Poros Muda tuding Polda Sultra Tidak Serius Tangani Kasus Tanah Urug CV. Tanggobu

0
202
ANDI RAPPE, Wasekjen Poros Muda Sultra

POROSMEDIA.COM – KENDARI: Lembaga Poros Muda Sultra menuding kepolisian tidak serius menangani kasus tindak pidana yang berkaitan dengan pertambangan di wilayah hukum Sulawesi tenggara, khususnya kegiatan penambangan timbunan tanah urug di Desa Tanggobu Kab.Konawe Utara.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Lembaga POROS MUDA Sultra, Andi Rappe. Menurutnya, Kepolisian terkesan tutup mata terhadap masalah pelanggaran-kejahatan dugaan penambangan liar tersebut.

Andi menambahkan bahwa sesuai Undang-Undang Lingkungan Hidup dan Undang-Undang Pertambangan, seharusnya sanksi pencabutan izin usaha pertambangan dijatuhkan terhadap perusahaan yang melakukan tindakan pidana. Namun, hingga kini tidak ada kejelasan terkait tanah urug ilegal di Tanggobu

Salah satu bukti, kata Andi Belum tuntas permasalahan hukum kasus tanah urug di PT Obsidian Stainles Steel yang diusut tim Bareskrim Polri, kabarnya penimbunan di Desa Tanggobu Kabupaten Konawe tersebut, kembali dilakukan. Informasi yang diperoleh Aktivitas pemuatan tanah timbunan Ilegal diduga dilakukan oleh dilakukan PT Obsidian Stainless Steel.

Aktivitas tersebut dilakukan sejak Bulan Juni Tahun 2020. PT OSS Melakukan aktivitas pengambilan tanah timbunan di tiga perusahaan CV. Tanggobu, CV. Tripilar dengan CV. Konawe Timur Laut di Desa Tanggobu, Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara.

Aktivis Lingkungan ini mengatakan bahwa CV Tanggobu, CV Tripilar, dan CV Konawe Timur Laut hanya memiliki IUP Eksplorasi, sehingga belum bisa ditambang. Tapi mereka sudah melakukan aktivitas pertambangan. Apalagi ini, masuk kawasan dan tkdak memiliki IPPKH.

“Kasus tanah urug di Desa Tanggobu yang menyeret PT OSS tak jelas penyelesaiannya. Kami sudah muak dengan penindakan-penindakan yang dilakukan tim Mabes Polri di Sultra. Kasusnya tak pernah menemui titik terang, malahan ada oknum-oknum yang melakukan penimbunan”. Tegasnya.

Reporter: Edison

_______________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here