Tahapan Pilkada, KPU Konsel Gelar Sosialisasi PKPU No. 5 Tahun 2020

0
101
Suasana Sosialisasi di Balai Latihan Kerja Kec. Laeya Kab. Konsel

POROSMEDIA.COM – KONSEL : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Prov. Sulawesi Tenggara (Sultra) Rabu (01/07) menggelar sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Kegiatan yang dipandu oleh Ketua KPU Kab. Konsel, Aliudin,S.Sos Menghadirkan Komisioner KPU Sultra dan Bawaslu Konsel Sebagai Pemateri dalam Kegiatan Tersebut. turut dihadiri oleh Kapolres Konsel, Kajari Konsel, Pemda Konsel, Dukcapil Konsel, Camat Laeya, Lembaga Pemantau Pemilu, serta Beberapa Partai Politik sebagai Undangan.

Ketua KPU Provinsi Sultra, Dr. La Ode Abdul Natsir, SE. M.Si dalam sambutanya, ia menyampaikan bahwa Kab. Konsel adalah kabupaten yang terbesar jumlah pemilihnya, terbesar wilayahnya diantara 7 kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada 2020 di Sultra.

“dengan Jumlah pemilih yang besar serta wilayah administrasi yang luas kami  harapkan penyelenggara Pemilihan di Konawe Selatan untuk berjibaku dan bekerja keras sehingga pemilihan Kepala Daerah di Konawe Selatan berjalan dengan baik dan berkualitas”. Harapnya.

Ditempat yang sama, Komisioner KPU Sultra Iwan Rompo Banne, S.Sos.,M.Si Mengatakan bahwa KPU RI telah menetapkan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2020 pasca dikeluarkan Perpu Nomor 2 Tahun 2020. Dengan adanya PKPU tersebut, maka tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020 yang sempat tertunda oleh bencana non alam, kembali dilanjutkan pada 15 Juni 2020.

       Berfoto bersama pasca kegiatan telah usai

“dalam PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tersebut, tahapan pemungutan suara dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020. Kemudian masa kerja PPK dan PPS diaktifkan kembali pada 15 Juni 2020, termasuk juga tahapan penyusunan daftar pemilih oleh Kabupaten/Kota dan penyampaian kepada PPS”. Terang Iwan.

Kemudian Lanjutnya, verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon ditingkat desa dilakukan 24 Juni – 12 Juli 2020. Hanya saja karena tidak adanya Paslon perseorangan di Kab. Konawe Selatan maka tahapan ini tidak dilaksanakan.

“kemudian Pendaftaran pasangan calon dibuka 4-6 September 2020, penetapan pasangan calon pada tanggal 23 September 2020. dan tahapan kampanye akan dimulai pada 26 September – 5 Desember 2020. diawali dengan pertemuan terbatas, penyebaran bahan kampanye atau kegiatan lain. Kampanye melalui media masa, cetak dan elektronik 22 November-5 Desember 2020. Masa tenang dan pembersihan alat peraga kampanye 6 – 8 Desember 2020.”tuturnya.

Pada sesi Tanya jawab, Komisioner KPU Sultra, Ade Suerani, ST menanggapi salah satu pertanyaan peserta undangan Tentang Partisipasi pemilih ditengah Wabah Covid-19.

“ini adalah tantangan kita semua, kami sebagai Komisioner KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten akan Extra dalam mensosialisasikan Slogan “Ayo Memilih” yang sampai saat ini kami masih menunggu Peraturan KPU yang seperti apa pelaksanaanya, dan juga jangan lupa disitu ada peran pemerintah daerah dalam meningkatkan Partisipasi Pemilih, serta Partai-partai Politik yang harus ikut mendorong Konsetuennya agar bisa hadir ke TPS untuk menggunakan Hak Pilihnya”. Tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan Sosialisasi ini menerapkan Protocol Covid-19. Yang dimana setiap undangan yang hadir diwajibkan untuk Mencuci tangan, menjalani Tes Suhu Tubuh, menggunakan masker dan tetap menjaga jarak selama kegiatan berlangsung.

Reporter: Asrianto T.

Editor: Jeff

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here