Berita  

Keren! Anggota Kodim Purwakarta Berhasil Sulap Eceng Gondok Jadi Pakan Ikan

Avatar photo
Keren!, Anggota Kodim Purwakarta Berhasil Sulap Eceng Gondok Jadi Pakan Ikan
Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi saat meninjau sistem kerja MPTM di Koramil 1905/Jatiluhur.

Porosmedia.com, Purwakarta – Anggota Kodim 0619/Purwakarta berhasil mengubah tanaman gulma Eceng Gondok menjadi pakan ikan. Personel Kodim Purwakarta yang bertugas sebagai Babinsa Koramil 1905/Jatiluhur itu bernama Peltu Geger Yudianto.

Geger Yudianto juga berhasil membuat mesin rakitan untuk menggiling eceng gondok menjadi pakan ikan.

Mesin tersebut dinamakan Mesin Pakan Ternak Mobile atau MPTM-0619-SGJ yang bisa digunakan memproduksi pakan ikan secara mobile atau berpindah-pindah tempat.

Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi mengatakan inovasi tersebut sangat tepat diciptakan wilayah teritorial Koramil 1905 Jatiluhur yang memiliki waduk dan banyaknya petani ikan Kerambah Jaring Apung (KJA).

“Mesin ini tercipta hasil komunikasi Babinsa, warga dan petani ikan di Waduk Jatiluhur, yang sering terganggu dengan banyaknya tanaman eceng gondok,” kata Andi saat meninjau sistem produksi MPTM di Koramil 1905 Jatilihur, Senin 3 Oktober 2022.

Andi mengatakan saat ini MPTM baru tersedia 1 unit karena masih dalam tahap permulaan serta uji coba.

Dikatakan, uji coba harus dilakukan agar tidak sampai pakan yang dihasilkan bisa menimbulkan kerugian kepada petani ikan.

Baca juga:  Kasad Meninjau Harga Minyak Goreng di Pasar Tradisional Kramat Jati dan Berdialog dengan Pedagang

“Sejauh ini pakan yang dihasilkan MPTM cukup baik dikonsumsi ikan karena pada dasarnya selain eceng gondok, bahan yang digunakan semuanya aman,” katanya.

Andi juga menyampaikan apresiasinya atas inovasi pembuatan MPTM sebagai mesin pembuat pakan ikan tersebut.

“Ini sangat luar biasa, jelang HUT TNI ke-77 bisa menciptakan inovasi ini, dan mudah-mudahan ini bermanfaat untuk masyarakat luas,” demikian Andi.