Peduli Korban Bencana Gempa Bumi, Komunitas Bela Purwakarta Bertolak Ke Cianjur

Avatar photo
Peduli Korban Bencana Gempa Bumi, Komunitas Bela Purwakarta Bertolak Ke Cianjur
Foto: Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat melepas puluhan perwakilan dari Komunitas Bela Purwakarta yang akan bertolak ke Cianjur, Kamis 01 Desember 2022.

Porosmedia.com, Purwakarta – Puluhan kelompok masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Bela Purwakarta beberapa hari terakhir ini menggalang bantuan untuk korban gempa bumi Cianjur. Bahkan, puluhan perwakilan dari komunitas tersebut juga sampai bertolak ke Cianjur.

Selain berhasil mengumpulkan donasi berupa sembako, komunitas ini juga berhasil mengumpulkan uang puluhan juta rupiah dari para donatur.

Pada hari ini, Kamis 01 Desember 2022. Bertempat di Halaman Masjid Agung Purwakarta, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika didampingi Kepala BPBD Kabupaten Purwakarta Juddy Herdiana Suhendar melepas rombongan Komunitas Bela Purwakarta yang akan bertolak untuk menyerahkan bantuan untuk para korban gempa bumi di Cianjur.

Aksi sosial yang dilakukan oleh kelompok masyarakat dalam komunitas Bela Purwakarta ini juga mendapat apresiasi dari bupati setempat.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta (Pemkab) dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Purwakarta, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengapresiasi setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari Komunitas Bela Purwakarta yang telah membantu masyarakat yang tertimpa musibah gempa bumi di Cianjur.

Baca juga:  Peringatan HGN dan NTD Sedunia di Purwakarta

Diketahui, Komunitas Bela Purwakarta juga mengerahkan bantuan berupa kendaraan roda dua (motor trail) sebanyak 6 unit untik distribusi bantuan di lokasi bencana.

“Kita juga mengirimkan tenaga kesehatan ke Maniis karena terdapat masyarakat Cianjur yang mengalami luka ringan kemudian mengungsi kepada sanak saudaranya di Maniis sebanyak 42 Kepala Keluarga atau 160 jiwa yang tersebar di Kecamatan Maniis. Tenaga kesehatan ini bertugas untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi korban bencana gempa,” kata Ambu Anne sapaan akrab Bupati Purwakarta.

Menurutnya, di Kecamatan Maniis sudah terdapat beberapa Puskesmas, namun apabila masih terdapat kekurangan fasilitas kesehatan, keberadaan Saung Ambu yang berada di Cirama Hilir dapat dijadikan perbantuan untuk penambahan fasilitas kesehatan.