Forum Aliansi Tolak Money Politik, Akan Mengawal Dugaan Mahar Politik Dipilkada Konsel

0
187
Samsul, Ketua ATMP - SULTRA

POROSMEDIA.COM – KENDARI: Dalam menjaga marwah demokrasi dalam momentum pemilihan kepala daerah, Forum Aliansi Tolak Money Politik (ATMP) Prov. Sulawesi Tenggara (Sultra) sangat menyayangkan dugaan terjadinya transaksi mahar Partai Politik yang dilakukan salah satu bakal calon Bupati Konawe Selatan, SD.

Hal tersebut diungkapkan Ketua (ATMP) – Sultra, Samsul. Ia mengatakan bahwa dalam UU No. 10 Tahun 2016 dipasal 45 telah dijelaskan bahwa Bakal Calon Kepala Daerah tidak boleh memberi imbalan atau mahar kepada partai politik.

“Ancaman sanksinya pun itu cukup berat, baik selaku calon maupun partai politik itu sendiri”. Jelas Samsul.

Menurut Samsul, Sesuai dengan Pasal 47 Ayat 5 UU No. 10 Tahun 2016, pembatalan dapat dilakukan terhadap pasangan calon yang memberikan mahar politik.

Secara tegas Ketua ATMP Sultra mengingatkan kepada Bawaslu untuk serius menangani persoalan dugaan mahar politik tersebut.

“Jadi saya ingatkan, kami dari Aliansi Tolak Money Politik Sultra akan mengawal Bawaslu dalam menyelesaikan permasalahan pasangan calon untuk maju dipilkada serentak dalam dugaan kasus mahar politik”. Tegas Samsul.

Oleh karena itu, sambungnya, kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan ke Bawaslu Konsel jika mengetahui dan memiliki bukti terkait kasus mahar politik.

“Apalagi saat ini parpol tengah melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah. sehingga segala kemungkinan yang berpotensi terjadinya Mahar Politik bisa saja terjadi”. Tutup Mahasiswa Asal Konsel ini.

*TIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here