Lestarikan Desa Wisata Berbasis Budaya, Mahasiswa Universitas Telkom Gelar Festival Road to Urban Village

Berpadu melestarikan Desa Wisata berbasis budaya, mahasiswa/i Universitas Telkom menggelar festival "Road to Urban Village" salah satunya memperkenalkan kahuripan Kampung Tajur

Avatar photo
Lestarikan Desa Wisata Berbasis Budaya, Mahasiswa Universitas Telkom Gelar Festival Road to Urban Village
Maskot Seluruh Desa Urban Village Universitas Telkom 2022

Porosmedia.com, Bandung – Mahasiswa-mahasiswi program studi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom menggelar festival “Road to Urban Village” pada Minggu lalu (04/12/2022) di Taman Musik Centrum, Kota Bandung. Acara ini merupakan pra-event dari “Urban Village” yang akan diadakan di Universitas Telkom pada tanggal 7 Januari 2023 mendatang.

Kegiatan tersebut diadakan bertujuan untuk memperkenalkan desa wisata budaya Jawa Barat kepada khalayak
luas khususnya masyarakat Jawa Barat.

Festival Road to Urban Village menghadirkan 8 desa wisata budaya dengan ciri khas dan keunikannya masing-masing. Salah satu desa wisata yang akan diperkenalkan kepada publik adalah desa wisata Kampung Tajur dengan branding “Nusaena Tajur” berpadu dalam Festival Road to Urban Village, Minggu lalu.

Booth Desa Nusaena Tajur pada Road To Urban Village Universitas Telkom 2022
Booth Desa Nusaena Tajur

Desa wisata Kampung Tajur yang terletak di Desa Pasanggrahan Kabupaten Purwakarta berpotensi menjadi desa wisata berbudaya, karena keasriannya serta masih kental akan adat dan budaya. Beberapa hal tradisional yang menjadi keistimewaan kampung ini, yaitu adanya budaya “tutunggulan” serta melestarikan Rumah Adat “Julang Ngapak”.

Keunikan dari desa ini dapat dinikmati oleh para wisatawan yang ingin mengunjungi desa. Nuansa alam dan rumah khas Julang Ngapak berwarna hitam dan putih menjadi daya tarik Kampung Tajur, karena seluruh rumah warga yang ada di desa ini memiliki bentuk dan warna yang seragam.

Baca juga:  Bagaimana Cara Mencuci Handuk yang Benar?
Performance Desa Nusaena Tajur pada Road To Urban Village Universitas Telkom 2022
Performance Desa Nusaena Tajur

Berpadu dalam Festival Road to Urban Village, juga diadakan untuk mengenalkan kehidupan Kampung Tajur. Nusaena Tajur merepresentasikan booth bertemakan kehidupan Kampung Tajur dengan berbagai hiasan tradisional khas Kampung Tajur.

Pada festival ini, Nusaena Tajur turut ikut serta mengikuti pawai dengan berkeliling menggunakan atribut khas
Kampung Tajur seperti rumah Julang Ngapak dan membawa alat rumah tangga sebagai bentuk dari kampanye “Tajur Bebersih”.

Rute pawai dimulai dari SMA Negeri 5 Bandung, melewati SMA Negeri 3 Bandung, Kodam, Taman Maluku, Gor Samawa, TNI AD dan berakhir di tempat berlangsungnya acara, yaitu Taman Musik.

Tidak hanya itu, Nusaena Tajur juga menampilkan performance drama musikal yang mengandung pesan-pesan mengenai rumah khas Kampung Tajur.

Pawai Desa Nusaena Tajur pada Road To Urban Village Universitas Telkom 2022
Pawai Desa Nusaena Tajur

Selain para mahasiswa yang hadir dalam rangkaian acara tersebut, Road to Urban Village juga dihadiri oleh para dosen dari program studi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom dan beberapa pentahelix. salah satu pentahelix yang ikut mendukung serta meramaikan booth Nusaena Tajur adalah Mojang Jajaka Kota Bandung.

Baca juga:  Demi BLT Rela Antri Menyemut Warga Cinunuk

Para dosen dan Mojang Jajaka turut mendukung serta meramaikan booth dari Nusaena Tajur. Salah satu hal yang dilakukan mereka adalah berfoto bersama dengan frame rumah khas Kampung Tajur yaitu Julang Ngapak.

Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi dan Pentahelix Mojang Jajaka Kota Bandung
Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi dan Pentahelix Mojang Jajaka Kota Bandung