Berita  

Jokowi Jadi Perhatian di Sesi Foto KTT G7, Tunjukkan Keakraban dengan Para Pemimpin Negara

Jokowi Jadi Perhatian di Sesi Foto KTT G7
Momen Jokowi di GTT 7 Jerman jadi perhatian, terlihat akrab dengan PM Jepang hingga Presiden AS.Foto:YouTube/Sekretariat Presiden RI

Porosmedia.com –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jadi Perhatian di Sesi Foto KTT G7  ketika melakukan sesi pemotretan para pimpinan dan tamu di KTT G7 di Istana Elmau, Hari Senin, 27 Juni 2022.

Pasalnya, banyak nya interaksi antara Presiden Jokowi dan beberapa pimpinan dunia yang tidak terduga akan sedemikian akrab.

Salah satu momen  yang terbaik terkumpul di dalam video yang diunggah oleh kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden RI.

Sebelum sesi foto diambil, Jokowi pun tampak diajak berbicara oleh Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Jokowi pun lanjut menyapa Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Dalam video yang berdurasi 4,25 detik tersebut, Jokowi Jadi Perhatian di Sesi Foto KTT G7  Jokowi terlihat tengah berbincang dengan durasi yang paling lama bersama dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Kedua peminpin itu bahkan saling merangkul dan berbagi keriangan seperti kawan yang sudah lama baru bertemu kembali.

Keduanya juga bahkan terlihat memulai perbincangan yang panjang  sebelum fotografer memulai sesi pemotretan.

Jika ditilik lagi dari situasi politik yang ada sekarang, hal itu dianggap ironi. Pasalnya, Indonesia saat ini konsisten menolak kecaman dari Barat untuk mengecualikan Negara Rusia di dalam agenda G20 yang akan diselenggarakan di Bali bulan November mendatang.

Baca juga:  NATO Prediksi Perang Ukraina-Rusia Akan Berlangsung Lama

Namun, momen-momen yang tertangkap oleh media itu tampaknya menunjukkan sebaliknya.

Posisi politik seakan lebur begitu saja. Presiden Prancis Emmanuel Macron juga turut memberi rangkulan hangat untuk Presiden Jokowi mereka sambil membicarakan situasi di Ukraina, sebelum nantinya Jokowi melakukan temu bilateral.

Presiden Macron pun  bahkan tampak menghampiri Pak Jokowi lagi sebelum acara KTT dimulai, yang padahal Macron duduk jauh darinya, di samping Presiden Joe Biden. Ketiganya juga terlihat berbincang dan saling tertawa.

“Negara Indonesia hadir sebagai negara mitra G7 sekaligus Presidensi G20, bersama dengan pemimpin negara mitra G7 yang lainnya,” ucap Jokowi, melalui akun Twitternya.

“Presiden Argentina Alberto Fernández, PM India Narendra Modi, Presiden Senegal Macky Sall, dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa,” katanya, , Rabu, 29 Juni 2022.

Adapun pada saat ini Presiden Jokowi telah sampai di kota Kyiv untuk menemui Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Dalam kunjungan nya tersebut, Presiden dan Ibu Iriana didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jokowi dan rombongan menggunakan kendaraan Kereta Luar Biasa yang memang sudah disiapkan oleh pemerintah Ukraina bagi kunjungan para pemimpin negara lain, sejak beberapa waktu yang lalu.

Baca juga:  Panglima TNI Meninjau Mangrove Tahura dan GWK Sebagai Venue KTT G20

Bersama dengan Ibu Iriana Presiden Jokowi dan rombongan terbatas, presiden pun  berangkat via perjalanan kereta dari  pukul 21.15 waktu setempat, tepatnya dari  peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia,

Perjalanan melewati jalur darat dari Rzeszow ini hanya berjarak sekitar 80 kilometer jaraknya dari perbatasan Negara Ukraina, dengan menggunakan kereta api menuju ke Ibu Kota Ukraina, Kyiv. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *