Kenalkan Budaya Kampung Tajur Khas Jawa Barat, Mahasiswa Universitas Telkom Gandeng Siswa-Siswi Bandung

Avatar photo
Kenalkan Budaya Kampung Tajur Khas Jawa Barat, Mahasiswa Universitas Telkom Gandeng Siswa-Siswi Bandung
Kampanye dan Sosialisasi "Semarak Tajur" oleh Nusaena Tajur

Porosmedia.com, Bandung – Mahasiswa-mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom yang tergabung dalam kelompok kelas “Nusaena Tajur”, memperkenalkan budaya Kampung Tajur khas Jawa Barat. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari acara tahunan yang bertajuk “Urban Village”.

Urban Village merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh Universitas Telkom melalui Fakultas Komunikasi dan Bisnis Program Studi Ilmu Komunikasi, dalam rangka mengenalkan beragam budaya desa khas Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mengenalkan desa khas Jawa Barat yang memiliki berbagai potensi budaya.

Salah satu kelompok kelas Prodi Ilmu Komunikasi yaitu “Nusaena Tajur” turut serta memeriahkan kegiatan ini dengan mengenalkan desa khas Jawa Barat “Desa Pasanggrahan Kampung Tajur” kepada siswa-siswi Kota
Bandung melalui kampanye yang bernamakan “Semarak Tajur”.

Semarak Tajur merupakan salah satu cara yang dilakukan tim Nusaena Tajur dalam mengenalkan budaya dari Desa Pasanggrahan Kampung Tajur yaitu Julang Ngapak melalui sosialisasi serta roadshow yang dilakukan ke beberapa sekolah yang ada di Kota Bandung.

Sosialisasi tersebut digelar di SMP Telkom, SMAN 8 dan SMKN 3 dengan melakukan penyebaran informasi mengenai Desa Pasanggrahan Kampung Tajur melalui poster. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada siswa-siswi bahwa di daerah Purwakarta memiliki tempat wisata yang masih menjaga kelestarian adat dan budayanya seperti rumah adat Julang Ngapak yang dijadikan homestay bagi para wisatawan.

Baca juga:  Tempat Wisata di Malang Paling Hits yang Wajib Dikunjungi

Sedangkan roadshow dilakukan ke beberapa sekolah yaitu SMPN 13, SMPN 2, SMPN 34 dengan berinteraksi langsung kepada para siswa-siswi di dalam kelas untuk memberikan informasi mengenai Desa Pasanggrahan Kampung Tajur.

Pengenalan desa wisata Kampung Tajur disampaikan dalam bentuk presentasi PPT yang memuat informasi mengenai letak geografis, makanan khas daerah, dan permainan khas daerah. Tak hanya itu, Nusaena Tajur juga menampilkan video village overview kepada para siswa-siswi terkait suasana kehidupan di Kampung Tajur dan juga video jingle yang menceritakan keasrian Kampung Tajur. Kedua hal tersebut merupakan karya dari mahasiswa-mahasiswi Universitas Telkom.

Kenalkan Budaya Kampung Tajur Khas Jawa Barat, Mahasiswa Universitas Telkom Gandeng Siswa-Siswi Bandung
Roadshow “Semarak Tajur”

Selain itu, tim Nusaena Tajur juga mengajak para siswa-siswi untuk selalu menjaga kebersihan, dimana hal ini merupakan salah satu rangkaian sosialisasi dan roadshow untuk mengenalkan kampanye yang dimiliki tim Nusaena Tajur yaitu kampanye Tajur Bebersih.

Tajur Bebersih merupakan kampanye utama dari Nusaena Tajur yang berisi tentang ajakan untuk menjaga kebersihan tempat tinggal seperti di rumah maupun di tempat tinggal lainnya agar nyaman untuk ditinggali. Tujuan diadakannya kampanye ini agar siswa-siswi ataupun masyarakat lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan tempat tinggal.

Baca juga:  Rekomendasi Game Arcade Android Paling Populer dan Terbaik Tahun 2022

Hal itu selaras dengan tema yang diangkat pada kampanye tersebut yakni rumah tradisional Julang Ngapak yang nyaman untuk ditinggali karena lingkungannya yang bersih dan asri. Kampanye ini juga dilaksanakan tim Nusaena Tajur dengan membuat konten kreatif yang diunggah di Instagram berupa video tentang menjaga kebersihan tempat tinggal dengan menggunakan hashtag #TajurBeberes, #JagaKeBebersihanRumahmu, dan #LebihNyamanBebersih.

Melalui kegiatan kampanye tersebut, siswa-siswi SMP-SMA Kota dan Kabupaten Bandung yang
didatangi menjadi tahu dan sadar akan kekayaan budaya khas dari Jawa Barat, salah satunya adalah Julang Ngapak yang dimiliki Desa Pasanggrahan. Tak hanya itu, siswa-siswi pun jadi sadar akan pentingnya kebersihan terhadap tempat tinggal yang kita miliki.