas Indonesia, Bejo Sugiantoro dan Firmansyah, gagal melaksanakan tugasnya. Padahal Indonesia sempat memimpin setelah penyerang Thailand Kiatisuk Senamuang yang menjadi penendang pertama gagal mengekusi penalti.

Dua belas tahun berselang, peluang Timnas Indonesia untuk merebut gelar juara Piala AFF untuk pertama kalinya juga kandas. Anak asuh Alfred Riedl saat itu sempat unggul 2-1 pada partai pertama di Stadion Pakansari, Bogor. Sayangnya Boaz Solossa cs menelan kekalahan 0-2 pada laga kedua di Stadion Rajamanggala, Bangkok. Thailand berhak keluar sebagai juara dengan agregat 3-2.

Baca juga:  Setelah Menerima hasil Riset dari Tim Peneliti Hari Jadi PERSIB

Timnas Indonesia harus bertekuk lutut dari Timnas Singapura dan Timnas Malaysia pada dua partai final lainnya. Indonesia menelan dua kekalahan dari Singapura pada final edisi 2004 dengan skor 1-3 dan 1-2.

Pada 2010, Timnas Indonesia menelan kekalahan 0-3 dari Malaysia pada pertemuan pertama di Stadion Bukit Jalil. Pada pertemuan kedua di Stadion Gelora Bung Karno, Indonesia hanya menang 2-1.

Sementara Timnas Thailand tercatat sebagai pemegang gelar juara paling banyak di Piala AFF. Selain memenangkan tiga partai final kontra Timnas Indonesia, mereka juga pernah meraih kemenangan dari Malaysia pada 1996 dan 2014.

Tim Gajah Perang juga pernah merasakan tiga kali gagal di final Piala AFF. Mereka tunduk oleh Vietnam pada 2008, kalah dari Singapura pada 2007 dan 2012.

Berikut jadwal final Piala AFF Suzuki Cup 2020:

Leg Pertama (Rabu, 29 Desember 2021)
Indonesia vs Thailand
Kick Off Pukul 19.30 WIB di Stadion Nasional Singapura

Leg Kedua (Sabtu, 1 Januari 2022)
Thailand vs Indonesia
Kick Off Pukul 19.30 WIB di Stadion Nasional Singapura

Baca juga:  Gelaran MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 di Mandalika Berlangsung Sukses

Siaran Langsung Final Piala AFF Suzuki Cup 2020

Pertandingan final Piala AFF 2020 dapat disaksikan melalui siaran langsung RCTI maupun iNews pada Rabu dan Sabtu pekan ini, atau tanggal 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022. Pertandingan final AFF Cup 2021 leg pertama dan kedua yang berlangsung di Stadion Nasional Singapura tersebut juga bisa ditonton melalui siaran langsung RCTI+ dan Vidio Premier secara gratis.

Berikut ini tautan (link) live streaming final Piala AFF 2021 yang bisa diakses melalui RCTI+ dan Vidio:

LINK LIVE STREAMING FINAL PIALA AFF 2021 VIDIO

LINK LIVE STREAMING FINAL PIALA AFF 2021 RCTI+

Baca juga ragam artikel olahraga lainnya pada rubrik : Olahraga

Sumber : Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *