13 Makanan Efektif Membantu Melindungi dan Melembabkan Kulit Kering

13 Makanan Efektif Membantu Melindungi Dan Melembabkan Kulit Kering
Foto: Shutterstock

Porosmedia.com – Makanan adalah bagian penting dari kesehatan kulit kita. Jika seseorang makan makanan yang sehat dan seimbang, kulit mereka akan  lebih mampu memenuhi fungsi perlindungannya. Makan makanan tertentu bahkan dapat membantu melindungi dan melembabkan kulit.

Namun, makanan tertentu lainnya dapat mencegah atau menghambat beberapa kemampuan perlindungan kulit, yang menyebabkan kulit kering yang memburuk.

Artikel ini membahas 14 makanan yang dapat membantu memerangi kulit kering, serta beberapa makanan yang harus dihindari,simak penjelasannya!

Bagaimana Makanan Dapat Membantu Memerangi Kulit Kering?

Kulit adalah organ vital. Kulit berperan sebagai  penghalang untuk melindungi seluruh tubuh dari ancaman eksternal, seperti bakteri, oksidan, dan sinar UV.

Fungsi pelindung kulit penting untuk mencegah kehilangan air yang berlebihan dan untuk menghentikan bahan kimia berbahaya dan alergen agar tidak mempengaruhi tubuh. Pelindung kulit juga membantu menjaga suhu tubuh.

Nutrisi sangat penting dalam membantu kulit memberikan  pelindung ini. Jika seseorang makan makanan yang sehat dan seimbang yang menyediakan nutrisi untuk membantu mendukung fungsi perlindungan kulit.

Demikian pula, jika seseorang tidak makan makanan yang sehat, dapat mengubah fungsi kulit, yang menyebabkan keluhan seperti kulit kering.

Kulit Kering Bisa Menjadi Gejala Kekurangan Nutrisi Tertentu, Termasuk:

  • vitamin A
  • vitamin C
  • vitamin D
  • vitamin E
  • seng
  • selenium

Memastikan bahwa vitamin dan mineral ini merupakan bagian dari diet dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi omega-3, antioksidan teh hijau, dan kunyit juga dapat membantu mencegah kulit kering.

Berikut 13 makanan untuk membantu melindungi dan melembabkan kulit kering:

1. Hati Sapi

Hati sapi adalah sumber vitamin A yang baik.  karena hewanini menyimpan vitamin A di hati.

Menurut National Institutes of Health (NIH), satu porsi 3 ons hati sapi goreng yang digoreng mengandung 6.582 mikrogram (mcg) Sumber Tepercaya vitamin A. Satu porsi ukuran ini menyediakan hingga 731% dari Nilai Harian (DV) vitamin A

Penting untuk dicatat bahwa batas harian atas vitamin A adalah 3.000 mcg. Orang harus tetap dalam batas ini, karena konsumsi vitamin A yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan.

Vitamin A adalah nutrisi penting untuk memerangi kulit kering karena mengandung retinoid dan karotenoid. Sifat-sifat ini mengaktifkan jalur tertentu dalam tubuh yang secara langsung mempengaruhi kulit.

Vitamin A dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar UV dan mengurangi gejala psoriasis.

Baca juga:  Polemik Warung Makan, Memberi Peluang Bermaksiat

 2. Ubi Jalar

Sumber vitamin A lainnya yang baik adalah ubi jalar. Setiap ubi jalar panggang dengan kulit mengandung 1.403 mcg Vitamin A. Satu porsi ukuran ini mengandung 156% DV.

Sekali lagi, perlu ditunjukkan bahwa batas atas konsumsi vitamin A adalah 3.000 mcg per hari. Mengkonsumsi lebih dari ini bisa berbahaya.

NIH mengatakan bahwa vitamin A memiliki beberapa kegunaan lain selain memerangi kulit kering. Misalnya, dapat membantu melindungi dari jumlah zat besi yang rendah dalam darah dan dapat meningkatkan daya tahan beberapa kondisi kesehatan, seperti campak.

3. Paprika Merah

Paprika merah  adalah sumber vitamin C yang baik. Setengah cangkir paprika merah mentah mengandung 95 miligram (mg) Vitamin C. Ini setara dengan 106% DV.

Vitamin C berguna dalam memerangi kulit kering karena secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit.

Selain itu, vitamin ini melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Ini juga meningkatkan kolagen di kulit, mengurangi kondisi kulit yang berkaitan dengan usia seperti kerutan, pigmentasi, dan kulit yang lebih keras.

 4. Buah Kiwi

Buah kiwi adalah sumber vitamin C yang baik. Satu buah kiwi ukuran sedang mengandung 64 mg Vitamin C, yang merupakan 71% dari DV.

Kekurangan vitamin C dapat berdampak buruk pada kulit, menyebabkan nyeri sendi, penurunan penyembuhan luka, dan kekurangan zat besi.

Vitamin C memiliki manfaat kesehatan lain selain dari hidrasi kulit dan fungsi pelindung, menurut NIH. Misalnya, mengonsumsi vitamin C dapat menurunkan risiko terkena katarak dan dapat mengurangi keparahan gejala pilek.

5. Minyak Hati Ikan Kod

Minyak hati ikan cod adalah sumber vitamin D yang baik. Satu sendok makan mengandung 34 mcg Vitamin D, yang setara dengan 170% DV.

Ada berbagai jenis vitamin D, termasuk vitamin D3 dan vitamin D2. Vitamin D3 dapat menghambat keratinosit, yang menyebabkan kondisi kulit kering seperti psoriasis.

Vitamin ini juga dapat mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan luka, dan membantu memerangi efek sinar UV.

6. Susu Kedelai, Almond, dan Oat

Susu kedelai, almond, dan oat yang diperkaya dengan vitamin D merupakan sumber nutrisi yang baik. Menurut NIH, 1 porsi mengandung 2,5–3,6 mcg, yang menyediakan hingga 13–18% dari DV.

NIH menambahkan bahwa salah satu efek menguntungkan vitamin D adalah anti-inflamasi. Ini dapat membantu kulit menjaga kelembapan dan hidrasinya.

7. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari adalah sumber vitamin E yang baik. Satu ons biji bunga matahari panggang kering mengandung 7,4 mg, yang setara dengan 49% DV.

Baca juga:  9 Tips Cegah Sembelit yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Vitamin E adalah antioksidan, dan dapat membantu memerangi efek buruk dari kerusakan UV, seperti kulit kering dan pigmentasi.

Menggabungkan sumber vitamin E dan sumber vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan dan pembilasan kulit.

8. Tiram

Tiram mengandung seng yang tinggi. Tiga ons tiram goreng dilapisi tepung roti mengandung 74 mg seng, yang setara dengan 673% dari DV.

Seng adalah nutrisi yang penting dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Ini membatasi jumlah radiasi yang menembus kulit dan dapat membantu mencegah kulit mengering.

Menyisir sumber seng dan sumber vitamin C dapat membantu memerangi jerawat, karena keduanya memiliki efek antibakteri.

9. Kacang Panggang

Kacang panggang juga merupakan sumber seng yang baik. Setengah cangkir kacang panggang kalengan atau vegetarian mengandung 2,9 mg seng, yang setara dengan 26% DV.

Seng memiliki beberapa manfaat kesehatan selain melembabkan dan menghidrasi kulit, menurut NIH. Misalnya, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penyembuhan luka, dan membantu mengobati diare.

10. Tuna Sirip Kuning

Tuna sirip kuning adalah sumber selenium yang baik. Tiga ons tuna sirip kuning yang dimasak mengandung 92 mcg selenium, yang setara dengan 167% DV.

Selenium melindungi kulit dari kerusakan sinar UV dengan meningkatkan aktivitas enzim di kulit.

Selenium juga berguna dalam mengobati gejala psoriasis dengan meningkatkan kadar glutathione peroksidase pada mereka yang memiliki kondisi ini.

11. Alpukat

Alpukat adalah sumber omega-3 yang baik.

Diet rendah omega-3 dapat menyebabkan kulit kering, bersisik, dan dermatitis.

Sebuah studi hewan pengerat 2015 menemukan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 selama periode 60 hari mengurangi rasa gatal dan meningkatkan hidrasi kulit.

Meskipun para peneliti melakukan penelitian ini dengan suplemen minyak ikan, mereka mencatat bahwa penggunaan suplemen omega-3 dalam jangka panjang kemungkinan akan memiliki efek yang sama.

12. Teh Hijau

Teh hijau juga dapat membantu penuaan dini, yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi, kulit kering, dan tanda-tanda kerusakan akibat sinar UV lainnya.

Teh hijau dapat meningkatkan kandungan serat kolagen dan elastin di kulit dan mengurangi stres oksidatif. Hal ini dapat menyebabkan kulit lebih halus dan lembab.

13. Kunyit

Kunyit adalah makanan lain yang dapat membantu memerangi kulit kering. Curcumin, senyawa dalam kunyit, memiliki sifat anti-inflamasi.

Baca juga:  6 Tips Memperbaiki Lapisan Barrier (Pelindung) Pada Kulit

Sebuah tinjauan sistematis 2019 menemukan bahwa kurkumin dapat membantu memerangi efek psoriasis dan dermatitis. Aplikasi topikal kurkumin juga dapat membantu mengatasi jerawat, karena senyawa ini memiliki sifat antibiotik.

Obat Lain Untuk Kulit Kering

Kulit kering bisa membuat kita tidak nyaman, dan orang mungkin perlu menggunakan pengobatan lain untuk membantu meringankan kulit kering.

American Academy of Dermatology menyarankan agar orang-orang:

  • Mandi atau berendam di air hangat tidak lebih dari 10 menit.
  • Oleskan pelembab segera setelah dicuci.
  • Gunakan salep atau krim daripada lotion untuk melembabkan.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang lembut dan bebas pewangi.
  • Kenakan sarung tangan saat cuaca dingin, sebelum melakukan tugas yang membuat tangan basah, dan saat bersentuhan dengan zat lain.
  • Kenakan pakaian dalam katun atau sutra dan gunakan deterjen cucian hipoalergenik.
  • Gunakan pelembab udara untuk menambahkan kelembapan ke udara.
  • Pelajari lebih lanjut tentang pengobatan lain untuk kulit kering di sini.

Makanan yang Harus Dihindari

Makanan, minuman, dan zat tertentu lainnya dapat menyebabkan kulit kering.

Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa diet tinggi lemak dapat menyebabkan peradangan kulit, yang dapat mengganggu fungsi pelindung kulit. Selain itu, makan banyak makanan manis atau makanan yang dipanggang dapat menyebabkan peradangan dan mengubah ketebalan kulit.

Minum alkohol juga dapat menyebabkan kulit kering dan mempengaruhi kemampuan kulit untuk memberikan penghalang bagi elemen luar.

Selain itu, merokok tembakau dapat mengubah ketebalan kulit, menyebabkan kulit kering, dan mengubah pigmentasi.

Ringkasan

Mengkonsumsi makanan yang tinggi vitamin A, C, D, dan E, serta makanan yang merupakan sumber seng dan selenium yang baik, dapat membantu mencegah atau memperbaiki kulit kering. Omega-3, antioksidan teh hijau, dan kunyit juga memiliki manfaat untuk kulit.

Makan makanan yang mengandung nutrisi ini dapat membantu kulit melakukan fungsi perlindungannya, mengurangi kehilangan air dan meningkatkan hidrasi kulit.

Namun, mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat menyebabkan kulit kering. Misalnya, diet tinggi lemak, makanan manis, dan makanan yang dipanggang dapat mengganggu fungsi kulit, menyebabkan peradangan dan kulit kering.

Selain itu, minum alkohol dan menggunakan tembakau dapat mempercepat proses penuaan dan mengurangi ketebalan dan hidrasi kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *