Berita  

Kota Bandung Ulangi Prestasi Sebagai Kota/Kabupaten Informatif Tahun 2022

Kota Bandung Ulangi Prestasi Sebagai Kota/Kabupaten Informatif Tahun 2022

Porosmedia.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendapat anugerah sebagai Badan Publik Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Informatif dalam E-Monev Keterbukaan Informasi Publik Pada Badan Publik Tahun 2022.

Penghargaan diberikan oleh Wakil Gunernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum di Gedung Sate, Kamis 8 Desember 2022.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Diskominfo Kota Bandung Yayan Ahmad Brilyana menyambut positif capaian Pemkot Bandung. Menurutnya, kunci keberhasilan Pemkot Bandung adalah kolaborasi.

“Membangun kota yang cerdas atau smart city tidak bisa dilakukan pemerintah sendiri. Sehingga, kolaborasi merupakan satu keniscayaan,” ujarnya.

Selain itu, Yayan menyebut masyarakat hari ini sudah jauh lebih cerdas dalam memilah informasi. Sehingga pemerintah perlu menghadirkan informasi seterbuka mungkin.

“Pasti. Keterbukaan adalah satu keniscayaan. Meski kita sudah tahu masyarakat Kota Bandung sudah sangat cerdas dalam memilih informasi,” kata Yayan menambahkan.

Sementara itu Kepala Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat Ijang Faisal menyebut, ajang ini merupakan apresiasi bagi badan publik di Provinsi Jawa Barat yang menerapkan keterbukaan informasi.

Baca juga:  Senator Asal Aceh Minta Penginjak Alquran di Sukabumi Di Hukum Seberat-beratnya

Menurut Ijang, hal ini membuktikan komitmen badan publik dalam pelaksanaan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

“Negara harus hadir dengan semangat Keterbukaan Informasi Publik. Ke depan, hal ini bukan menjadi kewajiban badan publik saja, tetapi akan menjadi budaya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum. Uu mengatakan, Keterbukaan Informasi Publik adalah yang harus dilakukan oleh badan publik.

“Dunia hari ini terbuka dalam segala-galanya. Sudah tidak layak lembaga pelayan publik tidak terbuka dalam segala hal,” kata Uu.

“Dengan keterbukaan, akan terlihat kinerja dan manfaat (lembaga) untuk masyarakat,” tuturnya.

Sebagai informasi, capaian serupa diraih Pemkot Bandung sebagai Pemerintah Kabupaten/Kota Informatif dalam E-Monev Keterbukaan Informasi Publik Pada Badan Publik Tahun 2021. (ray)**