oleh

Pemuda LIRA Sultra Desak Kakanwil Kemenkumham Sultra Segera Mencopot Karutan Kelas IIB Unaaha.

POROSMEDIA.COM – KENDARI: Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Pemuda Lumbung Informasi Rakyat (Pemuda LIRA) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan unjuk rasa di kantor Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Wilayah Sultra, Rabu, 03 Maret 2021.

Dalam Orasinya Ketua DPW Pemuda LIRA Sultra menyampaikan bahwa telah terjadi dugaan ketidak adilan di tubuh Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Unaaha. pasalnya, salah satu  Nara Pidana telah seenaknya keluar masuk tahanan dengan alasan yang tidak jelas.

“Rutan yang berfungsi sebagai suatu lembaga untuk membina seseorang yang sedang menjalani hukuman karena tindak pidana atau terhukum tentunya memiliki hak yang sama dengan narapidana yang lain sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Kementrian Hukum dan Hak Azasi Manusia Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga”. Ujar Sartito

Tito Marhaen (sapaan akrabnya) menambahkan bahwa Kepala Rutan Kelas IIB Unaaha dinilai telah main mata dengan salah satu oknum Napi yakni Imanudin Wakil Ketua DPRD Kab. Konawe Kepulauan.

“Atas dasar tersebut, kami mendesak Kepala Kantor Kemenkumham Prov. Sultra untuk mencopot Kepala Rutan Unaaha Kab. Konawe”. Tegas Mantan Aktivis LMND Kendari ini.

sementara itu, Kakanwil Kemenkumham saat menerima massa aksi mengungkapkan bahwa akan segera melakukan sidak di Rutan Unaaha. dan apabila kejadian itu benar dan memenuhi unsur maka akan ada sanksi tegas untuk oknum yang terlibat.

“kita akan coba cek dilapangan. kalau benar apa yang disampaikan itu dan memenuhi unsur, maka kami tidak akan segan-segan untuk memberi sanksi pencopotan”. Tutupnya

*Tim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed