Hadapi Pilkada 2020, Sentra Gakkumdu Konsel Mulai Bangun Sinergitas Mitra Bawaslu Konsel

0
114
Dari Kiri: AKBP Erwin Pratomo, S.IK, - Hasni, S.Pi - Dr Aprillianna Purba, S.H.,M.H

POROSMEDIA.COM – KONSEL : Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Konawe Selatan (Konsel) menggelar Rapat Koordinasi mengenai penanganan pelanggaran tindak pidana pemilihan kepala daerah (Pilkada) di tahun 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Sekretariat Sentra Gakkumdu Konsel yang diikuti 3 lembaga besutan yakni Bawaslu Konsel, Polres Konsel, dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Konsel yang tergabung dalam Surat Keputusan (SK) Sentra Gakkumdu Konsel Pilkada 2020, Selasa, (30/6/2020).

Kegiatan tersebut merupakan Rakor perdana Sentra Gakkumdu bersamaan dirangkaikan peresmian Sekretariatnya. Dalam kesempatan itu, Ketua Bawaslu Konsel, Hasni selaku penasehat Sentra Gakkumdu dari unsur Bawaslu Konsel menyebut kegiatan perdana ini fokus pada pembahasan persiapan senergitas mitra Bawaslu dalam melakukan penindakan terhadap tindak pidana pilkada 2020.

Terlepas dari pada itu, ia juga mengimbau agar jajarannya beserta mitra kerjanya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid – 19 ini.

Koordinator Divisi Pencegahan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar lembaga ini menyampaikan rasa terimakasihnya kepada jajaran penegak hukum yang telah membantu Bawaslu Konsel dalam menegakan hukum pemilu atau Pilkada baik di masa yang lalu maupun di masa yang akan datang.

Di tempat yang sama, Kapolres Konsel, AKBP Erwin Pratomo, S.I.K selaku penasehat Sentra Gakkumdu Konsel juga dengan tegas ia mengungkapkan bahwa pihaknya siap kondusifkan tahapan Pilkada Konsel 2020 agar berkualitas.

“Polres Konsel siap menjaga kualitas Pilkada 2020 dan kami tisak segan untuk menindak apabila ada yang mencoba merusak proses demokrasi terlebih  ke tindak pidana” tegas Erwin Pratomo.

Hanya saja, Erwin menyayangkan ada-ada saja motif yang dapat menyebabkan terjadinya tindak pidana Pilkada selain money politik, salah satunya data pemilih ganda. Menurutnya hal ini dapat menjadi potensi. Dengan begitu ia berharap agar Bawaslu Konsel berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Konsel untuk melakukan pencegahan.

Manfaatkan teknologi Barcode, tambah Erwin, yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilih dan itu tugas Disdukcapil.

Sementara itu, KepalaKajari Konsel, Dr Aprillianna Purba, S.H.,M.H menilai Pilkada 2020 ini jauh berbeda dengan Pilkada sebelumnya karena Covid-19. Meski begitu ia berharap Pilkada 2020 agar sebisa mungkin tetap terjaga kualitasnya.

“Meskipun Pilkada kali ini berbeda karena kondisi pandemi Covid 19, Saya berharap kepada semua elemen agar bersama-sama menjaga dan menyukseskan Pilkada tahun 2020,” pungkasnya.

Sumber : Humas Bawaslu Konsel

Editor : Suwarsono, SH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here