Fitur Baru Instagram, Meta Luncurkan Avatar ke Instagram

Fitur Baru Instagram - Avatar

Porosmedia.comPerusahaan induk Facebook, Meta, telah memperkenalkan avatar 3D ke dalam penggunaan Direct Message dan Story Instagram, juga memperbarui Avatar yang sebelumnya sudah ada di Facebook dan Messenger. Fitur baru Instagram ini memungkinkan penggunanya untuk bisa memunculkan versi avatar dirinya dalam bentuk stiker, feed post, foto profil di Facebook, dan lebih banyak lagi di seluruh platform Meta termasuk di platform Quest VR.

Melalui postingan pada blog perusahaan, Senin (31/01/2022), General Manager Meta untuk Avatar dan Identitas, Aigerim Shorman mengungkapkan, avatar-avatar pada update terbaru ini akan termasuk bentuk wajah yang baru juga. Selain itu juga mengakomodasi bawaan seperti alat bantu dengar serta kursi roda agar semakin terbuka bagi pengguna dengan disabilitas.

Penggunaan Avatar di Aplikasi Mesenger
Penggunaan Avatar di Aplikasi Mesenger. (Foto: tech.fb.com)

“Sejak mengungkap visi metaverse jangka panjang kami di Connect 2021, kami telah menlanjutkan membangun teknologi evolusi sosial masa depan ini, membangun menuju masa depan di mana Anda duduk dalam ruangan yang sama dengan orang-orang yang terkasih yang sebenarnya terpisah jarak ribuan mil, atau bekerja secara alami dengan sebuah tim hebat yang sebenarnya tersebar lokasinya di seluruh dunia,” tulisnya.

Baca juga:  Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A23 Terbaru 2022

Menurut Direktur Digital Marketing Siodeklik, Sidiq Yusliana yang juga merupakan seorang Social Media Specialist, Peluncuran fitur baru Instagram berupa Avatar ini, berbentuk seperti 3D yang bisa di build sendiri mulai dari rambut, baju, dan lainnya.

“Kita bisa ngebuild sendiri nih si avatar nya itu. Kalau saya lihat sih berbentuk 3D yang bisa di customize sesuai dengan personality kita sendiri mulai dari rambut, baju hingga sepatu bisa kita customize sendiri” ungkap Sidiq dalam Podcast SISITIFI #1 di akun Instagram @siodeklik.

Dilanjutkan oleh Host Siodeklik, Tomi Adha, fitur baru Instagram ini sangat menarik. Pasalnya kita bisa punya versi diri kita sendiri dalam bentuk digital di dunianya Instagram.

“Menarik, ya. Karna kita berbicara hal seperti itu dalam artian kita punya versi digitalnya rupa atau avatar wajah kita sendiri dalam dunia Instagram. Betul ya kurang lebihnya seperti itu.” jelas Tomi.

CEO Meta, Mark Zuckerberg, menyatakan bahwa metaverse ini merupakan prioritas untuk perusahaan tersebut. Seperti hal nya yang juga disampaikannya saat mengumumkan nama baru Meta pada tahun lalu.

Baca juga:  Spesifikasi dan Harga Realme 9 Pro Plus Terbaru 2022

“Satu hari nanti Anda akan memiliki banyak avatar mulai dari ekspresif sampai fotorealistik,” kata Zuckerberg dalam pos di blog yang sama, Senin (31/01/2022).

Fitur Baru Instagram - Avatar Mark Zuckerberg
Avatar Mark Zuckerberg pada foto profil facebook miliknya. (Facebook)

Sebagai bagian dari pratinjau Metaverse, Meta menunjukkan demo dari Codec Avatars dan lingkungan real-time di acara Facebook Connect pada bulan Oktober lalu, tapi perusahaan menekankan saat itu bahwa sebagian besar proyek ini masih dalam tahapan riset.

Selain mengumumkan fitur baru Instagram pada Senin, Meta juga memperkenalkan T-shirt bertema Super Bowl LVI untuk para avatar di semua platformnya. Super Bowl tahun ini akan mempertemukan Cincinnati Bengals dengan Los Angeles Rams di SoFi Stadium milik Rams pada 13 Februari 2022 mendatang.

Meta juga telah merilis laporan keuangan kuartal keempat 2021 pada Rabu, 2 Februari 2022 lalu. Perusahaan menyatakan akan merinci pendapatan unit Laboratorium AR dan VR Reality miliknya untuk pertama kalinya serta memberi gambaran atas dampak keuangan yang dibawa oleh fokusnya Metaverse terhadap divisi-divisi lain di Meta.

Selain meluncurkan Avatar, fitur baru Instagram lainnya adalah Search Engine. Untuk penjelasannya, anda bisa menonton siaran ulang dari Podcast SISITIFI #1 di akun Instagram @siodeklik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *