Ini Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Hobi Ngegame

Jajat Sudrajat

Jakarta, porosmedia.com — Gamer adalah sebutan bagi penggemar game yang identik dengan pengaruh-pengaruh negatif karena bermain game, hanya menghabiskan waktu secara percuma. Perilaku negatif tersebut diantaranya seperti membolos sekolah agar dapat bermain game, mengambil uang orang tua untuk digunakan bermain game, meninggalkan aktivitas belajarnya dan berbagai hal lainnya.

Namun ternyata, saat ini seorang gamer bisa menjadi profesi yang menghasilkan uang banyak. Selain itu, ada juga jurusan kuliah tertentu yang memiliki peluang karier di industri game.

Seperti yang diketahui, dunia game saat ini tidak hanya sebatas permainan di gadget saja, namun sudah berkembang lebih besar. Bahkan game sudah masuk dalam lembaga resmi olahraga elektronik atau e-sport.

Berbagai peluang kerja juga terbuka seperti karier menjadi atlet game profesional yang digaji, hingga menjadi pengembang sebuah game di dalam perusahaan.

Berikut ada beberapa jurusan kuliah yang memiliki peluang karier di industri game.

1. *Periklanan / Advertising*

Dalam jurusan periklanan, kamu akan mempelajari mata kuliah Desain Komunikasi Visual (DKV).

DKV merupakan jurusan kuliah yang masih menjadi bagian dari ilmu seni. Sebelum dikenal sebagai DKV, dulu bernama Desain Grafis.

Mahasiswa Desain Grafis dulu lebih banyak belajar tentang grafis atau gambar 2D pada media cetak, cukup berbeda dari materi perkuliahan DKV seperti sekarang.

Baca juga:  Cara Memijat Bayi yang Benar di Rumah

Selain itu, kemampuan lulusan DKV dalam menginterpretasikan suatu hal akan sangat membantu sebuah pengembang game.

2. *Teknik Elektro*

Seseorang dengan kualifikasi pendidikan Teknik Elektro, sangat dibutuhkan hampir di seluruh lini industri untuk menangani berbagai persoalan kelistrikan dan sistem peralatan elektronik.

Lulusan Teknik Elektro bisa menjadi console tester, design dan quality control produk terbaru pada suatu perusahaan.

Bagi kalian yang berminat terhadap bidang elektronik, jurusan ini bisa berhubungan dengan game karena setiap perusahaan game akan menggunakan perangkat keras atau hardware.

3. *Teknik Industri*

Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti produksi, pengelolaan dan ekonomi.

Lulusan Teknik Industri nantinya bertanggungjawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan.

Para developer game biasanya akan mempekerjakan beberapa lulusan teknik industri, agar dapat menganalisis kondisi dari industri game dalam jangka waktu tertentu dan bertahap, supaya mendapatkan dampak baik bagi perusahaan.

4. *Teknik Informatika*

Sebelum memilih kuliah jurusan IT, kita harus mengetahui apa itu Teknik Informatika. Teknik Informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari dan menerapkan analisis matematis dan prinsip ilmu komputer dalam merancang, menguji, mengembangkan dan mengevaluasi kinerja komputer, softwaredan sistem operasi.

Kuliah di Jurusan Teknik Informatika mengharuskan kamu belajar tentang pengolahan data menggunakan teknologi komputer.Dalam hal ini, proses dan prinsip logika berperan amat sangat penting.

Baca juga:  Salah satu Cerita Keterlibatan Perwira Angkatan Laut Jerman (Kriegsmarine)

Dalam jurusan ini pula, mahasiswa harus memiliki pemahaman yang baik mengenai program. Hal ini yang menjadi faktor untuk mengasah kemampuan agar dapat membuat game dan mencoba suatu game.

5. *Ilmu Komputer*

Jurusan Ilmu Komputer merupakan salah satu jurusan yang tinggi peminatnya saat ini. Tambahan pula, dunia informasi digital semakin mendominasi kehidupan sehari-hari.

Prospek pekerjaan di bidang informasi digital pun semakin cerah.

Banyak sarjana komputer yang sekarang ini, dibutuhkan oleh instansi pemerintah maupun perusahaan swasta. Banyak pula alumni Jurusan Ilmu Komputer yang mengincar pekerjaan di BUMN.

Profesi yang dijalani cukup beragam, seperti mobile app developer, web developer, e-learning app developer, programmer ataupun game developer.

Lulusan ilmu komputer memiliki keunggulan dalam mengolah data dalam pemrograman. Dengan keahlian itu, lulusan ini akan banyak dicari oleh industri game development sebagai data scientist yang bertugas mengolah data dari game yang di rilis.

6. *Teknologi Informasi/ Sistem Informasi*

Kedua jurusan tersebut sama-sama mempelajari pemrograman, tetapi dengan tingkat penekanan yang berbeda.

Lulusan kedua jurusan ini biasanya banyak dicari oleh game developer, sebagai penganalisis game yang dibuat. Selain itu, juga cocok sebagai game tester, dengan kemampuan menganalisis suatu pemrograman yang dapat mengetahui letak kekurangan pada game tersebut.

Baca juga:  Sosok Spiritual Pangeran Diponegoro Yang Dipertanyakan Seperti Kiprah Eko Sriyanto Galgendu

7. *Ilmu Komunikasi*

Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui berbagai media.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, hingga komunikasi media sosial.

Dalam jurusan ini mahasiswa akan diajarkan ilmu jurnalistik, strategi komunikasi, manajemen keadaan dan masih banyak lainnya. Keahlian tersebut sangat dibutuhkan dalam industri game dalam peluncuran, rilis media, atau penulisan jalan cerita ketika merilis game.

Nah, jika kamu tertarik dengan jurusan kuliah yang berhubungan dengan game setelah melihat artikel ini, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyediakan jurusan yang berhubungan dengan game dengan biaya kuliah yang cukup terjangkau.

Saat ini, menjadi waktu yang tepat untuk kamu mendaftar kuliah.

Kampus ini sudah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) gelombang II untuk perkuliahan bulan September. PMB gelombang II akan berakhir pada 6 April 2022 mendatang.

Untuk melakukan pendaftaran, bisa dengan mengunduh aplikasi PMB-UBSI di playstore secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/.

Selain itu, pembayaran kuliah di Universitas BSI juga bisa dilakukan dengan cicilan, sebesar Rp600 ribuan perbulannya, melalui aplikasi Danacita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *