Berita  

Kejari Purwakarta Gelar Kegiatan Penyuluhan Hukum Di Rumah Restorative Justice

Avatar photo
Kejari Purwakarta Gelar Kegiatan Penyuluhan Hukum Di Rumah Restorative Justice
Kegiatan Penyuluhan Hukum Yang Digelar Oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwakarta di Rumah Restorative Justice (RJ) di Desa Kiadapedes, Kecamatan Kiadapedes, Purwakarta Kamis 29 Desember 2022.

Porosmedia.com, Purwakarta – Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwakarta melaksanakan kegiatan Penyuluhan Hukum di rumah Restorative Justice (Rumah RJ) di Desa Kiarapedes, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada Kamis 29 Desember 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di rumah RJ yang terletak di kantor Desa Kiarapedes tersebut dihadiri oleh perangkat desa, kepala SMA dan SMK se-Kecamatan Kiarapedes.

Berkesempatan menjadi pemateri dalam kegiatan ini, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Purwakarta Rohayatie, memaparkan langsung materi penyuluhan hukum kepada perangkat desa, mulai dari kepala desa, sekretaris desa serta kepala SMA dan SMK tersebut.

Kajari Purwakarta Rohayatie, mengatakan dalam kegiatan tersebut pihaknya juga memaparkan terkait peran dan fungsi Kejaksaan.

Kejaksaan merupakan salah satu lembaga penegak hukum yang dituntut lebih berperan dalam menegakkan hukum, perlindungan kepentingan umum, penegakan HAM, serta pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme atau KKN.

“Kejaksaan bukan hanya melakukan penuntutan, tetapi juga memiliki fungsi-fungsi seperti peningkatan kesadaran hukum masyarakat, pencegahan tindak pidana, dan pendampingan hukum terhadap instansi pemerintah,” ujar Rohayatie dalam keterangannya, Kamis, 29 Desember 2022.

Baca juga:  Fabio Vieira Segera Gabung Arsenal, Ini Nilai Kontraknya

Dengan kegiatan ini, lanjut dia, para perangkat desa dan kepala sekolah bisa mengetahui bahwa tugas dan fungsi Jaksa tidak hanya berperan dalam persidangan, tetapi memiliki tugas dan fungsi untuk membantu kesadaran hukum masyarakat serta membantu menyelesaikan masalah-masalah hukum di masyarakat.

“Melalui penyuluhan hukum ini kita berharap para perangkat desa dan kepala sekolah dapat menggunakan anggaran yang berasal dari pemerintah sesuai petunjuk teknis dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku,” ujarnya.

Pada kegiatan ini juga, kata Rohayatie, pihaknya juga menyampaikan materi terkait Restorative Justice (RJ) serta menampilkan video terkait bagaimana proses RJ sendiri.

Penyelesaian perkara tindak pidana melalui Restorative Justice merupakan penyelesaian perkara tindak pidana dengan melibatkan pelaku, korban, dan keluarga korban, demi mencari penyelesaian adil dengan menekankan pemulihan kembali seperti semula.

“Keberadaan Rumah RJ di Desa Kiarapedes ini berfungsi memberikan pelayanan hukum, tempat konsultasi hukum gratis kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengetahui solusi dan berbagai persoalan hukum yang dihadapi,” jelasnya.

Baca juga:  Dugaan Gratifikasi Anggota DPRD Purwakarta Terus Didalami Kejari

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Purwakarta Febrianto Ary Kustiawan, menambahkan, di tahun 2023 mendatang, Kejari Purwakarta akan terus melakukan penyuluhan hukum baik itu kepada perangkat desa, kepala sekolah serta para pelajar di Purwakarta.

“Penyuluhan hukum akan terus kita lakukan kepada semua elemen atau komponen dari masyarakat, bertujuan untuk pencegahan agar tidak melakukan korupsi dan memberikan informasi tentang tugas dan fungsi Kejaksaan,” tambahnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan mobil operasional penyuluhan hukum dari Kejaksaan Agung (Kejagung) yang diserahkan Kejari Purwakarta Rohayatie, kepada Kasi Intel Febrianto Ary Kustiawan.