Berita  

Kejari Purwakarta Musnahkan Barang Bukti dari 48 Perkara

Avatar photo
Kejari Purwakarta Musnahkan Barang Bukti dari 48 Perkara
Pemusnahan barang bukti/barang sitaan dilaksanakan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Purwakarta.

Porosmedia.com, Purwakarta – Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwakarta pada hari ini melaksanakan kegiatan pemusnahan barang bukti (BB), barang sitaan dari sebanyak 48 perkara berbagai tindak pidana tahun 2022.

Pemusnahan barang bukti tersebut dilaksanakan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Purwakarta, di Jalan Siliwangi No 25, Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa 15 November 2022.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Purwakarta, Rohayatie, S.H.,M.H., mengatakan seluruh barang bukti yang dimusnahkan tersebut sudah memiliki kekuatan hukum tetap berdasarkan putusan oleh hakim pengadilan.

“Barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil dari penanganan perkara selama periode Mei sampai dengan November 2022,” ujar Rohayatie.

Ia juga menjelaskan, dari 48 perkara tersebut, ada sebanyak 39 perkara tindak pidana narkotika, 17 Tindak Pidana Kesehatan 2 perkara dan 7 perkara tindak pidana umum lainnya.

Adapun, untuk perkara narkotika yang dimusnahkan itu jumlah barang bukti ganja seberat 1,613, 459 gram, untuk narkotika jenis sabu seberat 124,083, tembakau sintetis 34,568 gram, exstasi 1,550 gram dan barang bukti jenis obat-obatan terlarang hexymer sebanyak 2.270 butir.

Baca juga:  Kejaksaan Agung Bongkar Mafia Minyak Goreng

“Adapun obat-obatan terlarang sebanyak 2.270 butir bersama narkotika jenis sabu dan ekstasi dimusnahkan dengan cara diblender dengan campuran air,” katanya.

Sementara, untuk narkotika jenis ganja serta barang bukti lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar. Selain itu ada beberapa senjata tajam,  timbangan dan handphone yang kita musnahkan dengan cara di gerinda.

Ia menambahkan, kegiatan pemusnahan barang bukti narkotika ini juga merupakan upaya Kejari Purwakarta dalam mendukung program pemerintah daerah khususnya untuk meminimalisir dan mengantisipasi maraknya peredaran Narkoba.

Dikatakan, pemusnahan barang bukti ini sebagai bentuk transparansi informasi publik serta menjalin sinergi antara pemerintah dan masyarakat.

“Selain itu kegiatan ini juga sebagai upaya Kejari Purwakarta dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu transparan, efektif dan efisien, akuntabel, serta dapat dipertanggungjawabkan,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika yang diwakili oleh Sekda Purwakarta Norman Nugraha, perwakilan Kantor Pengadilan Negeri Purwakarta, Polres Purwakarta, Dinas Kesehatan, Lapas Purwakarta, BNNK Karawang dan Dinas Pemadam Kebakaran.